Sujud adalah bentuk penghambaan seorang hamba kepada Tuhannya


Sujud

Bas-studio.com - Sujud adalah bagian dari gerakan sholat yang dikerjakan oleh umat islam dalam tiap harinya. Dimana sujud merupakan penghambaan seorang hamba kepada Tuhannya.

Tiada duanya ketika seorang hamba mampu menikmati indahnya bersujud di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta'ala, bersimpuh berserah diri seolah esok akan kembali dan berjumpa dengan sang Ilahi.

Sujud tak lagi asing bagi kita umat islam. Di setiap sudut waktu, pagi sore siang dan malam kita mengerjakannya, sudah terbiasa seolah hanyalah gerakan biasa, bahkan terkadang kita tidak sadar kalau sedang bersujud di hadapan Tuhan kita, saking biasanya terkadang sujud dianggap seperti olah raga, yang penting bergerak saja tanpa memperhatikan tata cara bersujud yang baik apalagi menghayatinya.

Untuk menghadap sang pacar saja kita memilih baju yang paling bagus dan berdandan rapi, setelah berjumpa begitu senang rasanya dan bersikap manis kita di hadapannya. Tapi lain halnya ketika kita hendak menghadap kepada Tuhan kita, berpakaian seadanya bahkan terkadang hanya memakai kaos oblong saja, begitu sujud perasaan pun hilang entah ke mana.

Cobalah sejenak kita koreksi diri. Bagaimana pakaian kita, bagaimana gerakan kita dan bagaimana perasaan kita ketika bersujud. Tidak sopan rasanya jika berpakaian sembarangan dan tidak baik jika bersujud di hadapan Tuhan yang Maha Esa tapi perasaan kita tidak di sana.

Sujud yang dilakukan dengan khusu', rasa penuh penghambaan diri dan sadar betul sedang berada di hadapan Allah akan membuat kita sadar siapa diri kita. Sehingga dengan demikian akan berpengaruh besar pada tingkat ketaqwaan kita. Seseorang yang sadar akan kekurangannya ia akan terus berusaha memperbaikinya, begitu juga orang yang sadar akan setatus hambanya akan terus berusaha meningkatkan penghambaan serta ketaqwaannya kepada Allah Subhanahu Wa Taala.

"Sujud adalah bentuk penghambaan seorang hamba kepada Tuhannya"

Demikian yang dapat saya tulis mengenai Sekilas Tentang Sujud dan jangan lupa simak juga artikel menarik lainnya seputar bulan ramadhan di Edisi Ramadlan


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

5 comments:

  1. Dengan bersujud semua sama rendahnya yah mas, entah itu tukang parkir,petani,tukang becak,bahkan pejabat dan presiden semua sama. tidak ada bedanya.
    Terimakasih mas informasi mengenai sujud ini.

    ReplyDelete
  2. luar biasa mas, ringkasannya sangat menteladani, namun jika kita kaitkan dengan zaman yang sudah edan ini kata orang banya, persis seperti yang mas bilang, menghadap TUHAN tidak pernah diberikan hal-hal yang serius,tetapi kalau dengan pacar, jangankan baju yang bagus, sujudpun banyak yang rela melakukannya asala jangan diputusin,,
    bukan begitu mas,,hehe

    ReplyDelete
  3. artikelnya singkat namun sangat mencerahkan... memang kita jarang sekali merasakan bagaimana nikmatnya bersujud alias bersimpuh di hadapan Allah krn terlalu sering bersujud dan terburu2 :(

    namun jika kita mau meresapi setiap kali bersujud, maka kita akan merasakan nikmatnya bersujud berkali2 ya mas :)

    makasih pencerahannya :)

    ReplyDelete
  4. luar biasa ya mas ternyata sujud memiliki filosofi yang sangat mendalam, wah harus banyak belajar nih ;)

    ReplyDelete
  5. Hhhehee analogi yang digunakan pas sekali dan mudah dimengerti. Dengan sang pacar aja apa aja bisa dilakukan dengan sebaik baiknya. Masa dengan menhadap TUHAN justru sebaliknya seadanya. Justru saat menghadap TUHAN lah semuanya harus sempurna segala galanya

    ReplyDelete