Percuma saja puasa seseorang yang didalamnya masih tetap saja melaksanakan larangan agama


Percuma Saja Puasa

Bas-studio.com - Ketika bulan ramadlan tiba, sebagai umat islam yang sudah baligh kita diwajibkan untuk berpuasa. Tapi banyak diantara kita yang berpuasa dan tidak mendapatkan apa-apa selain lapar dan dahaga, itu disebabkan karena mungkin saja diantara kita kurang Memahami Makna Puasa.

Sering kali kita menjalankan puasa, menahan makan dan minum seharian penuh, lapar dan dahaga pun tak jadi mengapa demi menjalankan perintah. Saat pagi tiba, memulai aktivitas sesuai profesi masing-masing, tak sadar kita sedang berpuasa ketika ngobrol bersama lawan bicara apa yang dibahas? membuka aib seseorang, mencaci maki dan lain sebagainya.

Di tengah-tengah sedang menjalankan ibadah puasa pergi ke tempat-tempat maksiat, berjudi, melakukan penipuan dengan berbagai cara dan seterusnya. Intinya adalah tetap melaksanakan hal-hal tidak baik yang dilarang oleh agama itu percuma saja puasa yang dijalankannya. Sekedar hanya menggugurkan kewajiban, yakni berpuasa menahan lapar dan dahaga tapi sedikitpun tidak mendapatkan pahalanya. 

Apa itu puasa? adalah pertanyaan yang sangat perlu kita pahami jawabannya. 

Memang, puasa itu menahan makan dan minum tapi dibalik perintah berpuasa ada kandungan lebih dalam yang perlu kita pahami, yakni perintah untuk meninggalkan segala hal-hal yang dilarang agama. Diman hal-hal tersebut bersumber dari hawa nafsu atau keinginan-keinginan yang tidak baik.

Berupaya menahan makan dan minum diharapkan pula kita mampu menahan hawa nafsu. Sehingga hal seperti membahas atau membuka aib seseorang, mencaci maki, berjudi, menipu, pergi ke tempat-tempat maksiat dan lain sebagainya yang dilarang agama itu tidak lagi dilakukan ketika sedang berpuasa. Dan sangat diharapkan dapat terbiasa meninggalkan larangan agama di bulan-bulan berikutnya meskipun berpuasa telah usai waktunya.

Maka, agar puasa kita tidak sia-sia alias percuma saja dan menuai hasilnya, hendaknya kita berusaha sekuat tenaga dalam menahan lapar dan dahaga ini kita juga menahan segala hawa nafsu yang membelenggu kita.   


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

7 comments:

  1. bener sekali mas sama seperti teman saya dia puasanya full seharian tapi kalau di kampus dia selalu nyindir2 tentang si A kalau ketemu dikampus . sampai saya bilang ke dia kalau kamu berpuasa sebaiknya tahan saja meskipun kamu dan dia bermasalah bukankah di saat puasa ini bisa kembali memperbaikisegalanya .jadi saya sangat setuju kalau puasa tidka hanya menahan lapar dan dahaga melainkan menahan nafsu .

    ReplyDelete
  2. memang berat ya , meraih pahala puasa, kita bisa ga bisa harus memperbanyak sabar
    thx sharingnya


    ngomong ngomong open graph di gantinya ya,, gambar hasil sharingnya jadi jumbo, keren ueh... boleh tu di bagi caranya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dari sononya mas, hehe & belum tentu cocok dipake pada template lain

      Delete
  3. haduh, kalo itu semua sih bukan percuma mas tapi mendapatkan dosa yang berkali lipat.

    ReplyDelete
  4. betul gan banyak dari kita yg mengabaikan larang agama. (y)

    ReplyDelete
  5. Menahan dahaga haus dan lapar barangkali hal yang mudah bagi setiap orang yang menunaikan ibadah puasa. Namun itu fisik saja,. Yang terberat adalah menahan diri untuk tidak berbuat hal hal yang bisa membatalkan pahala puasa. Yang disebut terakhir ini yang berat. Menahan goodaan nafsu - melihat hal yang tidak baik, dan masih banyak lagi

    ReplyDelete
  6. kalau menahan lapar dan haus saya kira sih biasa mas,yg susah itu menahan hawa nafsu yg lain

    ReplyDelete