Tips atau cara, Meningkatkan visitor blog, Memperbanyak pengunjung blog, Yang paling efektiv


Tips Meningkatkan Visitor blog

Sebagian blogger berpendapat, bahwa pengunjung adalah merupakan salah satu parameter keberhasilan sebuah blog. Bisa dikatakan blog itu berhasil apabila setiap harinya ramai pengunjung, dan bisa dianggap tidak berhasil apabila sepi. 

Kamu pasti bangga dan tersenyum lebar ketika melihat data statistik blog dengan jumlah angka pengunjung yang cukup banyak, misalnya ribuan pengunjung hingga lebih setiap harinya.

Tapi jika hanya ada 10 sampai 100 saja pengunjung yang mau datang, apa yang kamu rasakan?

Jumlah ini mungkin sudah cukup banyak atau setidaknya lumayanlah bagi blog yang masih berusia muda.

Tapi bagaimana dengan blog yang sudah berumur tahunan, 3 hingga 5 tahun? misalnya. Tentu angka ini tidak sepadan . . .

Hampir semua blogger yang sudah cukup lama mengelola blog, mengidamkan agar blognya selalu dikerumuni pengunjung. Bukan cuma dalam jumlah puluhan atau ratusan saja, tapi ribuan hingga lebih pengunjung yang diharapkan bisa datang setiap harinya.

Ada sebagian blogger mengatakan, mendapat pengunjung yang banyak bukanlah sesuatu yang rumit. Itu sah-sah saja, dan itu bagi mereka

Namun untuk mencapai semua itu tidaklah segampang yang kita sangka . . .

"Cukup hanya dengan membuat blog baru, lalu menulis kemudian langsung mendapat banyak pengunjung," tidak.

Ada perjuangan serta berbagai rintangan yang menyisakan misteri, sebuah misteri yang penuh teka teki.

Terkadang ada yang gampang mendapatkannya terkadang ada juga yang susah . . .

Dan buat kamu yang cukup lama mengelola blog, sudah bertahun tahun tapi pengunjung blognya masih sangat minim nggak usah putus asa atau berkecil hati, mari kita bersama-sama mencari solusinya.

Mudah-mudahan apa yang akan saya berikan nanti benar-benar bisa menjadi solusi yang dapat membantu mewujudkan impian kamu.


Oke . . . 
COBA 3 TIPS INI JIKA PENGUNJUNG BLOG KAMU MASIH SEPI

INSTROSPEKSI
Hal pertama yang perlu kamu lakukan jika pengunjung blog masih saja sepi adalah instrospeksi diri, jangan-jangan masih ada yang salah dengan apa yang kamu lakukan selama ini.

Lebih tepatnya adalah, cari tahu dan pahami dulu apa saja yang bisa menjadi penyebab pengunjung blog tak kunjung ramai, tetap sepi atau justru malah semakin sepi.

Ada beberapa hal baik secara mental maupun fisik yang sering tidak disadari, padahal itu sangat berpotensi mengurangi pengunjung blog. Yang apabila hal tersebut masih terus terjadi dan tidak segera dibenahi akan menyebabkan pengunjung blog melarikan diri.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu jadikan bahan koreksi
  • Terlalu sering ganti template
  • Loading blog masih sangat lambat
  • Iklan bertumpuk terlalu banyak
  • Pop Up yang terkesan mengganggu & memaksa
  • Konten / Artikel belum bisa memberikan solusi & kurang informatif
*Jika sampai pada saat ini kamu masih suka gonta ganti template, berusahalah untuk menahan kebiasaan kamu

*Jika sampai pada saat ini loading blog kamu masih sangat lambat, segeralah dibenahi. Untuk mempercepat loading blog dan segera merasakan manfaatnya kamu bisa baca 4 Poin Ini Bakal Kamu Dapat Jika Loading Blog Cepat

*Jika sampai pada saat ini blog kamu terlalu banyak iklannya, cobalah untuk meminimalisir, kecuali kalau iklan tersebut benar-benar membantu keuanganmu

*Jika sampai pada saat ini kamu memasang pop up yang mengganggu dan terkesan memaksa, cobalah untuk mengatur ulang misalnya dengan pop up itu baru muncul setelah pengunjung selesai membaca seluruh artikel kamu

*Jika sampai pada saat ini konten/artikel kamu masih asal-asalan, mulailah untuk mempublikasikan sesuatu yang berkualitas, kaya informasi dan mampu memberikan solusi.

5 hal tadi adalah perkara mendasar yang bisa menyebabkan blog kamu sepi pengunjung. Bukan cuma itu, tapi sebenarnya masih banyak, tugas kamu selanjutnya adalah mencari sendiri dan mengkoreksinya lagi


OPTIMASI
Kalau dijabarkan dalam bahasa yang lebih sederhana, optimasi adalah upaya atau usaha. Yakni upaya untuk meningkatkan sesuatu agar lebih baik, bukan lebih buruk.

Optimasi ini biasanya dalam dunia blogging disebut dengan SEO (Search Engine Optimization) yang artinya Optimasi Mesin Pencari. Dan SEO itu sendiri dikategorikan dalam 2 bagian, SEO ON PAGE dan SEO OFFPAGE.

Dalam penerapannya, setiap blogger tidak sama. Mereka punya cara masing-masing yang berbeda, namun pada intinya tujuannya adalah sama. Yakni sama-sama berusaha meningkatkan trafik blog.

Nah, setelah kamu menemukan penyebab-penyebab yang bisa membuat pengunjung blog jadi sepi dan kamu telah mempertimbangkannya, tugas selanjutnya adalah optimasi.

Di sini saya tidak akan membahas optimasi yang terlalu njelimet, cukup yang sederhana saja tapi insyaallah akan membuat kamu tersenyum bahagia.

