payung fotografi

Hai shobat setia bas-studio,, Payung pada umumnya berfungsi untuk melindungi diri dari hujan atau terik sinar matahari. Seperti yang biasa kita lakukan memakai payung ketika turun hujan agar tidak basah kuyup terguyur air hujan atau ketika terik matahari begitu panas menyengat maka kita juga bisa memakainya untuk melindungi diri.

Tapi ada satu payung lagi yang memiliki fungsi beda dari payung-payung biasa yang kita kenal selama ini, yakni payung fotografi atau payung yang biasa dipakai dalam pemotretan. Shobat tentu udah pada pernah lihat kan payung semacam ini, payung yang biasanya ada di studio foto, itu tu yang ketika shobat lagi foto di studio ada payung di depan shobat atau kadang di samping kanan kiri. Kenapa juga ya payung itu gak ditaruh di atas shobat biar gak kena hujan. hehee

Nah, tahukah shobat apa fungsi payung ini? Pada dasarnya kegunaan payung dalam fotografi ada pada lighting yakni pencahayaan atau pengolahan cahaya yang dimaksudkan agar subyek mendapat cahaya yang optimal dan merata sehingga membuahkan hasil jepretan yang maksimal.

Berikut beberapa
FUNGSI PAYUNG DALAM FOTOGRAFI

MEMANTULKAN DAN MERATAKAN CAHAYA
Seperti yang terdapat pada gambar di atas, shobat lihat di sana ada flash eksternal yang menghadap ke arah payung. Di sini payung berfungsi untuk memantulkan cahaya yang berasal dari sumber cahaya (flash) ke arah subyek secara merata dan terarah. Lihat juga Flash Eksternal Pelengkap Kamera

MENGHALUSKAN DAN MENCERAHKAN SUBYEK
Kenapa harus pake payung dan kenapa tidak langsung dari flash saja? Karena jika langsung dari flash terutama flash bawaan kamera hasilnya terlalu kasar dan menghasilkan bayangan di belakang atau samping subyekk. Nah, dengan adanya pantulan cahaya yang merata dan teratur bisa memberikan hasil yang sempurna. Subyek cerah, halus, tanpa bayangan sehingga hasil pemotretan pun terlihat profesional.

Demikian Fungsi Payung Dalam Fotografi yang dapat saya berikan, semoga bisa menjadi sedikit info yang cukup berarti. Dan jangan lewatkan info FOTOGRAFI lainnya yang juga ada di sini.

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

1 comments: