Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menemukan dan menumbuhkan ide baru dalam menulis di blog


Bas-studio.com - Diantara salah satu kendala yang paling sering dialami oleh seorang blogger dalam kegiatan sehari-harinya adalah menciptakan ide-ide baru untuk menulis di blog mereka. Seorang blogger sering kali kehabisan ide untuk menerbitkan sebuah artikel baru di blognya, hampir semua blogger mengalaminya dan ini merupakan hal yang wajar saja. Coba kita bayangkan, bagaimana mungkin dalam satu bulan penuh seseorang yang pekerjaan setiap harinya selalu menulis itu tidak kehabisan ide? mungkin satu bulan penuh bisa lancar tapi bagaimana dengan setahun dan belum lagi bertahun-tahun, tentu ini merupakan hal yang wajar.

Mencari Ide Menulis Di Blog

Mencari Ide Menulis Di Blog

Jadi, apa yang kita lakukan disaat mengalami hal seperti ini?

Tentu saja kita harus mencari dan menumbuhkannya 

Ada beberpa Penyebab Macetnya Ide Menulis yang bisa menghambat aktivitas seorang blogger, tapi itu biasanya hanya bersifat sementara. Hilang muncul lagi, habis dan datang lagi itu sudah biasa. Yang luar biasa di sini adalah ketika kehabisan ide menulis dan tidak menemukan ide baru untuk selanjutnya atau selama-lamanya, ini bener-bener luar biasa. hehee

Untuk Menumbuhkan Ide Baru Menulis Di Blog kita bisa mencoba beberapa hal berikut ini :

1). Refreshing
Sebagaimana komputer yang nyala seharian penuh dipakai untuk ngeblog akan ada beberapa komponennya yang sangat panas, misalnya saja prosesornya, dan jika ini dipaksa secara berlebihan maka bisa berakibat buruk, yakni bisa mengalami kerusakan yang fatal. Begitu juga dengan otak kita yang dipakai berpikir untuk menulis terus menerus atau berlebihan tentu akan merasa lelah dan bahkan tidak bisa berpikir lagi. Dan disaat seperti itulah biasanya ide menulis itu mulai macet, agar otak kita bisa kembali berpikir jernih dan menemukan ide-ide baru untuk menulis maka kita perlu beristirahat, refreshing, mencari udara segar dan lain sebagainya.

2). Membaca
Macetnya ide menulis terkadang juga disebabkan oleh keterbatasan wawasan yang kita miliki. Banyaknya menerbitkan artikel hasil dari karya sendiri sedangkan wawasan kita pas-pasan juga bisa saja menyebabkan kita tidak menemukan ide baru. Maka kita bisa memunculkan ide-ide baru itu untuk menulis di blog dengan membaca-baca, bisa baca buku, baca koran, baca artikel milik teman-teman blogger dan lain sebagainya. Sebagaimana membaca itu sama halnya membuka jendela dunia yang artinya dengan banyak membaca bisa menambah pengetahuan serta wawasan kita.

3). Menulis
Lho, kok malah menulis? padahal kita kehabisan ide untuk menulis itu kan karena banyak menulis? Iya, hilangnya ide itu biasanya karena terlalu memaksakan diri untuk menulis atau berlebihan dalam menulis. 

Menulis yang dimaksud di sini adalah menulis secara teratur, artinya tidak terlalu berlebihan dan tidak juga terlalu lama berhenti menulis. Ketika berlebihan menulis biasanya suka kehabisan ide dan ketika terlalu lama berhenti menulis biasanya suka gak nyambung alias bingung apa yang mau ditulis. Jadi, biasakan dan perbanyaklah menulis secara teratur karena menurut pengalaman saya itu Banyak Menulis Banyak Ide hehee    


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

20 comments:

  1. Ketiga point di atas bial di lakukan seperti air yang mengalir dan enjoy, bisa dikembangkan menjadi sebuah tulisan yang banyak loh mas. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul banget Mas Indra
      dasar Mas Indra senior sih

      Delete
    2. iya, saya juga banyak belajar dari mas Indra ni mas Zach

      Delete
  2. kalo refreshing memang jadinya kita seger dan banyak ide ya Mas
    asyik bangeeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi abis mandi suegernya pool. hehee

      Delete
  3. ngopi dulu yuk Mas, siapa tau ini juga namanya refreshing. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kopi emang selalu ada di samping saya mas. hehee

      Delete
  4. wahhh ternyata simple juga yah cara menumbuhkan ide baru menulis blogg itu akan tetapi kalo saya mah agak bedaaan dikit kalo saya mah kalo udah buntu suka bloggwalking dan menyaring komenrat yang ada di blogg saya dengan itu saya dapat ide baru untuk poasting mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu masuk pada kategori membaca mas, yakni membaca artikel atau kmentar..

      Delete
  5. perlu diterapkan juga nih triknya mas,kalau saya lg kehabisan ide sih biasanya cuman blogwalking keblog2 yg bersahabat karena lewat komentar biasanya malah ada ide baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini juga masuk pada kategori membaca mas, yakni membaca komentar teman-teman yang ada di sana

      Delete
  6. kalau aku kebanyakan refresing, idenya jatuh lagi dijalan hehe.. trims ya selalu dapat ilmu bila singgah disini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cuma idenya yang jatuh sih gak apa mbk ntar juga bakal balik lagi asal jangan kaca matanya aja yang jatuh. hehee

      Delete
  7. sy kadang suka binggung mas.. ide nulis seringnya dateng pas mau tidur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalau yang ini masuk kategori refreshing, yakni pada saat beristirahat gitu. hehee

      Delete
  8. ajiiiip mas baca-baca di atas menumbuhkan kembali inofasi baru dalam fikiran saya :D terimakasih dan slam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee sama-sama salam kenal balik mbk..

      Delete
  9. setuju banget, refreshing itu obatnya kalau kehabisan ide ngeblog hehehe

    ReplyDelete
  10. ini ni yang membuat blog bisa mati suri kalau kehabisan ID menulis :D , selama ini saya biasanya melakukan BW mas untuk mendapat ID-id menulis

    ReplyDelete