Merawat Blog

Bas-studio.com - Blog juga layaknya makhluk hidup, yang terkadang sehat dan terkadang juga terserang penyakit. Dan ketika penyakit telah menjangkiti blog maka akan mengganggu kesehatan dan menghambat pertumbuhannya, oleh karena itu merawat blog agar tetap sehat sangatlah penting.

Agar bisa merawat blog dengan baik, terlebih dulu kita harus mengenali penyakit-penyakit blog yang bisa menyerangnya kapan saja. Lihat Beberapa Penyakit Blog dan selanjutnya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam merawat blog agar tetap sehat diantaranya adalah sebagai berikut :

1). Perhatikan Loading Blog
Kita bisa memeriksa loading blog di developers.google.com. Ketika hasil tesnya menyatakan warna merah itu berarti loading blog kita sangat berat, dan warna kuning artinya lumayan sedangkan warna hijau itu berarti seger waras alias sehat yang diasanya ditandai dengan angka kecepatan mencapai 85 / 100 ke atas. Usahakan kecepatan loading blog kita stidak-tidaknya mencapai warna kuning dan jangan sampai merah dengan memperhatikan saran-saran yang telah diberikan misalnya dengan memperkecil java script, mengoptimalkan gambar atau bisa dengan mengurangi widget-widget yang tidak penting dan lain sebagainya.

2). Perhatikan Broken Link
Broken link (link rusak) juga merupakan penyakit yang bisa menghambat pertumbuhan blog. Kita bisa memeriksanya di brokenlinkcheck.com. Dan ketika hasil tesnya menyatakan bahwa blog kita memiliki broken link yang sangat banyak berarti blog kita kurang sehat dan itu berarti berpotensi menggangu pertumbuhan blog yang kita elus-elus setiap hari. Setelah mendapatkan laporan broken link yang diberikan, tugas kita selanjutnya adalah menghapus semua broken link yang terdapat pada blog hingga bersih sehingga blog kita kembali sehat lagi.

3). Perhatikan Spam
Spam adalah bagian penyakit blog yang paling membahayakan dan berpotensi mematikan. Spam bisa ditimbulkan dari dalam yakni karena perilaku yang tidak sehat dalam aktivitas blogging oleh pemilik blog itu sendiri dan juga bisa ditimbulkan dari luar yakni oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab alias nakal. Dan yang paling sering terjadi adalah yang dari luar, spam sering kali masuk melalui kolom komentar dari komentator komantator yang nakal. Oleh karena itulah biasanya teman-teman blogger senior mengaktifkan moderasi komentarnya, ini semata untuk melindungi blog dari penyakit spam. 


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

5 comments:

  1. Masalah SPAM sebagaimana yang disebut dalam poin terakhir sampai sekarang masih banyak PRO dan KONTRA> Ini memang ada kaitannya dengan blog. Sampai sampai karena terlalu protektif terhadap ancaman SPAM, banyak Blogger yang memasang FILTER untuk antisipasi datangnya SPAM. Akhir SPAM pun bisa dicegah, namun dampak lain juga muncul karena banyak pengunjung yang mengalami kesulitan atau kendala saat berkunjung ke blognya karena di hadang SPAM PROTECTOR berbentuk Catcha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali yang di uraikan Pak Asep mengenai merawat blog
      Juga antara spam dan sarana pencegah spam itu, dampak baru
      Yang di terangkan, terasa saya alami pada blog saya :)

      Delete
  2. Cara hapus broken link share di google plus, apa perlu dideletin sob, soalnya abis ganti domain ?

    ReplyDelete
  3. Dengan seperti ini kita lebih tahu mana blog yang sehat dan tidak sehat dan juga mengerti bagaimana sebenarnya cara merawat blog supaya pada suhu yang normal.

    ReplyDelete
  4. Untuk menjaga atau merawat blog itu suatu tanggung jawab dan konsekwensi
    Pemilik blog ya Mas Budi. Walau selalu di rawat tapi blog saya masih tetep
    aja di serang spamer yang tak bertanggung jawab apa lagi kalau ga di rawat ya Mas?

    ReplyDelete