Cara cek artikel plagiat atau plagiarisme, Cara mencari artikel yang dicopy paste, Cara menemukan plagiator atau tukang copy pate melalui google search image atau pencarian gambar


google search image

Google Search Image adalah salah satu aplikasi pencarian gambar milik google yang cukup venomenal di mata para pengguna internet, dan aplikasi ini sama hebatnya dengan aplikasi aplikasi lain milik google seperti halnya google pencarian web, google maps, google drive dan lain sebagainya. Tak cukup sekedar untuk mencari gambar di internet, ternyata google search image juga bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi plagiator atau menemukan tukang kopy paste konten yang ada di masyarakat maya ini.

Ya,,,
Mendeteksi Plagiator
Sebelum mengetahui cara mendeteksinya, saya coba beri sedikit gambaran dan resiko sebuah konten yang diplagiasi atau dicopy paste. Konon katanya, konten atau artikel yang dicopy paste dan dishare ulang dapat menimbulkan duplikat konten yang kemudian terjadi suatu kompetisi atau persaingan antara konten asli dan konten hasil plagiasi di halaman pencarian google.

Meskipun system google sudah diperketat dalam hal ini, toh nyatanya masih banyak konten-konten hasil plagiasi yang memenangkan kompetisi ini, artikel kopy paste berada di halaman pertama pencarian google sedangkan artikel yang asli hanya kebagian tempat yang buncit (belakang). Dan tentunya mereka yang berada di halaman pertama pencarian google itulah yang dapat visitor banyak sedangkan yang di belakang hanya kebagian permen karet, cuma bisa mengunyah lidah tok.

Nah, sekarang coba kawan bayangkan jika saja hal ini terjadi pada blog kamu. Siang malam tidak peduli meskipun pergelangan tangan sudah mulai linu, masih tetap saja terus berusaha membuat dan mempublikasikan artikel-artikel original demi meningkatkan mutu serta perkembangan blog kamu, tapi ternyata hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kamu impikan. Jadi kesal kan??

Sebenarnya banyak cara untuk menemukan tukang kopy paste yang ada di masyarakat maya ini, tapi di sini saya pengen berbagi sama kawan-kawan semua cara yang gampang-gampang saja yakni dengan memanfaatkan google search image. Cara ini sudah saya uji coba sendiri dan ternyata saya menemukan begitu banyak artikel tentang tutorial photoshop milik saya yang sudah diplagiasi. Kalau gak percaya dan jika kawan pengen tahu, ini saya sertakan sedikit contohnya :

http://www.bas-studio.net/2014/01/cara-menghapus-background-foto-dengan-photoshop.html
http://raden22.blogspot.co.id/2014/03/cara-menghapus-backgraound-warna-putih.html

Oke,, sekarang saya kasih tahu 
Cara Mudah Mendeteksi Plagiator Melalui Google Search Image

Sebenarnya google search image ini difungsikan untuk mencari "similar image" atau gambar yang serupa. Misalnya saja kawan lagi nyari gambar orang yang lagi nyengir, terus udah dapat tapi kok nyengirnya kurang lucu ya, coba cari yang lain deh. Nah, untuk mencari gambar nyengir lain yang mirip itu bisa pake aplikasi ini. 

Tapi kawan juga bisa mencari artikel yang di copy paste melalui aplikasi ini, dan akan berfungsi jika gambar dalam artikel tersebut tidak diganti alias masih asli gambar milik kamu. Berikut caranya :

Pertama, silahkan buka google search atau halaman pencarian google terus pilih image, ya seperti biasa ketika kawan mau mencari gambar di google gitu, kemudian klik icon kamera yang ada di kolom pencarian. Lebih jelasnya bisa kawan perhatikan gambar di bawah ini

google pencarian gambar 1

Selanjutnya akan muncul dialog seperti gambar di bawah ini :

google pencarian gambar 2

Nah, sampai di sini udah paham kan?? saya anggap saja udah pada ngerti semua, kan memang gampang, cuma tinggal gitu tok.. hehee

Kalau memang kebetulan artikel dan gambar milik kawan ada yang di copy paste, nanti akan kelihatan semua. Ada berapa, siapa dan apa blognya ketahuan semua dan kawan bisa langsung mensurveinya. Adapun langkah selanjutnya, mau kawan apakan dan bagaimanakan itu saya pasrahkan terserah kawan semua.

Demikian, semoga bermanfaat. Dan ini ada hal penting juga buat kawan, silahkan dibaca dulu :

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

4 comments:

  1. saya jd malu kalau search google image, apalagi caranya gampang seperti di atas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok malu kenapa teh? hayo,, gambarnya banyak yang nyomot ya..

      Delete
  2. saya chek lg ah google browser image, klo ketahuan image di blog saya pda ditempelin blog mreka, saya pentungin satu satu :D
    nice share mas, maaff baru kunjungan mas budi.

    mas budi sehat? lg apa mas? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk pentungin aja, bila perlu disekap sekalian. hehe

      alhamdulillah seger waras, mbk rahayu sendiri gimana?

      Delete