Malu Bertanya Sesat Di Jalan
Dulu ketika saya masih kecil sering kali dinasehati oleh orang tua agar tidak malu untuk bertanya "kalau kamu tidak tahu janganlah malu-malu, bertanyalah kepada orang lain yang kamu anggap lebih tahu". Orang bilang, malu bertanya sesat di jalan seperti itulah perumpamaan buat orang-orang yang malu bertanya ketika tidak tahu.

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda, ada kalanya yang pemalu dan ada kalanya juga yang tidak tau malu. Untuk mengetahui sesuatu yang belum diketahui terkadang kita merasa malu kalau harus bertatap muka dan bertanya kepada orang lain. Hati rasanya ingin bertanya tapi sulit mengungkapkannya karena sangat malu, tapi kalau tidak bertanya pun bagaimana kita bisa tahu. Kondisi seperti ini memang sangat menyulitkan kita, sehingga terkadang kita memilih diam, ngawur dan akhirnya salah jalan. 

Peribahasa "malu bertanya sesat di jalan" ini sangat berlaku pada jaman dahulu, jaman dimana dunia belum berkembang dan teknologi pun belum canggih. Jika tidak tahu tentang sesuatu dan tidak mau bertanya kepada orang lain, bagaimana bisa tahu. Tapi ibarat itu sepertinya sudah tidak berlaku lagi di jaman teknologi yang serba canggih seperti saat ini. Dimana ilmu pengetahuan, petunjuk, penjelasan bisa didapat dengan lebih mudah tanpa harus tersipu malu bertanya kepada orang lain.

Kita sudah bisa mencari tahu tentang sesuatu yang tidak kita ketahui dengan cara berdiam-diam, cukup hanya dengan bertapa di depan monitor, buka internet dan mencari segala informasi di sana. Tidak perlu malu lagi kan,,?? atau jangan-jangan shobat masih malu juga ya bertanya pada monitor? aduh payah deh. hehee Coba baca juga artikel yang satu ini ya Siapa Cepat Mudah Tersesat

orang malu

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

2 comments:

  1. Benar mas, kalau malu malah jad laper kalau tidak nanya di mana tempat makannya,apalgi kalu tidak tahu tempat piringnya ms. he,, he,, he,,

    ReplyDelete
  2. Kalau saya dulu juga begitu mas, tp sekarang kalau didepan monitor malah kebanyakan tanya. Untung google sangat sabar menjawabnya. Sampai saya lelah sendiri. :)

    ReplyDelete