Berhasilkah puasa kita? merupakan pertanyaan kecil yang perlu direnungkan


Berhasilkah Puasa Kita?

Bas-studio.com - Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh keimanan, di bulan ini hampir semua orang mendadak berubah. Awalnya yang mengumbar aurat mendadak menjadi berhijab, para pencuri pada cuti, para psk sibuk mengaji. Entah perubahan itu dari hati atau terbawa situasi.

Memang khusus di bulan ramadhan, ada perasaan lain yang menuntun untuk selalu ingat kepada Allah SWT, mungkin ini yang dimaksud dengan terbelenggunya syetan di bulan ramadhan.

Perlu kita tahu bahwa puasa di bulan ramadhan merupakan sarana latihan. Dimana dengan berpuasa kita dilatih untuk memperbaiki diri baik sikap, amal ibadah dan yang lainnya. Dengan berpuasa sebulan penuh di bulan ramadhan diharapkan membawa hasil perbaikan pada bulan bulan berikutnya dan bukan hanya perubahan pada bulan ramadhan saja. 

Paradikma bahwa orang yang mampu berpuasa sebulan penuh dan hatam Al-Qur'an berkali kali di bulan suci ini adalah orang hebat, yang sholat tarawihnya tidak pernah bolong adalah orang khusuk, yang amal ibadahnya meningkat adalah orang yang sukses itu belum tentu banar. Karena bisa saja semuanya menurun ketika bulan ramadhan telah usai. Yang berhijab kembali buka bukaan, pencuri kembali lagi beroperasi, tadinya nyantri kini orak orakan lagi.

Keberhasilan seseorang dalam berpuasa di bulan ramadhan bisa dilihat pada bulan bulan berikutnya. Di bulan ramadhan mampu hatam Al-Qur'an 3 kali di bulan berikutnya hatam 10 kali, di bulan ramadhan rajin sholat berjamaah pada bulan berikutnya pun tidak mau ketinggalan, di bulan ramadhan berhenti mencuri pada bulan berikutnya sregep ngaji, di bulan ramadhan nyantri pada bulan berikutnya menjadi kiyai. Jika demikian, puasa seseorang pada bulan ramadhan bisa di bilang berhasil, tapi jika sebaliknya maka belum bisa dibilang berhasil.

Berhasilkah puasa kita? adalah pertanyaan yang perlu kita renungkan, dimana jawabnya ada pada diri masing-masing. Sering kali kita mengabaikan pertanyaan ini, kita hanya sibuk dan bangga dengan apa yang kita kerjakan di bulan ramadhan tapi tidak pernah memperhatikan hasil pada bulan bulan berikutnya. 

Mudah-mudahan saja dengan berpuasa di bulan suci ramadhan ini mampu membawa perbaikan diri kita baik sikap, mental dan yang lain pada bulan bulan berikutnya. Dan jangan lupa simak artikel menarik yang lain seputar ramadhan di Edisi Ramadlan   


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

3 comments:

  1. kita hanya bisa berharap saja, karena yang bisa menilai hanyalah Allah :)

    ReplyDelete
  2. Mudah mudahan puasa kita lancar.. :) amin.. :)

    ReplyDelete
  3. semoga saja puasa kita bisa diterima oleh yang diatas ya mas, kita hanya bisa berusaha untuk menjalankan rukun puasa dan meninggalkan hal yang membatalkan puasa ;)

    ReplyDelete