Wednesday, October 26, 2016

Lakukan Beberapa Hal Berikut Agar Foto Anda Tidak Mudah Luntur

Foto Editing

Foto adalah rekaman sebuah objek atau suatu kejadian dalam bentuk gambar yang bisa difungsikan dalam berbagai keperluan dan juga bisa menjadi sebuah kenang-kenangan.

Foto merupakan bagian dari hidup kita sebagaimana benda-benda lain yang kita punya, perlu dijaga dan dirawat. Apalagi foto merupakan benda yang rapuh, hanya terbuat dari kertas dan tinta, gampang robek dan bisa luntur warnanya.

Sangat disayangkan jika foto kenangan masa kecil anda, foto sarjana anda, foto pernikahan anda dan semua foto penting milik anda rusak begitu saja. Baik robek, jamuran ataupun luntur warnanya. Adapun kerusakan pada foto yang sering terjadi tanpa disadari adalah karena luntur warnanya. Untuk tingkat kerusakan yang disebabkan karena robek menurut saya itu sangat jarang, asal tidak dibuat rebutan atau memang sengaja dirobek, foto anda akan tetap aman. hehee

Nah, untuk menjaga dan merawat supaya foto anda tidak mudah rusak dan luntur, lakukan beberapa hal berikut ini :

PILIH PERCETAKAN BERKUALITAS
Tidak sedikit saat ini percetakan yang hanya menghitung kuantitas tanpa peduli akan kualitas, sekilas untung besar yang dipikirkan soal kualitas itu belakangan. Mesin cetak foto, kertas dan tinta sangat menentukan kualitas sebuah foto. Baik hasil cetaannya, awet dan tidak mudah lunturnya ada pada 3 komponen tersebut. Carilah dan percayakan foto anda pada percetakan yang sudah teruji kualitasnya. Percetakan Mini Kualitas Tinggi

MEMBERI BINGKAI
Agar foto anda terlihat labih cantik dan tetap aman, berilah bingkai. Jangan sampai foto anda dibiarkan telanjang begitu saja. Bingkai bisa berupa pigora atau juga album, ini bisa anda dapatkan di studio foto atau toko-toko pigora. Bingkai (pigora/album) disamping dapat mempercantik foto dan terlihat anggun juga bisa melindungi foto anda dari sinar matahari ataupun terkena air.

HINDARKAN DARI SINAR MATAHARI
Jangan sampai foto anda dipajang di atas genteng, hehe. Maksudnya bukan begitu, tapi carilah atau tempatkan foto anda di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Memberi bingkai (pigora/album) adalah salah satunya upaya agar foto tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jika dipajang di dinding, hendaknya di tempatkan di bagian yang tidak terlalu banyak terkena sinar matahari, atau lebih aman dan lebih awetnya lagi bisa anda simpan di dalam album.

Dan yang terakhir
SIMPAN DITEMPAT YANG TIDAK TERLALU LEMBAB
Jika foto anda tidak untuk dipajang, artinya disimpan dalam album maka simpanlah album anda di tempat yang tidak terlalu lembab, dikarenakan tempat yang terlalu lembab dapat menyebabkan foto anda jamuran, dan jika sudah jamuran bisa mengakibatkan kerusakan.

Demikian sedikit tips untuk menjaga dan merawat foto agar foto anda tetap awet dan tidak mudah rusak. Lihat juga :
Daftar Ukuran Cetak Foto Lengkap
Daftar Harga Cetak Foto Di Bas-Studio

25 komentar

Iya memberi bingkai untuk foto termasuk merawat foto ya mas, jangan sampai misalkan dipajang kayak poster bola, asal tempel aja entar mudah usang warnanya... :D

poster bola kalau di kasih bingkai juga bakal keren kang..

sepakat dengan ilmu untuk agarfoto tidak mudah luntur, kebetulan ada poster The Rolling Stones yang sudah berusia hampir 20 tahun tetap berjaya abadi karena mengikuti aturan maen dari ilmu diatas

Sekedar menambahkan, agar lebih bernilai artistik, bisa juga memberi sentuhan laminasi pada foto dengan banyak motif. Selain lebih awet juga membuat foto terkesan lebih bernilai seni...

tua posternya kali ketimbang usia orangnya..

ini boleh juga, tapi buat saya pribadi kurang suka mas karena terlihat gak natural

Foto kalau dikasih bingkai memang lebih awet bisa puluhan tahun masih bagus

point yang pertama sangat penting, meskipun uda dibingkai klo kualitas percetakannya ga bagus, tetep aja foto jadi pudar wrnanya :)

nah nih mang maman jagonya..., biasanya saya juga kasih laminasi untuk foto2 yang di cetak di tempat biasa :)

bener mas, itupun tetep perlu dioptimalkan dengan adanya percetakan yang berkualitas mas

makanya point itu saya taruh paling awal. hehe

Kang Rival mah, gitu... saya mah apa-lah atuh, hehe...

Rolling Stones itu bahasa Indonesianya apa sih mang...?

Tapi bener sih foto itu kudu di rawat karena merupakan sebuah karya seni yang perlu kita jaga nilai artistiknya..

Terkadang kita selalu lupa untuk mebersihkan foto-foto didinding yang berdebu,padahal sayang ya kan mas apalagi foto kenangan..hee

Lah kirain kalau kena sinar matahari justru awet ,ternyat sebaliknya. Photoku banyak yang luntur, mungkin lembab karena bungkusan plastik dialbumnya.

iya mas, makanya jangan sluman slumun keluar masuk rumah aja, sesekali ditengokin dan dirawat itu fotonya. hehe

hehe manja juga ya foto itu, kena panas luntur terlalu lembab juga luntur, maunya digendong aja kali mas fotonya

memberi bingkai emang jadi solutif bgt buat foto awet, tq info lainnya

Belum update lagi mas artikelnya, atau masih sibuk yaa... :)

yang jelas bukan seltip kan mbk desi.hehe

belum mas masih anu-anu,, ntar kalau udah update tak kabari. hehee

Berhubungan saja kerja di distributor printer, saya sih kasih tau untuk cetak foto agar tidak luntur pakai tinta Pigment-based hehe...

ini saran yang apik, ntar bisa dicoba sama temen-temen yang mau

kualitas percetakaan & bagaiamana kita merawat foto menentukan keawetan foto kita, suatu saat akan membawa kita bernostalgia kembali :D

bernostalgia sama mantan pacar yang sekarang udah jadi istri ya mas. hehee


EmoticonEmoticon