penyebab hilangnya konsentrasi menulis dan solusi mengembalikannya


Menulis di blog merupakan rutinitas setiap blogger, baik sebagai penyalur hoby ataupun sebagai sarana untuk mencari rejeki. Adapun aktivitas menulis bisa dilakukan setiap hari, satu minggu sekali atau juga sebulan sekali, semua tergantung pada kemauan dan kemampuan dari masing-masing blogger itu sendiri. Bagi yang menulis sebagai penyalur hoby bisa santai, kapan ada maunya disitulah mereka bisa menulis. Tapi bagi yang menulis dengan harapan dapat menambah penghasilan misalnya saja sebagai publisher adsense, menulis seolah merupakan pekerjaan wajib, satu atau dua artikel harus diterbitkan dalam tiap hari bahkan ada yang mencapai puluhan artikel setiap harinya. Dengan meningkatnya pendapatan dari hasil menulis inilah biasanya membuat blogger terus semangat menulis. Namun di tengah semangatnya memenuhi konten blog, terkadang konsentrasi menulis itu hilang begitu saja.

Pekerjaan enteng yang bisa dilakukan hanya dengan duduk manis di depan layar monitor, berfikir, menggerakkan jari jemari dan menuangkan ide dalam tulisan ternyata tidak segampang kelihatannya, butuh konsentrasi penuh, berpikir jernih dan terus berlatih. Menulis selalu butuh ide dan perlu konsentrasi. Agar dapat menulis setiap hari maka harus mendapatkan ide juga dalam tiap harinya. Ketika satu hari tidak mendapatkan ide, hilang konsentrasi maka hari itu juga aktivitas menulis terpaksa berhenti dan terbengkalai.

Nah, yang menjadi pertanyaannya adalah
Kenapa konsentrasi menulis itu sering kali hilang, apa penyebabnya?


HILANGNYA KONSENTRASI MENULIS DI BLOG
Bisa saja disebabkan karena beberapa hal berikut :

1). Terlalu sibuk memikirkan SEO
SEO (Search Engine Optimization) memang sangat penting dalam perkembangan blog. Banyak sekali blogger pemula (seperti saya) yang belajar, memahami dan menerapkan SEO agar blog yang dikelola dapat berkembang dengan cepat. Mencari informasi ke sana ke mari tentang penerapan SEO yang paling tepat, ketemu satu ada lagi yang lainnya, belum juga diterapkan sudah ada lagi penerapan SEO baru yang paling tepat, begitu dan terus saja begitu seolah tidak pernah ada habisnya. Saking sibuknya memikirkan seo sampai lupa hal yang terpenting dalam blogging yakni menulis, mengisi, memenuhi blog dengan artikel-artikel yang bermanfaat. Memikirkan seo yang berlebihan dapat mengalihkan perhatian, yang seharusnya dapat menulis dengan konsisten hilang konsentrasinya hanya karena terlalu sibuk memikirkan SEO.

2). Suka mengotak atik template
Memiliki template responsive, seo friendly, fast loading dan indah performanya merupakan dambaan blogger masa kini. Sayangnya setiap template memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, hampir tidak ada yang sempurna. Ada yang responsive tapi kurang seo, ada yang seo friendly tapi tidak fast loading, ada yang fast loading tapi tidak keren tampilannya sedangkan kita maunya yang sempurna. Dari sini kita sering kali mengotak atik template yang kita pilih, menambah fitur, memodifikasi tampilannya dan lain sebagainya. Bongkar pasang HTML, setelah disave ternyata justru malah error, belum mahir pake koneksi lambat lagi. Satu hari belum selesai dua hari belum selesai hingga beberapa hari hanya sibuk mengotak atik template saja, sampai akhirnya lupa pada pekerjaan utamanya yakni menulis.

Ini kebiasaan saya, sering mengotak atik template, kurang ini kurang itu, maunya begini maunya begitu dan selalu begitu. hehee.... Mohon jangan ditiru ya..!!! disamping mengotak atik template tidak baik untuk perkembangan blog, juga dapat mengurangi konsentrasi kita dalam menulis.

