Saturday, February 8, 2014

Mengenal Fitur Stabilizer pada Kamera


Mengenal Fitur Stabilizer pada Kamera

Apa itu Fitur Stabilizer ? Pernakah teman - teman mengenalnya ?

Kali ini saya ingin membahas tentang Fitur Stabilizer sekaligus mengenalkan pada teman - teman yang belum tahu tentang Fitur Stabilizer atau bahkan baru kali ini mendengarnya.

Fitur Stabilizer memang tidak asing lagi di telinga para fotografer khususnya para senior, tetapi istilah ini bisa juga sangat asing bagi yang belum begitu mengerti tentang fotogafi. Bidang atau tidak bidangnya, suka atau tidak suka akan fotografi tidak ada salahnya kalau kita belajar dan mengenal istilah Fitur Stabilizer dalam bidang fotografi, itung itung menambah pengetahuan gitu. hehe

Fitur Stabilizer merupakan alat tambahan pada kamera digital, ada dua jenis fitur stabilizser pada kamera digital saat ini yaitu  IS (Image Stabilizer) dan VR (Vibration Reduction). IS (Image Stabilizer) adalah fitur stabilizer yang ada pada kamera canon dan VR (Vibration Reduction) adalah fitur stabilizer yang ada pada kamera nikon. Fitur Stabilizer biasanya terletak pada lensa kamera, seperti yang terdapat pada gambar di atas. 

Fitur Stabilizer ini berfungsi untuk menstabilkan komponen kamera dari getaran atau gerakan kecil, fitur ini akan membantu kestabilan kamera ketika tangan kita gemetar atau goyang saat melakukan pemotretan. Tanpa disadari terkadang tangan kita goyang saat melakukan pemotretan sehingga hasil jepret yang telah kita lakukan tidak sempurna, foto yang kita dapati ternyata kabur (blur) alias tidak fokus. Salah satu diantara cara menghindari foto kabur (blur) dan untuk mendapatkan hasil foto yang fokus adalah dengan Mengaktifkan Fitur Stabilizer, untuk lebih jelasnya baca Cara Menghindari Foto Blur Maka dari itu sebaiknya kita mengaktifkan Fitur Stabilizer yang ada pada kamera kita. Nah disinilah pentingnya fitur stabilizer ini, dengan fitur ini kita tetap dapat menghasilkan gambar yang fokus dan bagus meskipun tangan kita goyang saat pemotretan berlangsung. 

Sengaja artikel ini saya tulis untuk tambahan pengetahuan buat teman-teman pecinta fotografi yang baru beli kamera digital khusunya pada jenis kamera dslr, klik di sini untuk lihat jenis-jenis kamera dslr. 

Jangan lupa mengaktifkan fitur stabilizernya ya.. selamat mengenalnya dan semoga berguna.  

42 komentar

dengan fitur ini jadi lebih mudah untuk belajar memotret. terimakasih bos..

apakah fitur ini juga ada pada kamera saku atau hp?

Saya gak ngerti tentang fitur stabilizer, namun sekarang jadi sedikit paham, rupanya ini salah satu perangkat fotografer ya mas :)
Makasih utk sharing yg bermanfaat, kunjungan perdana n salam sukses ^^

Ya betul, mudah-mudahan smakin bertambah pengetahuan dengan kita saling tukar pengalaman. salam sukses juga & terimakasih kunjungannya.

Terima kasih penjelsanya tentang fitur stabilizer..
Yeahh itu memang sangat asing bagiku

selama ini sih belum ada, gak tau lagi kalau ada perkembangan baru-baru ini..

Baca" dulu ah sebelum nanti punya kameranya hehe

Kunjungan balik :)

Kunjungan balik Mas Bas, waha saya boro-boro punya nih Mas
Lihat saja baru ni di artikel Mas Bas Studio. keren artikelnya Sob

mungkin karena bukan kameramen jadinya kurang fahan tentang fitur ini tapi terkadang profesional bukan karena alat yang mahal tapi dari kemauan yang keras...
nggak salah nulis pokoknya

Follback 17 succesful Mas Bas salam sukses yah

saya gak begitu pandai tentang kamera,, tapi makasih sudah mau berbagi dan saya sedikit paham :D

kamera adalah alat & kemauan adalah niat, bila keduanya dipadukan, jadi deh fotografer super hebat. hehe

belajar & berbagi itu tujuan saya, mudah-mudahan bisa bertambah pengetahuan dengan kita saling tukar pengalaman. terimakasih kunjungannya..

sukses juga mas, makasih follbacknya..

Pengin banget beli kamera dslr, cuma mahalnya.... thanks gan bisa buat awal pengetahuan sebelum beli dslr.

iya, emang cukup banyak merogoh uang saku untuk memiliki kamera dslr. hehe. sama-sama & terimaksih kunjungannya

saya mesti banyak belajar banyak dari blogmu ini sob, tentang fotografi
ada fasilitas page tukerlinknya ga bos.
nice blog with backsong

hadir memenuhi undangan ;) Udah saya follow kang :)

belajar dari apanya, ya cuma gini adanya blog saya. untuk sementara belum ada sob, msalahnya bidang saya ada pada fotografer jadi masih butuh banyak belajar tentang programer.

kalau untuk mengambil gambar benda yang bergerak bisa juga pake stabilizer ini nggak mas ?

bisa donk, emang itu adalah salah satu fingsinya asalkan gerakannya tidak terlalu cepat. kalau untuk gerakan yang terlalu cepat butuh trik & settingan lebih lanjut. terimakasih..

pengen juga deh blajar fotografi tapi kameranya belum punyaa hhe

soal kamera bisa belakangan kan, yang penting ada pengalaman gitu. hehe

kalau kamu minat bisa ikuti blog ini kok, gratis. hehe

Ijin nyimak sobat, artikelnya sangat menarik dan bermanfaat terlebih lagi buat pelaku photografer. Dengan adanya fitur stabilizer ini tentunya sangat membantu untuk bisa menghasilkan gambar yang fokus dan bagus...

ilmu baru untuk saya.. saya juga kurang faham tentang kamera..

klo buat di canon ps A3200 bisa gak sob ?

saya punya kamera prosumer, katanya juga pakai stabilizer, cukup membantu memang vitur yang satu ini

wah coba di dalam kamera hp juga ada setabilisernya sedetail itu ya mas.. pasti asyik deh foto foto pake hp hehehe..

saya kurang paham sebenernya tentang peralatan foto mas...

lihat pada kamera dan kalau memang ada fitur stabilizernya ya bisa sob..

kalau hp ada tabilizernya hawatirnya kamera dslrnya gak laku mas. hehe


EmoticonEmoticon