Menulis apa adanya dan mengetahui cara memolesnya agar tetap enak dibaca serta enak dirasa


Bas-studio.com - Menulis adalah aktivitas wajib bagi setiap blogger, karena dengan tulisan blog dapat berjaya. Namun, sebagian blogger mengalami masalah dalam menulis. Bagi mereka yang mengutamakan niche blog (blog dengan satu topik tertentu) yang didasari minimnya pengetahuan akan niche tersebut tentu mengalami kesulitan, karena harus mencari referensi terlebih dahulu setiap kali mau menulis. Apalagi kalau sampai memaksakan diri membuat blog niche yang sama sekali tidak dipahami, bisa-bisa hanya lembaran kosong yang dipublish setiap harinya. Hanya karena ingin memiliki blog yang WAH terpaksa harus merasa tidak nyaman menulis. Kalau memang benar-benar mampu membuat blog niche, itu justru lebih baik. Tapi jika dirasa kurang mampu, alangkah sebaiknya membuat Blog Campur Sari saja, itu lebih mudah dan nyaman karena kita bisa menulis apa saja yang enak-enak.

Menulis Yang Paling Enak
orang menulis

Menulis apa yang paling enak?
Ada beberapa faktor yang memudahkan kita dalam menulis jika saja mau mengambilnya, sehingga kita dapat menulisnya dengan enak dan nyaman. Diantaranya sebagai berikut :

1). Menulis sesuai profesi
Diantara salah satu menulis yang paling enak adalah menulis sesuai profesi, karena kebanyakan orang memahami profesi yang dilakoni. Misalnya saja profesi anda sebagai fotografer, tentunya sedikit banyak anda memahami tentang fotografi, maka tulislah segala sesuatu tentang fotografi yang anda pahami. Atau misalnya anda adalah seorang guru, tentunya anda memahami soal pendidikan, maka tulislah segala sesuatu tentang pendidikan yang anda jalankan. Begitu juga dengan profesi-profesi lainnya, dan menulis yang paling enak sebagai blogger biasanya adalah menulis tentang blogging.

2). Menulis pengalaman
Diantara menulis paling enak yang lainnya adalah menulis pengalaman atau semacam cerita, karena setiap orang pasti memiliki pengalaman yang berbeda dan tentunya mudah untuk menceritakannya. Misalnya saja pengalaman tentang cinta, tuliskan kisah terindah masa-masa bersamanya dan jika mengalami kegagalan dalam bercinta, anda bisa menceritakan juga tragedinya. Atau misalnya kebetulan anda mempunya pengalaman yang unik, lucu, mengagumkan dan lain sebagainya.

3). Menulis apa saja
Sebagian blogger ragu menulis apa yang ada dipikirannya karena takut tidak bermutu, tidak bermanfaat dan lain sebagainya. Padahal jika kita tahu, menulis yang paling enak adalah mengikuti kata hati, ketika ada unek-unek apa saja di dalam hati dan muncul sebuah ide dalam pemikiran di situlah peluang enak sebenarnya buat kita untuk menulis. Adapun berkualitas tidaknya tulisan tergantung bagaimana kita merangkainya. Tulislah apa saja yang ada di dalam pikiran kita, karena pikiran itulah yang bisa menumbuhkan ide baru dan merupakan sumber terbesar pasokan kita untuk menulis. Tidak perlu ragu merangkaikan kata apa yang kita ketahui.

Intinya, menulis yang paling enak adalah menulis yang tidak dibatasi. Artinya menulis apa saja baik sesuai profesi, pengalaman, pengetahuan dan lain sebagainya yang sekiranya itu memudahkan kita dalam menulis.

Lalu bagaimana agar tulisan tetap enak dibaca dan enak rasanya?
Disamping menulis dengan enak (apa adanya) kita pun harus berusaha agar tulisan kita tetap enak dibaca dan enak rasanya (bermutu). Meskipun tulisan kita sederhana, usahakan ada "apa" di dalamnya, artinya penjelasan tentang sesuatu agar si pembaca bisa memahami tulisan kita dan "bagaimana", artinya pemberian solusi atau motivasi agar si pembaca bisa mendapatkan manfaat dari tulisan kita. Saya kira itu saja sudah cukup untuk memoles tulisan kita supaya enak dibaca dan enak dirasa. Dan jangan lewatkan yang satu ini : Rintangan Ngeblog Harus Dihadapi 


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

15 comments:

  1. Apasajalah saya mah tulis tulis aja :D

    ReplyDelete
  2. siap lksnakan mas budi ... :)

    ReplyDelete
  3. kalau saya enaknya menulis apa aja... ngelantur tapi banyak tulisannya hahaha

    ReplyDelete
  4. yang paling enak menurut saya nulis pengalaman mas :D

    ReplyDelete
  5. Kalo mengulas profesi mungkin terbatas, yg penting dapet ide, udah bersyukur.. :-bd

    ReplyDelete
  6. yang penting jangan unsur sara mas,,, dan merugikan banyak pihak,,, hehe

    ReplyDelete
  7. kalau menurut saya yg paling enak ya menulis sesuai kata hati seperti poit 3 itu mas

    ReplyDelete
  8. Menulis berdasarkan pengalaman itu lebih enak dan nyaman soalnya sudah tahu apa saja yang dilakukan dan dirasakan sesudah itu hehehe

    ReplyDelete
  9. sesuai profesi wajib bagi saya,soalnya kan saya pedagang,tapi untuk curhat saya lebih suka nulisnya di note hp.soalnya malu kalo ketauan nya.hehe

    ReplyDelete
  10. Emang paling enak nulis sesuai passion, berasa ga ada beban. XD

    ReplyDelete
  11. bener sekali mas budi, menulis campur sari itu enak banget tinggal buat judul yang wah trus poles dikit dech isinya...pasti asik

    ReplyDelete
  12. Menulis yang paling enak itu ada kopinya mas. Pasti lancar deh. he,, he,, he,,,

    ReplyDelete
  13. haha palling enak nulis itu ya sambil ngopi + lagu :D

    ReplyDelete
  14. makanya saya pilih gado-gado blog dulu buat belajar blogging..
    biar enak

    ReplyDelete