alat transportasi seperti mobil, masjid berlantaikan marmer merupakan salah satu contoh hal baru. Benarkah Setiap Hal Baru Itu Masuk Neraka?


bit'ah

Bas-studio.com - Ada sebuah hadits yang kalau tidak salah seperti ini artinya "Hal yang paling jelek adalah hal baru dan setiap hal baru adalah bit'ah dan setiap bit'ah itu tersesat dan setiap hal yang tersesat itu masuk neraka"

Hal baru di sini maksudnya adalah segala sesuatu yang tidak pernah dicontohkan oleh Rosulullah, dan itu berarti juga segala sesuatu yang tidak ada di zaman Rosulullah. Intinya, apapun itu yang tidak ada di zaman Rosulullah  dan tidak pernah dicontohkan oleh Rosulullah tapi ada dan dilakukan di zaman sekarang maka itu akan dimasukkan ke neraka.

Sedangkan begitu banyak hal baru pada zaman sekarang, yang tidak pernah dicontohkan dan tidak ada di zaman Rosulullah, dimana hal baru itu merupakan bit'ah dan akan masuk neraka. Contoh sederhananya saja seperti alat transportasi motor, mobil, pesawat terbang tidak ada di zaman Rosulullah tapi hampir semua umat manusia di zaman sekarang memakainya. Tata cara makan, Rosulullah tidak pernah mencontohkan makan pakai sendok tapi hampir semua orang sekarang memakainya.

Bahkan tempat peribadatan pun seperti masjid, di zaman Rosulullah masjid tidak memakai lantai keramik atau marmer sekalipun tapi coba kita lihat masjid di zaman sekarang, hampir semuanya berlomba lomba memakai keramik atau marmer termahal beserta bangunannya yang begitu indah, dan coba bayangkan bagaimana jika di zaman sekarang masjid masih beralaskan tanah saja sebagaimana masjid di zaman Rosulullah. Hingga pada pengeras suara, di zaman Rosulullah tidak ada dan coba bayangkan juga bagaimana jika masjid atau musholla di zaman sekarang tidak memakai pengeras suara. Dan masih banyak sekali contohnya.

Beberapa hal di atas adalah sesuatu yang baru, dimana hal baru tersebut tidak ada dan tidak dicontohkan oleh Rosulullah tapi ada dan dilakukan oleh umat manusia di zaman sekarang. Lalu, Benarkah Setiap Hal Baru Itu Masuk Neraka? Kalu memang benar, sepertinya surga akan kosong karena semua umat manusia di zaman sekarang akan masuk neraka.

Saya kurang tahu kesohihannya hadits ini dan apakah hadits ini bisa dijadikan pedoman hidup di masa seperti sekarang ini saya pun kurang tahu. Bagi teman-teman yang mampu menjelaskan kebenaran hadits ini atau punya pandangan lain akan hal ini, silahkan utarakan pada kolom komentar di bawah..!! dan terima kasih sebelumnya...      


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

5 comments:

  1. saya belum begitu faham dengan hal ginian mas,menyimak aja deh

    ReplyDelete
  2. saya pernah denger kalo bit'ah itu lebih disukai setan sob :)

    ReplyDelete
  3. yang baru tapi kalo tidak tersesat ya aman saja mas
    yang jadi masalah adalah tersesat apa ndak

    ReplyDelete
  4. kullu bit'atin dolallah wakullu dollalatin finnar

    ReplyDelete
  5. saya malah baru denger ada hadis seperti itu...

    ReplyDelete