ide menulis

Bas-studio.com - Ide menulis merupakan modal pokok bagi seorang penulis, terutama bagi seorang blogger yang setiap saat aktivitasnya adalah menulis. Dulu saya pernah berpikir, bagaimana bisa seorang blogger terus menulis dari hari ke hari, bulan ke bulan dan bahkan tahun ke tahun. Apa nantinya tidak kehabisan ide untuk menulis? Silahkan lihat dulu Penyebab Macetnya Ide Menulis

Ternyata apa yang saya pikirkan itu salah, karena ide menulis akan selalu muncul jika beberapa hal di bawah ini dilakukan :

1). Banyak Membaca
Ibarat sebuah cangkir, jika cangkir itu di isi maka ada kemungkinan untuk dituangkan. Beda halnya dengan cangkir yang kosong, apa yang harus dituangkan kalau memang tidak ada isinya. Begitu juga membaca, dengan banyak membaca itu berarti menambah banyak pengetahuan dan ketika memiliki banyak pengetahuan maka banyak juga yang bisa dituangkan, artinya banyak yang bisa ditulis.

2). Sering Menulis
Ibarat cangkir yang sudah penuh tapi tidak pernah dituangkan, maka tidak bisa diisi dengan yang baru. Beda halnya ketika cangkir yang penuh itu sering dituangkan, maka akan selalu ada ruang untuk yang baru. Begitu juga menulis, dengan sering menulis akan selalu datang ide yang baru untuk menulis. Silahkan baca juga bagaimana Agar Artikel Kita Enak Dibaca

Dua poin di atas merupakan hal yang saling berkaitan, dan inilah yang saya rasakan. Ketika lama tidak menulis rasanya begitu susah untuk mendapatkan ide-ide yang baru, dan untuk memulainya saya awali dengan banyak membaca. Ketika membaca saya temukan satu ide untuk menulis dan ketika terus menulis maka datanglah selalu ide-ide yang baru. Coba simak juga Pinter Karena Jadi Blogger

Intinya datangnya ide menulis itu dari membaca dan akan selalu mengalir ketika sering menulis


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

13 comments:

  1. banyak membaca tentunya, juga pengalaman pribadi atau orang lain bisa menjadi inspirasi tulisan kita.. poin diatas adalah dasar artikel, keren nih aku lagi macet buat tulisan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yach, mudah-mudahan lancar kembali ya mbk nulisnya...

      Delete
  2. SERING DENGER RADIO JUGA KADANG SY MUNCUL IDE ,,,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah boleh juga itu mas. tapi ini pengalaman saya aja, kalau dengerin radio sih belum pernah..

      Delete
    2. coba mas dengerin radio ,,,, hehe

      Delete
  3. Hehe kalo saya habis belanja ide2 nulis dapat satu dua:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini lebih seru lagi deh mbk, kalau gitu diperbanyak aja belanjanya. hehee

      Delete
  4. setidaknya banyak membaca blog temen2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, dengan begitu ide menulispun bisa datang tanpa diundang. hehee

      Delete
  5. Seiring dengan proses dimana kita harus menentukan suatu ide, disitulah otak kita dilatih untuk se-kreativ mungkin membuat suatu tulisan bahkan membuat suatu gambaran sekalipun.

    haha... salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini nih pencetus ide-ide baru untuk menulis. hehee

      Delete
  6. Asyik dapat tips biar gak kehabisan ide nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau mas Zain sih gak bakalan pernah kehabisan ide..

      Delete