Cara mudah mempercepat loading blog, Keuntungan yang didapat dari loading blog yang cepat, Template blog AMP


loading
Loading blog banyak diperbincangkan oleh pengguna internet akhir-akhir ini, baik pemilik blog maupun mereka yang mencari informasi melalui blog. Jika diperpadukan, hampir keduanya menginginkan loading blog yang cepat.

Si pemilik blog menginginkan loading blog cepat agar blognya mudah diakses oleh siapa saja yang bakal jadi calon pengunjung nantinya. 

Begitu sebaliknya, mereka yang mencari informasi melalui blog mengharap agar apa yang mereka cari bisa didapat dengan sangat mudah tanpa banyak memakan waktu dan menghabiskan biaya.

Ini artinya bahwa loading blog yang cepat adalah menjadi sesuatu yang preoritas, perlu diperhatikan dan diusahakan sebisa mungkin. Banyak manfaat yang akan didapat, baik untuk pengunjung maupun si pemilik blog itu sendiri.

Adapun manfaat yang bisa didapat oleh pengunjung dengan adanya loading blog yang cepat, saya kira tidak perlu dibahas panjang lebar. Yang terpenting adalah pemilik blog, karena informasi ini memang saya tujukan untuk sesama blogger.

Kita akan bahas beberapa manfaat sekaligus cara-cara mempercepat loading blog di sini

Oke . . .
Sebelum berlanjut saya akan memberikan kabar gembira dulu buat kamu, bahwa di sana ada sederet keuntungan yang bisa membuat kamu tersenyum dan makin semangat ngeblognya.

Meskipun semangat lagi kenceng, kamu tetep kudu jaga kesehatan, jangan sampai jatuh sakit terus nggak bisa ngeblog lagi. lihat tipsnya . .
Jaga Kesehatan Saat Ngeblog


4 POIN INI BAKAL KAMU DAPAT JIKA LOADING BLOG CEPAT

1). Disukai oleh Google
Belakangan ini google telah meluncurkan gebrakan baru yang menjadi buah bibir di kalangan blogger baik pemula, setengah tua bahkan yang lanjut usia mengenai kecepatang loading blog. Yakni, projek Accelerated Mobile Pages yang sering disebut-sebut dengan AMP Blog atau Blog AMP.

Sebuah program untuk menyulap blog / website menjadi super cepat loadingnya, sehingga lebih mudah diakses di berbagai perangkat baik desktop maupun perangkat seluler seperti mobile, tablet, ponsel dan lain sebagainya sekalipun memakai koneksi internet yang super lelet.

Ini membuktikan bahwa kecepatan loading blog sangatlah penting bagi google. Maka buat siapa saja yang loading blognya super cepat, poin pertama yang didapat adalah jempol dari mbah google.

2). Merajai halaman pertama pencarian google
System google tak ubahnya perasaan manusia yang manusiawi, mana yang disukai itulah yang dipuji. Misalnya seseorang menyukai ketika menemukan blog yang bisa memberikan solusi buat dirinya dan bisa didapatkan dengan sangat mudah, maka ia akan berterimakasih dan memuji-muji. Begitu juga dengan si mbah google yang satu ini

Jika dirasa blog kamu bagus, selain bisa memberikan segudang manfaat loading blog kamu juga cepat, mudah dirayapi oleh googlebot maka harapan besar google akan memposisikan blog kamu di halaman pertama pencariannya, sekaligus merekomendasikan blog kamu pada calon-calon pengunjung yang relevan nantinya.


Maka poin ke dua yang didapat adalah blog kamu mampu merajai halaman pertama pencarian google

3). Dibanjiri pengunjung dari segala penjuru
Poin ke tiga yang didapat adalah banyaknya pengunjung dari berbagai tempat dan perangkat yang berbeda-beda mengerumuni blog kamu. Ini merupakan salah satu poin yang paling banyak dikejar oleh para blogger, kalau disensus hampir 100% blogger menginginkan blognya dikunjungi banyak orang.

Tidak mustahil blog dibanjiri pengunjung dari segala penjuru jika blog tersebut sudah disukai oleh google dan ditempatkan di halaman pertama pencariannya serta direkomendasikan kepada semua pengguna internet yang ada.

Blog berumur lama tidak menjadi jaminan mendapat banyak pengunujung, terkadang justru malah blog baru dengan optimasi seo seadanya yang dirubung pengunjung. Dan salah satu optimasi yang paling disukai oleh google adalah mempercepat loading blog.

Selain itu, pada dasarnya semua pengunjung memang suka dengan blog yang benar-benar ringan loadingnya. Dengan demikian mereka tidak perlu lama-lama antri nunggu loading blog untuk membaca artikel-artikel kamu.

4). Mengantongi uang dari blog
Poin selanjutnya yang bakal kamu dapat adalah kamu bisa mengantongi uang dari blog yang kamu kelola. Jika blog sudah disukai google dan sudah banyak pengunjungnya maka akan sangat mudah dimonetasi (cari duit)

Kamu bisa memonetasi blog dengan upaya-upaya berikut : pasang lapak iklan mandiri, membuat layanan jasa, jualan di blog atau kamu juga bisa mengikuti program periklanan PPC (Pay Per Click) yang sudah banyak beredar di masyarakat maya ini. Untuk periklanan PPC yang terbesar saat ini adalah GA (Google Adsense) kalau sudah siap, kamu bisa segera bergabung dengannya.

