Membuka dan menyimpan file dalam photoshop dengan beragam cara


Membuka dan Menyimpan File dalam Photoshop

Sebelum kita mengerjakan pekerjaan dalam photoshop langkah awal dan paling dasar yang perlu diketahui adalah membuka dan menyimpan file dalam photoshop (dalam hal ini bukan berarti kita membuka dan menyimpan file yang ada dalam photoshop akan tetapi kita membuka file dari komputer yang akan kita kerjakan / olah dengan photoshop kemudian menyimpannya kembali dalam komputer). Kita akan mengalami kesulitan untuk mengerjakan sesuatu dalam photoshop jika kita belum tahu caranya membuka file begitu juga pekerjaan kita akan sia - sia jika kita tidak bisa menyimpannya. 

Sebagaimana yang telah saya sampaikan bahwa fasilitas yang dapat dipakai dalam photoshop sangatlah beragam, jadi untuk membuka file saja bisa kita lakukan dengan berbagai cara.

Kita bisa membuka file dalam photoshop dengan langkah - langkah berikut :

1. Buka program photoshop yang teman - teman miliki, klik "file" lalu pilih "open".  berikut contohnya :

Membuka dan Menyimpan File dalam Photoshop
gambar 1

2. Atau kita juga bisa membuka windows explorer terlebih dahulu lalu kita pilih file yang akan kita kerjakan kemudian drak dan geser ke dalam photoshop. Kebetulan photoshop yang saya pakai di sini adalah photoshop cs3 dan pakai windows xp, jadi mungkin tampilannya sedikit berbeda dengan milik teman - teman, tapi itu bukanlah masalah.

Membuka dan Menyimpan File dalam Photoshop
gambar 2

3. Dan cara cepat juga paling mudah adalah dengan tekan "Ctrl" + "O" atau bisa juga dengan klik dua kali dalam program photoshop sehingga akan tampil jendela untuk memilih file / gambar yang akan kita kerjakan seperti gambar di bawah ini, setelah memilih file / gambar silahkan klik open

Membuka dan Menyimpan File dalam Photoshop
gambar 3

Dari beberapa cara yang berbeda di atas tujuannya adalah sama yaitu sama - sama membuka file, yang pada akhirnya ke semua cara di atas menghasilkan gambar seperti di bawah ini. Gambar ini adalah bentuk file / gambar yang tadi kita buka dan siap untuk diotak - atik. Anggap saja kita sudah mengotak - atiknya segingga kini kita tinggal menyimpannya.

Membuka dan Menyimpan File dalam Photoshop
gambar 4

Setelah membuka file / gambar dan selesai mengerjakannya maka langkah selanjutnya adalah menyimpan file / gambar tersebut. Adapun untuk menyimpan file / gambar juga bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya :

1. Klik "file", pilih "save" / "save as". berikut contohnya :

Membuka dan Menyimpan File dalam Photoshop
gambar 5

Yang nantinya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Kita dapat memilih beberapa bentuk file yang kita inginkan

Membuka dan Menyimpan File dalam Photoshop
gambar 6

2. Atau bisa juga dengan tekan "Ctrl" + "S". Tapi perlu diketahui "Ctrl" + "S" tidak berfungsi jika kita belum mengerjakan sesuatu dalam photoshop meskipun kita sudah memasukkan gambar di dalamnya dan akan berfungsi setelah kita mengotak - atik gambar tersebut. Setelah mengotak - atik gambar yang sekiranya belum selesai dan ingin diteruskan di lain waktu disarankan jangan disimpan dalam bentuk "jpeg" simpan saja dalam bentuk "psd" dulu karena dengan begitu pekerjaan yang belum selesai tidak hilang dan dapat kita teruskan kembali. Gambar ini sama dengan "gambar 6", "gambar 6" adalah contoh penyimpanan sebelum kita mengerjakan sesuatu dalam photoshop sehingga file "psd" belum muncul, sedangkan gambar di bawah ini adalah ketika kita sudah mengerjakan / mengotak - atik gambar dalam photoshop sehingga muncul file "psd" nya. 

Membuka dan Menyimpan File dalam Photoshop
gambar 7

Sekian sedikit yang bisa saya uraikan tentang Membuka dan Menyimpan File dalam Photoshop, dan jangan lewatkan tutorial menarik lainnya tentang photoshop di : 


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

12 comments:

  1. File dalam photoshop bsa menyimpan beberapa data photo koleksi kita ya Mas, dan kalau sedang kita perlukan kita hanya mencari dan membuka photo-photo tersebut.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan begitu maksudnya. dengan photoshop kita dapat mengubah bentuk file atau memperbaiki foto yang kesemuanya itu nanti akan tetap tersimpan dalam komputer.

      Delete
    2. O.... seperti itu ya mas. Terimakasih atas penjelasannya.

      Delete
  2. ternyata mudah sekali ya mas untuk buka dan save file di photoshop ini. Masalahya saya nggak punya program nya mas, sehingga nggak bisa praktek hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe kalau gitu ya segera dipunyain dong..

      Delete
  3. Sama seperti saya donk mas,
    Saya suka pakai photoshop

    ReplyDelete
  4. BM dulu mas kan kalau dari hp nggak bisa...makasih ya infonya

    ReplyDelete
  5. kebetulan,,saya sedang belajar photoshop, terimakasih ya sudah berbagi ilmu,
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  6. lanjut lagi kang trik photoshopnya..

    ReplyDelete