lebaran

Bas-studio.com - Hari raya idul fitri atau bisa juga disebut dengan lebaran, dimana umat islam saling melebarkan (membuka) pintu maaf untuk sesama umat manusia pada hari itu. Yang biasanya dilaksanakan dengan saling bersilaturrohim dari rumah ke rumah, kini semakin sepi.

Hangatnya pertemuan kerabat, tetangga, teman dan semuanya yang dibalut dalam selimut silaturrohim kini semakin memudar. Budaya saling berkunjung ke rumah mulai berkurang, sehingga indahnya idul fitri pun mulai menghilang, dari tahun ke tahun lebaran semakin sepi.

Apa gerangan Penyebab Lebaran Jadi Sepi? Coba mari kita analisa penyebabnya dengan membandingkan keberadaan zaman dahulu dan sekarang.

Dulu, ketika alat komunikasi masih sangat susah dujumpai, orang bisa berkomunikasi hanya ketika bertatap muka. Dan ketika hari raya idul fitri tiba, untuk saling meminta maaf maka harus saling bertemu. Saling mengunjungi antar kerabat, tetangga, teman dan yang lainnya. Bahkan yang punya sanak famili jauhpun mau tidak mau harus berkunjung ke rumah. Mungkin sedikit berat rasanya, tapi di sinilah hangatnya bersilaturrohim dan indahnya hari raya idul fitri itu terasa, sehingga lebaran tampak ramai.

Tapi sekarang, setelah alat komunikasi semakin mudah dijumpai. Terciptanya telepon, handphone, maraknya sosial media yang tersedia di dunia maya telah mempermudah orang untuk berkomunikasi, tanpa harus bertatap muka pun berbicara seolah ada di depan mata. Sehingga ketika hari raya idul fitri tiba, untuk saling meminta maafpun tidak harus saling mengunjungi rumah, semua bisa dilakukan hanya dengan menekan nomor atau mengetik kata. Memang mudah sekali rasanya, tapi hangatnya bersilaturrohim kurang terasa sehingga lebaran pun terasa sepi karena tidak ada lagi yang mengunjungi rumah dan jajan yang tersedia pun jadi sia-sia. hehee

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Penyebab Lebaran Jadi Sepi salah satunya adalah semakin canggihnya teknologi yang ada. Tapi bukan berarti juga menyalahkan teknologi sepenuhnya, karena bisa saja penggunanya yang mensalahgunakan teknologi tersebut. Dan mungkin juga masih banyak lagi penyebabnya.

Jangan jadikan kecanggihan teknologi yang ada menjadi Penyebab Lebaran Jadi Sepi. Meskipun di hari lebaran kita bisa meminta maaf hanya dengan mengetik kata, tetaplah mari kita ciptakan indahnya hari raya idul fitri dengan tetap bersilaturrohim, saling mengunjungi antar sesama sehingga lebaran pun terasa indah nan ramai.        


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

8 comments:

  1. Saya sih belum pernah mudik pas Lebaran. Selalu 1 minggu sebelum hari H lebaran biasanya sih sudah ada di kampung Halamam

    ReplyDelete
  2. lebarannya di medsos aja :)

    kalo dikampung masih lumayan rame
    saya tinggal diperumahan, sepi banget.

    assalamualaikum,
    mumpung masih suasana lebaran, ngucapin,
    Id Mubarak, Sugeng Riyadin
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1435 H.
    Taqobbalallahu minna wa Min’kum
    Minal Aidzin Wal Faidzin
    Mohon Maaf Lahir dan Batin

    ReplyDelete
  3. Saya tinggal di pedesaan, dan alhamdulilah di desa saya masih ramai dan selalu berkesan.
    btw, mohon maaf lahir batin dari saya. :)

    ReplyDelete
  4. bner gan skrang pada lwat sosial media smua

    ReplyDelete
  5. mungkin karena lagi pada boke om, saya juga lagi boke makanya gk kemana2 hehe

    ReplyDelete
  6. dirumah saya malahan rame banget yang datang gan hehe :D

    ReplyDelete
  7. Leberan sangat terasa kalau di kampung dan di pinggiran mas, karena masih pada ngumpul, sedangkan di tengah kota masih banyak yang jalan-jalan Mas. he,, he,, he,, :V

    Salam

    ReplyDelete
  8. iya bener, makin kesini, silaturahmi saat lebaran agak makin berkurang yaaa.. katanya lewat sms atau medsos juga udah cukup..

    ReplyDelete