copas artikel

Bas-studio.com - Artikel adalah hasil karya dan merupakan hak cipta anda. Lalu Bagaimana Jika Artikel Anda Dicopas? 

Coba bayangkan, ketika dengan susah payah menguras pikiran anda menciptakan ide-ide untuk membuat artikel orisinil di blog anda, lalu dicopas atau dimuat ulang seutuhnya di blog orang lain tanpa menyertakan link dan tanpa izin sama sekali kepada anda. Bagaimanakah perasaan anda?

Karena masing masing blogger memiliki karakter yang berbeda, tentu akan berbeda pula dalam mensikapi hal ini. Mungkin sebagian besar blogger tidak rela kalau artikel orisinilnya ternyata dicolong orang lain, tapi sebagian lagi mungkin justru ada yang bangga jika artikel orisinilnya dicopas oleh orang lain.

Sepengetahuan saya, kalau artikel dicopas dan dimuat ulang di blog lain itu bisa merugikan si empunya, karena bisa jadi pengunjungnya lebih banyak yang mengkopas dari pada penulis aslinya. Kalau menurut saya, mengcopy paste artikel sebaiknya jangan dimuat ulang di sebuah blog, karena dapat merugikan orang lain. Tapi copy pastelah artikel itu sekedar untuk dipelajari atau diambil ilmunya.

Terus terang saya sendiri tidak suka kalau artikel saya dicopas untuk dimuat ulang di sebuah blog, apa lagi tanpa menyertakan link atau izin terlebih dulu. Beda lagi kalau artikel saya dicopas untuk dipelajari, misalnya tentang tutorial photoshop yang pernah saya tulis di blog ini, dicopas di word dan diambil ilmunya itu saya sangat bangga sekali. Karena mungkin inilah artikel saya yang bermanfaat dan bukan dimanfaatkan.

Untuk teman-teman blogger sendiri Bagaimana Jika Artikel Anda Dicopas? Sebagai tambahannya, silahkan utarakan pendapat anda mengenai hal ini pada kolom komentar di bawah..!!! dan terima kasih sebelumnya  . . .   


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

5 comments:

  1. betuls sekali mas kalau blog isi nya dicopas yang punya pasti rugi sekali :) kalau bisa kasih referensinya tapi setahu saya karena saya orang IT copas artikel itu tidak boleh 100% tapi diambil yang penting-pating nya saja dan harus ada izin dari empunya .

    ReplyDelete
  2. berer rugi banget, ada beberapa artikel saya yg dicopas dan diposting ulang dampaknya artikel saya lenyak dari SERP..

    copas untuk bahan referensi untuk diolah lagi nggak masalah, saya juga biasa seperti itu

    ReplyDelete
  3. memang merugikan sih ... tapi klo nggak adanya risiko dri google & blogspot, ntu sih nggak masalah, kn sama saja berbagi. Tapi klo bnyk mrugikan kek sekrg ini sy pun tak mau, pernah artikel sy di kopas dan tak ada link sumber nya ...

    sekrg blog tersebut sudah nggak ada ... :)

    Salam Sukses Mulia ..

    ReplyDelete
  4. asal nyantumin link sumbernya sih saya malah bangga mas,berarti artikel saya dianggap baik.tp kalau asal comot sih tentu saja ngedumel

    ReplyDelete
  5. Copas boleh asal nyantumin link yang jelas mas..itu baru gentle, kalau menurut saya sih.. :)

    ReplyDelete