Blogwalking

Bas-studio.com - Dalam blogging ada istilah blogwalking yang artinya jalan-jalan dari blog satu ke blog yang lain.

Blogwalking merupakan tradisi blogger sejak zaman nenek moyang terdahulu, dan juga merupakan salah satu trik SEO yang cukup ampuh dalam optimasi blog. Dimana SEO merupakan bagian terpenting dalam aktivitas blogging, silahkan lihat Pentingnya SEO Dalam Optimasi Blog

Bagi anda yang pemula, mungkin masih ada yang belum tahu bagaimana caranya blogwalking. Sebagaimana pengalaman pribadi saya ketika pertama kali memiliki blog, belum tahu apa itu blogwalking dan bagaimana cara melakukannya.

Berikut ada beberapa tips blogwalking untuk pemula yang mungkin bisa anda coba :

1). Mencari Blog
Ini bisa dilakukan dengan coba mengetik kata kunci apa saja di halaman pencarian google, kemudian klik salah satu hasil dari pencarian di halaman google hingga anda masuk ke blog yang memposting kata kunci tersebut.

2). Berkomentar
Bacalah artikelnya dan cari halaman komentarnya, kemudian berkomentarlah di sana. Ingat, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikelnya ! Ini bertujuan untuk pengenalan diri sekaligus dengan harapan agar blog anda mendapat kunjungan balik dari admin blog tersebut.

3). Follow
Agar jalinan antar blogger terasa lebih hangat sebaiknya anda memfollow / mengikuti blog tersebut, tapi jangan meminta untuk difollback. Dengan berkomentar yang baik dan memfollow blog tersebut, maka adminnya akan merasa dihargai dan  senang melihatnya karena Follow Blog Layaknya Penghargaan. Sehingga tidak menutup kemungkinan dengan kesadarannya ia akan berkunjung balik dan memfollow blog anda.

4). Kunjungi Komentator
Setelah menemukan satu blog, berkomentar dan memfollownya jangan lupa kunjungi juga beberapa komentator yang ada di sana atau bila perlu kunjungi semua komentatornya dan lakukan hal yang sama. Ini bertujuan agar kita mendapatkan banyak teman dari blogger yang ada di seluruh penjuru dunia maya. Silahkan lihat juga bagaimana Memperbanyak Visitor Blog Dengan Jalan-Jalan        


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

22 comments:

  1. Point ke empat yg keliatannya efektif ya mas, sekali dayung dua tiga pulo terlampaui :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju juga dengan apa yang Mbak Susi Katakan dan sampai saat ini saya selalu berusaha semampu saya untuk bisa mencapai pada point post ini ke no 4. jika perlu semua point saya support :)

      Delete
    2. Kaya Mas Wong sama Mas Budi yah..? kalau saya gimana coba?

      Delete
  2. pas buat saya yg mash pemula mas budi ,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Contohnya kaya saya yang masih pemula ya Mas Fiu..?

      Delete
  3. perlu saya terapin nih mas
    agar aq punya banyak temen

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyah mang kudu segera di terapin tips bw di tas itu tuh...jangan cuman diem bae di rumah.

      Delete
    2. Apalagi buat Blog saya Mas Yanto + Mang Lembu
      Perlu sekali tips nya Mas Budi ini,, sueeer hh :-d

      Delete
  4. tipsnya mantep mas,cocok buat nubi seperti sya :D

    ReplyDelete
  5. Setuju dan saya sangat sepakat apa yang di tulis pada artikel Mas Budi ini, karena saya merasa blogging pemula maka blogwalking sering saya lakukan agar banyak teman dan banyak follower blog juga Google +. makasih atas Tips nya Mas Budi *senyum :)

    ReplyDelete
  6. betul banget, ini tips yg harus dijalankan

    ReplyDelete
  7. Kebetulan saya ini seorang newbie gan jujur ini tips blogwalking nya sangat membantu sekali dan bagian yang follow yang selalu saya lupa hehe maklum saya pelupa gan jadi saya izin Follow blogg nya agan deh yah tapi tombol follow nya di mana coba ?

    ReplyDelete
  8. Mencari blog yang aktiv dalam blogwalking gan

    ReplyDelete
  9. waduh...belakangan ini saya jarang sekali blogwalking, pantes saja pengunjung blog saya berkurang. pengennya sih aktif mas, tapi keadaan tidak mengijinkan :)

    ReplyDelete
  10. Waduh terimakasih tricknya mass ...

    ReplyDelete
  11. salah satunya loading cepat juga membantu sekali ketika pengunjung berselancar di blog anda dan bisa membuat mereka berlama-lama gan. selebihnya saya setuju dengan pendapat anda. sederhana, namun ini banyak dilupakan orang. mereka lebih disibukkan mencari backlink, bukannya menyajikan keutamaan untuk pengunjung mereka. makasih atas pencerahannya. salam sahabat blogger.

    ReplyDelete
  12. kalau bisa bikin hubungan dengan komentator melalui sosial media, karena dengan begitu kita juga bisa dapat keuntungan melihat perkembangan yang dimiliki admin suatu blog. ok makasih pencerahannya gan

    ReplyDelete
  13. Kunjungan rutin Mas Budi, sambil Blogwalking dengan seyia saya terus berusaha belajar berbagi, agar pemula seperti saya bisa lebih pengertian dalam blogging terutama. tentang membalas komentar teman yang berkomentar, dan blogwalking juga saling follow blog dan lainya juga seputar blogger ya Mas Budi..?

    ReplyDelete
  14. selamat Pagi Sob, untuk Point yang ke empat itu sering sekali saya lakukan dan itu terbukti efektif untuk menambah pengun jung dari blog lain ke blog kita...

    ReplyDelete
  15. Tips-tips di atas sudah saya terapkan mas hehehe

    ReplyDelete
  16. saya kira untuk nomor satu perlu ditambahkan, yakni mencari blog, dan berteman dengan admin nya juga dengan cara saling follow satu sama lain. Dengan begitu maka akan mempermudah dalam berkunjung dan berkomentar. Soalnya kalau nggak saling follow, bisa lupa alamat url nya :)

    ReplyDelete