SILAHKAN LIHAT
MENULIS YANG PALING ENAK

3). Asyik main game online
Ketika konsisten menulis artikel terkadang kita juga perlu hiburan misalnya saja dengan main game online. Di satu sisi main game online memang bisa menghibur, tapi kalau terlalu asyik main bisa saja hal ini juga dapat mengalihkan perhatian. Sehingga terkadang menulis pun harus tertunda karena saking konsentrasinya main game online.

Beberapa poin di atas mungkin saja bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan konsentrasi menulis di blog, disamping itu juga ada beberapa hal dalam dunia offline yang cukup berpengaruh dalam hal ini. Namun untuk urusan offline misalnya sibuk dengan pekerjaan, punya masalah dengan keluarga dan lain sebagainya tidak saya cantumkan karena ini lebih wajib dikerjakan dan diselesaikan ketimbang onlinenya.

HILANGNYA KONSENTRASI
Hilangnya Konsentrasi Menulis

LALU BAGAIMANA SOLUSI MENGEMBALIKAN KONSENTRASI MENULIS?

SILAHKAN BACA
MENUMBUHKAN IDE BARU MENULIS DI BLOG


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

28 comments:

  1. Replies
    1. ketahuan deh kalau sering main game online. hehee

      Delete
    2. kalo sudah maen game jadi lupa segalanya deh mas..

      Delete
    3. apa iya sampai lupa sama pacar juga nih? hehee

      Delete
  2. Disambi ngopi nanti kembali idenya...

    ReplyDelete
  3. Hieheie saya sudah lama nda main game ONLINE

    ReplyDelete
  4. Kalau saya karena disibukkan dengan aktifitas dunia nyata mas sehingga seringkali menulis diblog terbangkalai ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesibukan dunia nyata itu kesibukan kita yang sebenarnya ya mas

      Delete
  5. bener tuh mas, point diatas kalau sudah terlalu kosentarasi jadi terkuras di itu itu aja sampai lupa bahwa konten yang dicari orang dalam blog ( lupa menulis maksudnya )

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kebetulan saja sedang saya alami mas. hehee

      Delete
  6. kalo penyakit saya ada di nomor dua mas heheheh.....

    ReplyDelete
  7. Saya kalo mau nulis artikel blog, satuu aja... susahnya minta ampunn mas... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah minta ampun mas minta gendong aja. hehee

      Delete
  8. kalau saya biasanya lebih dipusingkan dengan urusan seo, optimasi keyword, dan satu lagi judul yang menarik.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini nih yang paling bikin pusing. hehee

      Delete
  9. Awalnya saya kena yang bagian dua karena sangat penasaran dengan kode HTML alhasil tidak paham sampai sekarang hehehehe jadi kembali fokus nulis lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang asyik tapi susah ya mas kalau udah ngopeni HTML. hehee

      Delete
  10. itu tu mas, sering otak atik template blog yang terkadang membuat bingung untuk menulis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee mau gimana lagi masih suka-sukanya edit template mas belum bosan juga nih..

      Delete
  11. saya juga termasuk kayaknya nih mas.hehe

    ReplyDelete
  12. no 1 saya gk pernah mengalami

    kalau no 2 dan 3 saya banget. saya suka ngotak ngatik template di blog, hingga blog saya suka bergunta ganti thema dan membuat pengunjung bingung wkwkwk
    game online pun saya suka apalagi main coc sampai lupa waktu hahaha

    ReplyDelete
  13. Kalau saya malah no 1, karena awam sekali tentang seo. ngutak atik ga pernah ketemu rumusnya, harus minta copian algoritma google kali ya heheh ;)

    Buyar lagi nulis teralihkan ke seo, percuma banyak nulis kalau ga masuk google, sering terpikirkan dalam hati.

    ReplyDelete
  14. Dulu saya juga pernah merasakan kecanduan main game online, seperti PB dll. Tapi sekarang bisa sedikit mengurangi hal-hal tersebut. Tapi tetep aja, kalau lagi sibuk di luar, blog jadi terbengkalai

    ReplyDelete