Tari sufi membuat orang tidak lagi mabuk karena minuman melainkan mabuk karena ingat Tuhan


Tari Sufi

Bas-studio.com - Orang yang sedang mabuk karena pengaruh minum minuman alkohol cenderung hanyut tenggelam dalam kemabukannya, sehingga dapat melupakan segalanya termasuk mengingat Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Para sufi, ahli agama membuat sebuah tari sebagai salah satu sarana untuk mensyiarkan Islam, dimana tari tersebut dirancang untuk mengalihkan perhatian anak-anak muda yang suka bermabuk mabukan supaya tidak lagi mabuk karena minuman akan tetapi mabuk karena ingat Tuhan.

Di jaman sekarang cukup susah mengajak orang untuk menuju kebaikan, apalagi hanya dengan mencekoki dalil - dalil saja. Itulah sebabnya para wali, para ulama membuat cara alternatif dalam mensyiarkan Islam, yakni dengan cara lembut sebagaimana menangkap ikan dalam air tanpa membuat air itu menjadi keruh. Salah satunya adalah dengan cara mengubah kebiasaan dan kesukaan orang secara berlahan tanpa membuat orang tersebut merasa kehilangan, satu misal yakni dengan bermain musik atau pun tari.

Musik atau pun tari merupakan hal yang disukai oleh banyak orang, dan tidak semua musik atau tari mencerminkan Islam. Coba bayangkan bagaimana jadinya jika tradisi musik atau tari ini dihentikan atau dihapus begitu saja olah para ulama, tentu mereka akan berontak dan semakin membenci Islam, yang pada akhirnya airpun keruh tanpa mendapatkan ikan.

Tari sufi adalah salah satu alat untuk menangkap ikan, tari ini menyamai tari yang biasa dilakukan dan disukai oleh banyak orang namun memiliki beberapa perbedaan di dalamnya. Tari ini memiliki kostum dan gerakan tersendiri yang mengarahkan pada semua orang untuk mengingat Sang Ilahi.

Sebagai salah satu uraian dari filosofi tari sufi ini adalah kostumnya yang berwarna putih menunjukkan simbol kesucian, dimana hamba yang menghadap Tuhan hendaknya memakai pakaian yang suci. Kain yang dipakainya adalah kain kafan, yang mengingatkan bahwa kapanpun saja kematian itu pasti akan datang. Gerakan dengan menengadahkan tangan kanan ke atas itu berarti memohon pada Allah dengan membaca bacaan-bacaan tertentu yang telah diajarkan dan terus berputar itu menyedot energi positif dari langit dan dikucurkan ke bumi dengan gerakan tangan kiri yang menunjuk ke bawah, dimana jika energi baik yang datang dari Allah sudah turun ke bumi maka dengan sendirinya akan memberikan efek positif pada semua kehidupan di bumi.

Sekilas dilihat, orang yang sedang memainkan tari ini seperti orang mabuk yang berputar tidak karuan. Tapi perlu dikatahui bahwa pemain tari sufi bukan lagi mabuk karena minuman melainkan ia mabuk karena ingat Tuhan.         


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

1 comments:

  1. gerakan putarannya sangat indah, seperti putaran musik simpponi ya gan,,, ternyata filosofinya dalam ya

    ReplyDelete