Adapun untuk caranya kamu bisa lihat
Cara Daftar Dan Menjadi Publisher Adsense


4 poin di atas adalah sesuatu yang tentunya sangat menyenangkan jika bisa kita dapatkan. Nah, permasalahannya sekarang adalah bagaimana caranya agar loading blog bisa ringan dan cepat?

Berikut
3 Tips Mempercepat Loading Blog Yang Bisa Kamu Coba

1). Memilih template blog yang ringan loadingnya
Ini jika kamu adalah blogger yang baru saja memulai ngeblog, mumpung belum terlanjur dan biar nantinya nggak terlalu disibukkan dengan mengotak-atik template sebaiknya kamu memilih template blog yang loadingnya ringan.

Saat ini sudah banyak sekali blogger senior yang menyediakan template blog dengan desain dan fitur-fitur yang sudah dioptimasi  untuk meningkatkan kualitas blog di mata search engine. Kamu bisa mencarinya di google dan memilih sesuai selera kamu atau sebaiknya kamu memakai template blog dengan AMP

Kamu bisa menguji dulu kecepatan loading template blog yang bakal kamu pilih di PageSpeed Insights sebelum kamu memakainya, jika sudah cocok barulah kamu terapkan untuk template blog kamu.

2). Menguji dan Mengikuti saran PageSpeed Insights
PageSpeed Insights adalah salah satu aplikasi google yang difokuskan untuk mengukur dan memperbaiki kecepatan loading sebuah website, aplikasi ini cukup terpercaya. Menurut saya menguji dan mengikuti saran PageSpeed Insights ini lebih aman dan efektiv dari pada menambahkan script-script kurang jelas yang apabila diterapkan justru malah nggak cocok dengan template blog kita. 

Setiap template blog sudah dioptimasi sedemikian rupa sama pembuatnya, dan tentunya setiap blog dibangun dengan struktur kode yang tidak sama maka hati-hati mengubah atau menambah kode-kode tersebut.

Jika terlanjur memakai template yang kamu sukai namun loadingnya dirasa agag lamban, sebaiknya kamu menguji loading blog kamu dan mengikuti saran-saran PageSpeed Insights, di sana nanti kamu akan dipandu

3). Mendesain blog
Ibarat kendaraan, template adalah sebuah perahu layar, mendesainnya adalah memperhatikan dan mengatur apa saja yang perlu dibawa untuk berlayar. Jangan sampai karena terlalu banyak beban yang dibawa, perahu layar kamu tenggelam di tengah lautan.

Jika kamu kurang mengerti tentang coding, cukup desainlah blog kamu seminimal mungkin untuk memperingan loadingnya. Misalnya dengan menampilkan widget-widget yang penting saja, tidak banyak memakai animasi bergerak, tidak memakai gambar dengan ukuran besar dan lain sebagainya.

Untuk memperkecil ukuran gambar dengan tetap bagus kualitasnya,
kamu bisa baca
Cara Kompres Gambar Dengan Photoshop

Dan silahkan baca juga yang satu ini, sangat penting
Hal Kecil Yang Menjadikan Blog Kamu Besar Dan Terkenal


Demikian semoga bermanfaat . .  

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

9 comments:

  1. nggk menjamin juga sih, meskipun cepat kalo seo nya jeblok sama aja sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas, tapi setidaknya mempercepat loading blog ini termasuk salah satu unsur seo yang juga perlu diperhatikan

      Delete
  2. loading blog yang cepat di tambah seo yang maksimal bisa menjadi paduan yang klop untuk optimasi blog agar bisa tampil di halaman pertama SE...

    ReplyDelete
    Replies
    1. na ini kang maman juga menekankan pentingnya loading blog dalam seo

      Delete
  3. blog yang cepat memang banyak membawa keuntungan bagi pemiliknya. maknyus nih ada tutorial mempercepat loading blog juga, makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nyoba aja sedikit ikutan belajar membuat tutorial blogging mas,, kalau ada salah mohon maklumnya

      Delete
  4. soal AMP,..menurut saya tergantung dominasi sumber trafiknya,klo blog lebih banyak diakses orang lewat smartphone atau ponsel, template AMP lebih cocok jika diterapkan,..

    tapi itu cuma opini saya aja lho,..

    btw, blognya keren mas,..loadingnya juga oke,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya sekarang jamannya kan udah pada pake hp mas, kalau komputer katanya udah jadul gituh.

      wah suatu kehormatan dikunjungi mas Teguh apalagi dapet jempolnya. hehee
      makasih mas

      Delete
  5. setuju mas.
    loading blog yg ringan kudu diusahakan untuk semua blogger agar memperoleh 3 manfaat tersebut.

    sayangnya loading blogku belum terlalu cepat nih

    ReplyDelete