Reog Ponorogo - Foto foto pagelaran seni budaya reog ponorogo


Bas-studio - Seni budaya reog ponorogo dikenal karena keunikannya. Bidang berukuran kurang lebih 2x2,5m yang dihias bulu merak (asli) dan kepala singa (buatan) dengan bobot yang cukup berat ini dimainkan oleh satu orang saja. Tidak cukup dipikul di atas kepala, seni reog ponorogo ini juga mempunyai gerakan-gerakan tari yang cukup unik diantaranya berguling-guling dan berjungkir balik dengan beban bidang reog tetap berada di atas kepala. Berikut :

Foto Seni Budaya Reog Ponorogo 

Reog Ponorogo

Reog Ponorogo

Reog Ponorogo

Reog Ponorogo

Reog Ponorogo

Reog Ponorogo

Reog Ponorogo


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

40 comments:

  1. Wah, ramai sekalai reog ponorogonya mas.... ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, ribuan pengunjung dari beberapa desa se tempat datang menyaksikan pagelaran reog ponorogo ini

      Delete
  2. sangat indah kesenianReog Ponorogo ini jika pengambilan sudut fotografinya pas hingga saya yang menikmatinya jadi terasa sedang live nonton kesenian yang telah terkenal ke manca negara ini deh

    ReplyDelete
  3. ko loadingnya berat mas? mungkin pengaruh resolusi photonya ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. khusus untuk yang ini emang sengaja saya beri resolusi yang agak besar mas, sayang kalu foto reognya pake ukuran kecil dan terlihat pecah..

      Delete
    2. mungkin kouta internet saya mau habis saja mas, sehingga tersendat-sendat buka halaman ini ... :(

      Delete
  4. indonesia memang kaya akan budaya salah satu di antaranya adalah reong ponorogo ini. saya kepengen banget lihat tarian ini secara langsung tp mau gimana lg wilayah saya jauh. gan
    salam blogwalking...

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru banget deh mas kalu bisa lihat langsung dari dekat, emang tempat tinggalnya di mana?

      Delete
  5. Tu, dua, tiga..... jumlah semua reognya ada tujuh ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya ada banyak sih mbk, kalau gak salah ada 14 reog, foto di atas saya ambil dari sebagian sisi saja..

      Delete
  6. Yang nangkring di kepala Barong itu siapa yah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee itu si cantik gadis desa se tempat mas..

      Delete
  7. wah tu mbak yang naik di atas berani ya, ndak takut jatuh heehee

    ReplyDelete
  8. Terakhir kali liat reog ini pas ada acara pemilihan Dprd yang lalu.. soalnya ada atraksi dari reog khas ponorogo yang diundang datang untuk memeriahkan acara... kuat sekali ya yang megang reognya. katanya yang main reog ini kesurupan jin, jadi giginya kuat mengangkat reog.. benar gak tuh mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal ini saya kurang tau mas tapi yang jelas mereka adalah pemain terlatih. dan setau saya sebelum reog dipakai ternyata di dalam bagian kepala singa ada pengamannya semacam helm dan sabuk pengikat, sehingga tetap bisa menempel di kepala meski tidak di pegang dan mereka kuat menahannya karena memang sudah terlatih..

      Delete
  9. reog ponorogo memang unik ya mas beda dari yang lainnya.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mbk, seni budaya reog ponorogo memang sangat unik..

      Delete
  10. itu beneran mas budi yang shooting photonya ? kok bagus sih.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya iyalah mbk masa tidaklah, siapa dulu yang motret. hehee

      Delete
  11. JEpretan fotonya Indah. Terang dan jelas
    Kalau ikut lomba FOTO Budaya Nusantara, wah bisa menang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa lagi yg jd jurinya om asep ya

      Delete
    2. kurang PD lah mas saya kalau ikut lomba foto, gak tau lagi kalau mbk susi yang ikutan lomba. hehee

      Delete
  12. pasti meriah acaranya...penontonnya banyak

    itu yang mainkan reog luar biasa kekuatan lehernya, bisa ngangkat kepala singa yang besar dan berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk meriah banget,, dan pemain reog ini disamping luar biasa mereka juga biasa di luar mbk. hehee

      Delete
  13. keren sekali kang untuk fotografinya, pas bener deh :D . itu yang mbak di gendong emangnya gax takut jatuh ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee, mbk yang digendong sedang uji nyali mas, kadang teriak-teriak pas diajak menari

      Delete
  14. weh kren sekali, saya belum pernah lihat asli lho, hahaha

    ReplyDelete
  15. Edunnn jika dipikir pikir pemain reog ponorogo ini sakti sakti yah bisa memikul beban seberat itu dengan seorang diri pake kepala lagi :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba deh kalau mas ainul yang memikul reog, gimana jadinya. hehee

      Delete
  16. salah satu seni budaya indonesia khususnya jawa timur ini memang punya gaya yg khas yamas.
    samapai2 pernah diaku sama negara tetangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas bukan istri tetangga ya mas. hehee

      Delete
  17. berat juga tuh ya mas. saya juga pernah melihat pertunjukan reog ponorogo sekali di tempat saya.

    ReplyDelete
  18. reog ponorogo ini sudah mendunia, warisan budaya yang harus dilestarikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas, dengan adanya pagelaran keliling seni reog ponorogo ini diharapkan tetap dapat lestari sepanjang masa..

      Delete
  19. Menarik fotonya mas, sayang loading jadi semakin berat aja ni jadi harus nunggu lama untuk membukannya. Reog Ponorogo memang sudah terkenal, bahkan sudh mendunia, jadi perlu di jaga dan dilestarikan budaya asli bangsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf mas atas ketidaknyamanannya di halam ini, soalnya kalau fotonya dikecilkan nanti malah gak jadi menarik. hehee

      Delete