Hai Shobat Bas-studio, apa kabar semua? semoga sehat selalu dan tetap semangat ngeblognya

Tulisan perdana saya kali ini hanya sekedar curhat shob,, dimana setelah beberapa bulan kalau gak salah mulai bulan Pebruari sampai September 2016 saya gak bisa ngopeni blog dikarenakan ada urusan-urusan offline yang harus saya dahulukan. Nah, ternyata pada akhir bulan pebruari itu domain saya berada di ambang masa-masa Expired dan saya belum bayar untuk perpanjangan domain saya tersebut hingga bulan september ini, alhasil domain saya hangus dan setelah saya cek ternyata domain saya bas-studio.com udah digondol orang.

Pengen update blog udah gak bisa lagi, menyesal sekali rasanya shob.. Gelisah, gundah campur bingung numpuk jadi satu, gimana caranya agar saya bisa mulai ngeblog lagi dan meneruskan blog ini. Sementara artikel-artikel di blog ini udah lumayan banyak, akhirnya saya putuskan beli domain baru untuk meneruskan blog ini agar artikel-ertikel terdahulu bisa diakses kembali. Tapi ya begitu shob,, melaratnya minta ampun. hehee

Propagasi blog
PROPAGASI BLOG MULAI DARI NOL LAGI
Ini saya ambil dari istilah domain, dimana ketika kita baru saja membeli domain dan melakukan custom domain misalnya dari (blogspot) ke domain TLD (com,net) dll di situ pasti ada istilah propagasi. Yakni jangka waktu yang diperlukan nama domain untuk mengenali atau tersambung dengan server hosting. Sedangkan masa propagasi itu sendiri bervariasi, ada yang cepat ada juga yang lambat, umumnya 1x24 jam tapi katanya ada juga yang sampai 3x24 jam. 

Disamping custom domain, saya pun harus telaten memperbaiki link-link artikel yang rusak, mempublikasi ulang, mengatur ini itu dan lain sebagainya serta saya pun harus berjuang keras dan sabar menunggu hingga blog saya bisa nyerondol ke halaman awal pencarian google seperti dulu.

Biar bagaimanapun juga saya tetap bersyukur karena mulai saat ini saya udah bisa melanjutkan aktivitas di blog kesayangan ini dan bisa bergabung kembali bersama sahabat-sahabat blogger tercinta. Meski harus mengalami propagasi blog mulai dari nol lagi saya pun tak apa, anggap saja itu sebagai pengalaman ngeblog. Dari sini saya mendapat berbagai hikmah diantaranya  adalah "jangan gampang tledor atau lalai"

Ohya shob,, domainku yang dulu www.bas-studio.com dan yang sekarang www.bas-studio.net cuma beda tipis aja kok. Karena yang (com) udah digondol orang, jadi kalau mengakses dan berkenan mengikuti blog ini pake yang (net) aja ya yakni www.bas-studio.net

Sebagai kado pertemuan perdana, saya kasih bonus tutorial photoshop gratis-tisss. Silahkan ikuti tutorialnya Di Sini

Demikian, semoga kita tetap semangat di pertemuan selanjutnya..

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

15 comments:

  1. Wah sayang sekali ya mas, tapi itu akan menjadi pelajaran penting ya

    ReplyDelete
  2. Sangat disayangkan, padahal domain dot com menurut saya lebih mantap. Namun bagaimana lagi ya mas mau tidak mau harus ganti domain. Tetap semangat aja ngeblognya mas. Moga selalu sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mas, amin.. semoga kita sama sama sukses

      Delete
  3. apa karena ganti domain ke TLD, link artikel saya banyak yang rusak juga mas, semua jadi serasa mulai dari nol lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga karena begitu mas, tapi gk apa domain TLD tetep labih baik untuk ke depannya nanti

      Delete
  4. selamat, selamit, selamut, selamot, selamat kembali ngblog...ditunggu ilmunya kembali seperti dulu...awas ngblognya jangan kebanyakan salah minum obat seperti saya...okeh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sih sukanya asal-salan kang.hehe

      Delete
  5. selamat datang kembali ke dunia blog mas,moga kedepannya nggak lupa lg untuk memperpanjang doamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelihatan nakalnya ya mas, punya hutang gak dibayar akhirnya domainnya disita.hehee

      Delete
  6. Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali tidak mengapa domain hangus yang penting bisa ngeblog lagi selamat terbangun dari tidur panjang mas...esok bisa kembali lagi trafiknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, coba deh kalau ini blog gak diterusin gak bakalan ketemu sama mas sugiarto.hehe

      Delete
  7. wah, lama gak berkunjung ke sini, ternyata sudah pada berkembang pesat ya. punya saya yang blognya ketinggalan.

    ReplyDelete
  8. Pengalaman yang sangat berharga, jangan teledor atau lalai... terimakasih sudah berbagi mas, saya jadi teringat akan masa expire blog saya yang tinggal beberapa bulan lagi...

    ReplyDelete
  9. Mantap kang, pengetahuan saya semakin luas, dengan mengetahui caranya. Nice kang. tapi Saya ingin bertanya? Apakah ada pengaruhnya dalam memilih domain TLD .com dengan .net ataupun lainnya? Mohon infonya kang...

    ReplyDelete