Oke . .
Optimasi yang saya tekankan di sini ibarat berdagang, "sediakan barang bagus lalu promosikan". Itu saja

Logikanya begini . . .
Barang yang bagus tapi tidak dipromosikan bisa lambat lakunya, promosi kenceng tapi barangnya nggak bagus juga bisa bikin kecewa.

Jadi . . .
Untuk meningkatkan pengunjung blog, ada 2 hal yang harus kamu persiapkan dengan benar.

1. Memperbaiki kualitas blog
Ini bisa diupayakan dengan menyediakan konten yang bermutu, berinovasi, mencari backlink berkualitas, memperhatikan kondisi tata letak serta loading blog dan lain sebagainya seperti yang kamu ketahui di atas tadi

2. Promosikan blog
Promosi tidak harus pake uang, kalau memang ada itu justru lebih baik. Tapi jika tidak, kamu masih bisa mempromosikan blog kamu dengan cara lain misalnya dengan memanfaatkan sosial media seperti facebook, google+, twitter dan yang lainnya.

Ini merupakan cara berpromosi yang sudah banyak digunakan blogger Indonesia, hampir semua blogger memakai cara ini. Hanya saja dalam penerapannya mereka punya strategi yang berbeda, ada yang efektiv ada juga yang tidak.

Agar promosi yang kamu lakukan di sosial media tersebut bisa membuahkan hasil yang memuaskan, kamu harus jeli dan cerdik. Apa yang akan kamu promosikan dan kapan waktu yang paling tepat untuk berpromosi, ini harus kamu perhatikan.

Atau,,, kamu juga bisa aktif di berbagai forum, menjadi penulis di blog-blog orang lain yang sudah cukup terkenal dan lain sebagainya. Pokoe berpromisilah, bila perlu dan jika ada uang kamu bisa berpromosi di stasiun televisi. hehee

Coba lihat
Hal Kecil Yang Menjadikan Blog Kamu Besar Dan Terkenal


KONSISTENSI
Hal terakhir yang harus kamu lakukan setelah beberapa upaya tadi adalah konsistensi. Tujuannya, menjaga pengunjung blog kamu yang sudah banyak agar tidak berkurang kembali.

Konsisten tidak harus setiap hari update blog, setiap hari memposting artikel. Tapi setidaknya jangan sampai blog kamu nganggur dalam jangka waktu yang sangat lama.

Usahakan seminimal mungkin 1 bulan sekali atau 1 minggu sekali. Atau kalau ada waktu dan mampu update setiap hari itu jutru lebih baik.

Ibaratnya tempat pameran,
Jika barang yang dipakerkan tidak pernah diperbarui, dalam jangka waktu yang lama hanya itu-itu saja yang ada di sana, maka pengunjung yang sudah pernah datang bakal bosen ngelihatnya. Dan resiko terbesarnya adalah mereka tidak mau datang lagi.


TIPS TAMBAHAN
Jikalau berbagai upaya untuk meningkatkan pengunjung blog sudah kamu lakukan, tapi belum juga membuahkan hasil seperti yang kamu inginkan, bersabarlah karena ternyata keberuntungan itu juga berlaku di dunia maya.

Demikian, semoga bermanfaat dan jika ada yang salah mohon dimaklumi

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

17 comments:

  1. Kalau baca tis tambahannya saya ya pasrah saja, semua sudah ssaya lakukan gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iklan di TV juga sudah? hehee

      sabar ae mas, sekarang memang belum tapi insyaallah nanti

      Delete
  2. tips tambahannya mantap..., sabar itu sekarang di dunia maya juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari dulu juga di mana-mana yang namanya sabar itu ada

      Delete
    2. temen saya dari bayi udah sabar mas.. namanya mas Sabar, hehe...

      Delete
  3. aktif juga di berbagai kegiatan duta dibarengin di dumay. kopdar grup lah hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, itu juga berpotensi meningkatkan trafik blog . .

      Delete
    2. dan satu lagi, jangan blogwalking hehehe. kadang suka buka postingan bulan bulan lalu punya teman sih dan komen. jangan males komen kalau ad artikel yang baik :). kayak punya mas ini.
      kalau statisnya 10 atau 18 ataupun nggak ada yang ojo menyerah.

      Delete
  4. Kalau Saya kada promosi secara offline mang,, nulis - nulis alamat blog di kaca mobil orang,, kan lumayan tuh,, saya sering melakukan trik itu karena tidak punya modal buat pake Adword,, atau pasang iklan di facebook... XD tips ini lumayan bisa menghasilkan trafik,, minimal blog kita jadi tenar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah boleh juga nih triknya, apalagi kalau mobilnya artis yang ditulisi pasti langsung bakal tenar. hahaa

      Delete
  5. Aku sih sejauh ini ngeblog cuma karena hobi saja. Tapi sepertinya harus memperkaya konten juga supaya lebih menarik dan bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe kalau udah hobi justru membuat kontennya bisa lebih enak dan mantep . .

      Delete
  6. padahal hanya 3 trik agar pengunjung blog kita nggak sepi ya mang...sayangnya saya mah nggak punya ke tiga nya itu...gimana, coba? mohon pencerahannya atuh ih

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduh mang senior ini sukanya ngledekin orang . .

      besok kalau udah siang pasti cerah deh mang, ini kan lagi malam. hehe

      Delete
  7. yang paling penting itu konsistensi.
    konsisten untuk terus maintenance blog, update artikel, dan promosi sana-sini..
    thanks tips nya mas. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kadang yang kurang diperhatikan para blogger newbie ya mas...

      Delete
  8. Aduh blog saya sepi sekali, harus banyak belajar sama kang budi yang smart di sini, hehe...

    ReplyDelete