Cara Membuat Blog Untuk Pemula yang paling mudah


Blog merupakan salah satu media multi guna yang ada di belantika dunia maya. Dengan memiliki blog kita dapat berekspresi, unjuk gigi dan menyalurkan hobi. Selain itu blog juga bisa menjadi kantor tempat kita bekerja, artinya dengan memiliki blog kita bisa mendapat penghasilan. Dan yang tak kalah menariknya kita juga bisa menambah kenalan, artinya kita dapat menjalin hubungan pertemanan antar sesama blogger yang ada di seluruh belahan dunia maya.

Masalahnya adalah apakah sekarang anda sudah memiliki blog? ingin punya tapi belum tau cara membuatnya? Jangan khawatir,, ini termasuk bagian dari kegunaan blog, yakni untuk berbagi. Kali ini saya akan coba berbagi dengan anda yang baru saja mau nyemplung di dunia blogging tentang bagaimana cara membuat blog sesuai pengalaman saya.

Google telah memberi kita kemudahan dalam hal ini, yakni dengan adanya fasilitas blog gratis  dengan domain blogspot yang ada di blogger. Untuk pemula, kita tidak perlu repot-repot, ambil saja kesempatan baik ini untuk belajar dan memulai ngeblog. Oke,, mari kita mulai..

tampilan blog

Cara Membuat Blog Untuk Pemula
1). Sebelum membuat blog, langkah pertama yang kita perlukan adalah membuat akun google+ dimana ini akan menjadi profil kita nantinya. Untuk poin ini silahkan ikuti petunjuk Cara Membuat Akun Google Plus atau jika sudah punya bisa langsung dilanjutkan ke poin berikut

2). Selanjutnya silahkan menuju ke www.blogger.com dan anda akan di bawa pada halaman sperti berikut

profil blog

3). Silahkan klik Lanjutkan ke blogger maka anda akan di bawa pada halaman seperti berikut

membuat blog baru

 4). Langsung kilk Blog Baru dan akan muncul jendela seperti berikut
membuat blog
5). Di sinilah kita akan memulai membuat blog, menentukan nama blog kita, alamat blog dan memilih template yang akan kita gunakan. Silahkan isi kolom Judul sesuai yang anda inginkan dan ini nantinya yang akan menjadi nama blog kita. Silahkan isi kolom Alamat sesuai yang anda inginkan, karena saking banyaknya orang yang membuat blog gratis ini maka alamat blog yang kita pilih terkadang sudah dipakai orang lain, itu artinya kita harus memilih alamat lain, pilihlah yang tidak dipakai orang dan sesuai keinginan anada. Untuk Template terserah anda mau pakai yang mana, silahkan pilih yang anda sukai. Jika sudah, silahkan klik Buat blog! dan selesai sudah.

Gambar di bawah adalah halaman dasbor blog yang telah kita buat, di sinilah kita bisa memulai ngeblog, menulis, mempublikasikan artikel dan lain sebagainya. Silahkan klik Lihat blog untuk melihat tampilan blog kita dan seperti gambar yang paling atas itulah tampilannya. Anda bisa memodifikasi dan mengotak-atik sendiri untuk selanjutnya.

dasbor blogger

Demikian Cara Membuat Blog Untuk Pemula yang bisa saya bagikan semoga ada guna dan manfaatnya. Tidak sulit dan cukup mudah kan. hehee 

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

3 comments:

  1. tentunya akan sangat bermanfaat tutorial ini buat blogger pemula untuk latihan menulis sebelum ke dot com.ehhehehe

    ReplyDelete
  2. wah keren nih mas, bagus dan jelas tutorialnya serta dilengkapi gambar.
    Lama tidak mampir, ternyata sekarang sudah mulai aktif nulis lagi ya di Bas-Studio
    Selamat.

    ReplyDelete
  3. cara mudah membuat blog yang keren ini sangat membantu bagi yang kan memulai terjun dalm dunia blogging.

    ReplyDelete