dekati objek adalah salah satu teknik memotret dalam keadaan gelap. dan baca selengkapnya di...


Teknik Memotret Dalam Keadaan Gelap

Bas-studio.com - Foto identik dengan cahaya. Jadi, siang hari yang dipenuhi cahaya alami adalah teman baik bagi para fotografer ketika memotret. Dan jika malam hari telah tiba maka menjadi tantangan bagi fotografer untuk mendapatkan hasil jepretannya dengan sempurna.

Memang, sangatlah sulit untuk mendapatkan hasil foto yang memuaskan ketika memotret dalam keadaan kurang cahaya alias gelap. Seperti mata, jika dalam keadaan yang gelap maka sulit untuk melihat. Begitu juga dengan kamera, sangat susah untuk menangkap objek dengan hasil yang sempurna ketika dalam keadaan kurang cahaya.

Meskipun demikian ada beberapa teknik yang dapat kita gunakan untuk menghadapi suasana ini. Dengan catatan hasil jepretan dalam kondisi gelap atau kurang cahaya mungkin tidak sesempurna dengan hasil jepretan dalam kondisi terang atau cukup cahaya. Intinya, biarpun sangat kecil kemungkinannya kita tetap berusaha untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Berikut Teknik Memotret Dalam Keadaan Gelap yang mungkin bisa kita praktekkan :

1). Dekati objek
Ketika memotret dalam keadaan gelap atau kurang cahaya usahakan jangan terlalu jauh dari objek yang mau diambil gambarnya. Sebagaimana mata kita, jika dalam keadaan gelap maka sangat sulit untuk melihat apalagi dari kejauhan. Begitu juga dengan kamera, sebaik apapun kamera tentu tetap berpengaruh ketika harus mengambil gambar di malam hari (gelap), apalagi ada dalam posisi jauh dari objek. Untuk menghasilkan gambar yang bagus dari kejauhan ketika dalam keadaan gelap dibutuhkan kamera yang super hebat, tentunya dengan harga yang cukup hebat pula.

2). Setting tinggi pada kamera
Apapun jenis kamera yang kita gunakan, hendaknya kita menyetting kamera dengan settingan tingi. Pada kamera DSLR misalnya, di situ ada
apertur / diafragma, bagi yang belum tahu bisa baca dulu ulasan tentang Mengenal Diafragma Lensa pada Kamera. Untuk menangkap objek dengan cahaya tinggi meskipun dalam keadaan gelap kita perlu mengatur bukaan lensanya (diafragma) dengan bukaan yang lebar, begitu juga dengan ISO dan Shutter Speed. Sedangkan untuk kamera HP mungkin kita bisa menggunakan mode malam dan sejenisnya.

3). Gunakan flash
Jika memang benar-benar diperlukan maka kita bisa menggunakan flash. Pada kamera DSLR kita bisa menggunakan flash bawaan kamera atau bisa juga dengan menggunakan flash eksternal, bagi yang belum punya kamera DSLR mungkin saja tidak tahu dan anda bisa melihatnya pada Flash Eksternal Pelengkap Kamera DSLR. Adapun untuk kamera Pocket kita bisa mengaktifkannya atau pada kamera HP yang kebetulan ada pelengkap flashnya kita juga bisa mengaktifkannya.
  


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

10 comments:

  1. Teknik motrent untuk menghasilkan photo yang baik di tempat yang kurang terang atau gelap nih keren banget dan pas.

    Salam

    ReplyDelete
  2. setting tinggi canon ps a2300 gimana yah ? :D

    ReplyDelete
  3. kalau tempatnya gelap, memang harus menggunakan cahaya / flash yia bos...

    ReplyDelete
  4. Nambah ilmu deh apalagi ane suka jepret pake smartphone hehe...

    Salam dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
  5. Artikelnya menarik banget nie mas cocok banget buat yang hobi potret memotret, cuma sayangnya saya blom punya kameranya nie, jadi blom bisa ikut praktekin deh :)

    ReplyDelete
  6. ini butuh pengalaman deh
    kalo sering motret akan terbiasa

    ReplyDelete
  7. saya kurang pengalaman dalam hal pemotretan ditambah kurang nya peralatan yang mendukung :d soalnya poto poto ya pake hape saja tips yang menarik

    ReplyDelete
  8. memang sulit ya gan ngambil gambar dalam kegelapan,, saya sendiri sering ngandalin lampu letting, plus reflektor, kususnya klo lagi ngambil video klip..

    thx tambahan ilmunya

    ReplyDelete
  9. Dapet ilmu baru nih tpi kalo malem tentu harus pake flash mas :D

    ReplyDelete
  10. Makin Mantab aja blog kamu gan...Lagi senang gan pasang Lampunya..wkwkwk canda aja gan..

    ReplyDelete