Percuma saja pergi ke masjid kalau hanya untuk nongkrong bersama. tidak mengikuti sholat isya' dan tarawih berjamaah.


Percuma Saja Pergi Ke Masjid

Bas-studio.com - Sudah menjadi penyakit yang menjamah manusia malas beribadah. Sholat mulai banyak ditinggalkan oleh anak-anak muda bahkan kaum tua sekalipun.

Bulan ramadlan merupakan kesempatan emas yang diberikan Allah kepada manusia untuk berlomba-lomba meningkatkan amal ibadah, sebagaimana yang kita tahu bahwa setiap kebaikan dilipat gandakan pahalanya pada bulan ini namun masih banyak juga diantara kita yang menyia-nyiakannya.

Suatu ketika saya terlambat datang ke masjid untuk mengikuti sholat isya' sekalian Sholat Tarawih berjamaah, saya melihat segerombolan anak muda yang memakai peci dan membawa sajadah lengkap untuk sholat berjamaah. Apa yang terjadi? ternyata mereka hanya duduk manis, nongkrong dan ngobrol bersama di halaman masjid. Uniknya lagi, ternyata tidak hanya anak-anak muda yang ada di sana melainkan kaum tua pun ikut nimbrung bersama tanpa mengikuti sholat isya' serta tarawih berjamaah.

Percuma saja pergi ke masjid kalau hanya untuk nongkrong bersama. Sangat disayangkan, kesempatan baik untuk mengumpulkan pahala yang belum tentu bisa kita dapatkan satu tahun sebelumnya, pahala sholat isya' berjamaah dan sholat tarawih yang tidak ada di bulan-bulan selain ramadlan, kini pun tidak diraih karena kita mengabaikannya.

Memang sudah menjadi suratan setiap kebaikan dihiasi oleh hal-hal tidak menyenangkan yang dibisikkan oleh syetan pada hati setiap manusia. Seperti halnya sholat tarawih pada bulan ramadlan ini yang amat besar pahalanya terasa berat untuk menjalankannya. Butuh perjuangan dan perlawanan yang keras untuk menghindari bisikan syetan berupa kesenangan-kesenangan yang dapat melalaikan kita meraih kebaikan.

Bukan berarti mengklaim jelek pada mereka yang lalai, saya pun sadar memang berat untuk mengerjakan kebaikan khususnya di bulan suci ramadlan ini dan saya pun belum tentu bisa meraihnya, seperti halnya pahala sholat tarawih berjamaah tadi. Tapi setidaknya melalui tulisan ini mudah-mudahan saya, anda dan kita semua juga menyadari betapa meruginya kesempatan emas yang hanya ada satu kali dalam setahun ini tidak kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Simak juga artikel menarik di Edisi Ramadlan ini tentang Percuma Saja Puasa      


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

5 comments:

  1. loh... bukannya syetan dibelenggu yia bos... itu sih bukan bisikan syetan tapi emang bawaan syetan, hehehe....

    ReplyDelete
  2. iya ya mas, kalau cuma mau ngobrol kenapa harus ke masjid, sedangkan sholatpun tidak. mungkin mereka mau nggodain ceweknya saja kali mas :)

    ReplyDelete
  3. Intinya, selalu ada hikmah dari setiap peristiwa...

    Salam Ramadhan dari Pulau DOllar

    ReplyDelete
  4. di kampugnku juga masih sering terlihat ada jamaah yang ngobrol sendiri saat ada kutbah.. memang aneh ya

    ReplyDelete
  5. di kampugnku juga masih sering terlihat ada jamaah yang ngobrol sendiri saat ada kutbah.. memang aneh ya

    ReplyDelete