Perekam Terhandal

Bas-studio.com - Bila ada kata REKAM maka pemikiran kita pada umumnya adalah cenderung ke shooting, rekaman lagu, kamera, sutradara dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kameramen dan akting.

Pada hakekatnya semua orang mampu merekam baik dengan alat sederhana maupun modern. Apalagi di era digital seperti saat ini, anak-anak yang baru duduk di bangku PG sudah mengenal alat perekam.

Dalam tulisan ini, saya tidak membahas masalah perekaman yang umum pada saat ini. Namun yang saya maksud dengan rekam di sini adalah proses penyerapan, pengambilan dan peniruan tentang apa yang terjadi di sekitar kita. Mungkin dari segi makna, rekam tidak berarti seperti itu, namun saya mengambil kesimpulan bahwa rekam itu memiliki hasil yang sama dengan apa yang direkam.

Kita sering lupa bahkan tidak menyadari bahwa di sekeliling kita banyak perekam handal. Karena ketidak tahuan kita, maka kita suka berbuat sekehendak hati tanpa memikirkan resikonya.

Tidak hanya pada jaman sekarang, bahkan dari dahulu para perekam tersebut sudah mengelilingi kita dan dengan lihainya mereka mampu meniru kebiasaan kita.

Nah, siapakah perekam terhandal tersebut?

Mereka adalah anak-anak, mereka itulah perekam terhandal di dunia. Mereka akan cepat bisa meniru apapun yang terjadi di sekitar kita. Tanpa kita sadari apapun yang terjadi dengan anak-anak sekarang adalah hasil dari rekaman mereka. Kita tidak bisa menyalahkan mereka seratus persen karena mereka hanya meniru adegan-adegan yang terjadi di lingkungan mereka. Bila anak tersebut hidup di lingkungan yang damai, maka akan tumbuh menjadi manusia yang cinta dengan kedamaian pula, begitu juga sebaliknya jika mereka hidup di lingkungan yang penuh dengan kekerasan maka akan menjadi orang yang brutal.

Untuk menjadikan dunia yang lebih baik, marilah kita menginstropeksi diri. Jadikanlah diri kita sebagai figur yang baik untuk anak-anak kita, karena anak-anak adalah perekam terhandal di dunia. Baca juga Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Masa Kini 


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

2 comments:

  1. Anak anak memang begitu. Mereka memiliki Processor tercanggih. Kapasitasnya besar sekali. Mengingat dan daya ingat mereka luar biasa. Jangan coba coba memberi janji kepada anak anak. Misalnya jani belikan kue. Janji belikan permen. Dll. Janji apa pun akan ditagih sama anak anak. Yang sudah punya anak pasti tau.

    ReplyDelete
  2. Salam Mas Budi,, wah artikelnya bisa menambah wawasan baru buat saya mas
    memang daya ingat dan aqiu anak2 sangatlah peka, maka dari itu kita sebagai
    orang tua hauslah memberi cnth yg posiif

    ReplyDelete