Beberapa Tips Bersabar dalam menghadapi musibah


Berada dalam dunia adalah bagian dari perjalanan hidup manusia, mulai dari rahim seorang ibu, dilahirkan ke dunia lalu dikuburkan dalam bumi hingga pada saat terakhir yakni hidup abadi di akhirat nanti. Kehidupan yang kita alami sekarang ini adalah berada dalam dunia, dimana kita semua tahu bahwa dunia adalah tempat dan saatnya kita diuji, diuji dengan berbagai masalah yang ada.

Setiap hal yang tidak enak dirasa, menyakitkan hingga membuat kita berduka, ingin marah dan putus asa itu adalah bagian dari ujian Allah yang diberikan kepada setiap hambanya. Apapun dan bagaimanapun bentuk ujian itu, Allah telah memberitahukan kepada kita bahwa "Allah tidak akan memberikan ujian kecuali sesuai dengan kemampuan hambaNya". Itu berarti, tanpa disadari bahwa setiap ujian yang menimpah manusia sebenarnya mampu dihadapi, tinggal bagaimana kita mensikapinya. Jika saja Allah menguji hambanya di luar batas kemampuan, niscaya tidak akan ada manusia yang mampu menghadapinya. 

Ujian itu sendiri dibagi menjadi beberapa bagian mulai dari yang ringan, sedang hingga ujian yang berat. Agar lulus dalam menghadapi ujian ini, kita diberikan satu tips oleh Islam yakni bersabar

Orang Sabar

Sabar adalah kata-kata yang sangat mudah diucapkan tapi cukup sulit untuk dilaksanakan. Sering kali orang menasehati agar bersabar ketika berada dalam duka, tapi bagi kita yang mengalaminya terkadang ini sangatlah tidak mudah. Saya tahu betul itu karena sering mengalaminya dan saya yakin sahabat-sahabat juga pernah mengalaminya. 

Banyaknya kerusakan yang terjadi misalnya pertengkaran, pembunuhan dan lain sebagainya adalah disebabkan karena kita tidak mampu bersabar. Berikut beberapa hal yang bisa dicoba agar kita mampu Bersabar Dalam menghadapi masalah :

1). Kendalikan Diri
Ketika mengalami suatu masalah yang membebani pikiran kita, membuat kita merasa tidak nyaman biasanya mendorong kita untuk melampiaskan amarah. Apapun masalahnya cobalah kita kendalikan diri, jangan sampai amarah menguasai pikiran kita, dengan demikian kita dapat berpikir jernih.


2). Ingat Allah
Setelah pikiran kita merasa tenang, coba kita ingat dan kita sadari bahwa hidup ini bukanlah milik kita tapi milik Allah sang maha pencipta. Dalam hidup ini, kita sangat menginginkan agar segala sesuatu dapat berjalan sesuai rencana kita tapi bukan hak kita untuk menentukannya. Ada dan tiadanya kehidupan ini adalah karenaNya, kita kembalikan saja semua masalah yang menimpah kita kepadaNya. Dengan demikian hati kita akan merasa lebih tenang dan damai.


3). Berdoa
Sabar bukan berarti pasrah dan tidak mau berusaha, mari kita berdoa agar semua masalah yang menimpah kita dapat terselesaikan dengan baik, semoga kita senantiasa diberikan kekuatan untuk bersabar dalam menghadapi masalah dan terus berusaha melakukan yang terbaik dan memperbaiki diri.


Demikian, jangan lewatkan juga beberapa artikel menarik yang berikut ini :

1)
Setitik Cahaya Dalam Gelapku

2)
Pintu Rizki Senyuman Ibu

3)
Ketekunan Kunci Keberhasilan


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

5 comments:

  1. berdoa dan berpasrah pada keputusan yang kuasa adalah yang terbaik ya mas..

    ReplyDelete
  2. Tetap sabar dan tawakal ya Mas Budi

    ReplyDelete
  3. hanya tiga poin diatas itulah yang sangat penting dilakukan saat kedukaan sedang melanda karena dengan tiga poin tersebut maka sabar adalah kunci yang utama

    ReplyDelete
  4. sabar memang jadi solusi jika menghadapi duka

    ReplyDelete
  5. Banyak orang yang lulus saat dicoba dengan kesusahan, kesulitan dan kekurangan. Begitu mendapat kelonggaran, kemudahan dan kemakmuran lantas lupa diri, Lupa segalanya. Sabar dalam kesulitan tentu adalah hal yang baik. Di tiap kedukaan pasti akan ada kemudahan,. Sudah tertulis dalam Surah Al Quran

    ReplyDelete