Tari bela diri (tari jaipong) dalam pagelaran seni budaya reog ponorogo


Bas-studio- Mungkin anda baru dengar kali ini tari bela diri, sebuah tari yang dimainkan oleh beberapa gadis cantik crew seni budaya reog ponorogo dengan gerakan-gerakan pencak silat itulah kenapa saya sebut sebagai tari bela diri. Mungkin lebih tepatnya ini adalah tari jaipong, tapi tidak ada salahnya jika sesekali ini kita sebut dengan tari bela diri.

Tari Bela Diri Seni Reog Ponorogo

tari jaipong

Tari Bela Diri

tari jaipong

Tari Bela Diri

Tari ini dimainkan dalam pagelaran seni budaya reog ponorogo yang digelar di desa sedayu lawas (brondong-lamongan-jawa timur) minggu 1 pebruari lalu, sebagai hiburan awal untuk para pengunjung yang menanti serunya pertunjukan reog yang akan dimainkan oleh para warok.


Anda belum pernah melihat dari dekat pertunjukan seni budaya reog ponorogo? Lihat di sini -

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

60 comments:

  1. reog ponorogo ada tarian beladirinya ya, namanya hampir sama dengan jaipongan jawa barat ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda dong, sama menariknya cuma beda sensasinya

      Delete
    2. sensasi yang bagaimana nih mas zach?? hehee

      Delete
    3. ntar dulu ya, mo liat penarinya dulu yang lagi tampil tuh

      Delete
    4. kang balik dulu sana
      dicari istrinya tuh

      Delete
    5. mending diajak aja istrinya sekalian ke sini mas. hehee

      Delete
  2. saya jadi ingat dadak merak. keren, megah dan udah pasti mahal ya kan Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betulah mas, pastinya mahal banget..

      Delete
    2. iya ditempat saya namanya juga dadak merak mas

      Delete
    3. kalau dadak di tempat saya itu getah mas. hehee

      Delete
  3. Jadin ingat kisah sejarahnya Reog Ponorogo nih.... lahir dari protes kepada Sang Raja Majapahit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di samping unik, reog ponorogo ini seni budaya yang bersejarah ya mas..

      Delete
  4. unik sekali ya mas , kalau di daerah saya untuk seni pencak silat biasa di mainkan oleh laki-laki, :D

    ReplyDelete
  5. wahhh penari reog ponorogo nya pada bahenol yah wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..macam2..Cinta..!,, bisa dibanting.. nda ada yg tulongin..hehehe

      Delete
    2. hahaa mas ainul dan mas al pada lagi kemecer nih

      Delete
    3. ini lagi kenapa aja mas ainulnya. hahaa

      Delete
  6. Sayang loh mas gak di buat videonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih sayangnya lagi saya belum punya shoting untuk pengambilan videonya mbk, ini foto aja pake kamera butut..

      Delete
  7. Kok fotonya dari samping & belakang semua? Yang depan mana..
    Pernah belajar jadi warok dulu, wahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee ini aja dari bawah sambil duduk, soalnya kalau berdiri dan muter-muter takutnya mengganggu pandangan penonton yang di belakang mas..

      Delete
  8. Yang sering saya tonton adalah SENI REOG PONOROGO nya aja, Dari TV swasta dan Youtube. aja. Belum pernah datang dan liat langsung pertunjukan SENI ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kebetulan aja ada pertunjukan seni reog ponorogo di desa sebelah tempat tinggal saya mas, langsung aja deh saya ikutan nrobot. hehee

      Delete
  9. diperhatiin ini motretnya sambil nungging ya kang, kok yang jelas kliatan betisnya para penari bela diri reog ponorogonya aja itu sih...pinteran deh ih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajar motret ala fotografer beneran kang, sesekali gak apa nonjolin betis biar lebih bersensasi gitu. hehee

      Delete
  10. saya belum pernah lihat langsung reog ponorogo itu mas ...
    hanya sekali-sekali di media internet dan televisi saja ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pasti lebih berasa dan lebih seru jika bisa lihat secara langsung, semoga saja kapan-kapan pertunjukannya muter ke tempat tinggal mas ya

      Delete
    2. iya mas saya penasaran ingin melihat pertunjukkannya secara live didepan mata nih ...

      Delete
    3. tapi jangan ngiler ya mas nya kalau itu mbk-mbk udah ada di depan mata. hehee

      Delete
  11. Ah. Kampung halaman saya itu, Mas. Sering lihat dulu. :D
    Salam kenal juga ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini nih waroknya, hehee sama-sama mas..

      Delete
  12. seni budaya asli indonesia, lihat fotonya seru ya sangat menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk, harus dijaga dan dilestarikan itulah kenapa pagelaran reog ponorogo ini digilir dari daerah ke daerah lain..

      Delete
  13. Budaya indonesia memang kaya gan, semoga tidak dicaplok negara luar ya...ayo lindungi budaya indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, jangan sampai reog ponorogo ini digondol kucing garong..

      Delete
  14. yang pernah mau du klaim oleh negara lain tuh,,, ayo pertahankan hak kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, mudah-mudahan posting ini juga bisa bertahan dan gak digondol orang. hehee

      Delete
  15. seni tari reog ini memang punya daya tari tersendiri mas.tp sayangnya cuman sedikit banget pemuda dan pemudi yg belajar tarian tradisional.katanya kuno.
    padahal ini salah satu budaya bangsa yg patut diapresiasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi sepertinya pagelaran reog yang kemarin ini pemainnya muda mudi mas, mudah-mudahan meraka adalah bagian dari perekrutan generasi baru dalam rangka melestarikan budaya bangsa kita yang satu ini..

      Delete
    2. semoga semakin banyak anak muda yg menyukai seni ini mas

      Delete
  16. menarik ya mas,setuju juga sama mbak susi kayaknya kalau di buat viseo lebih seru mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk tapi harus bagaimana lagi saya belum punya shoting. hehee

      Delete
  17. Replies
    1. belajar nari ya? sini tak ajarin. hehee

      Delete
  18. jadi unik kalau dikombinasikan ya mas,, ada tarinya ada bela dirinya juga.. apalagi jika menggunakan reognya.. tambah unik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah kenapa saya coba buat postingan yang unik-unik seperti ini. hehee

      Delete
  19. Replies
    1. wah ada yang lagi konsentrasi penuh nih. hehee

      Delete
  20. yg dateng pada konsen sama penarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kelihatannya emang begitu termasuk saya juga. hehee

      Delete
  21. Indah dan menarik kalau menyaksikan langsung ni....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya di sini cuma bisa lihat gambarnya aja ya mas. hehee

      Delete
  22. Kesenian sekaligus bela diri, ini yang seharusnya ada setiap kesenian tradisional ya mas kalau bisa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. la mbk-mbknya itu bisa gitu kok mas, hehee ada seni tarinya ada juga seni bela dirinya

      Delete
  23. seni budaya yang harus dilestarikan

    asyik juga kalo bisa menyaksikan langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini juga termasuk salah satu cara kita melestarikan seni budaya kan mas. hehee

      Delete
  24. wah saya baru tahu nih tentang Tari Bela Diri Seni Reog Ponorogo. keren juga tarian bisa juga diselingi dengan seni beladi diri.

    visit back..

    ReplyDelete