Aperture Itu Seperti Mata Kucing dimana keduanya memiliki kesamaan dalam system maupun fungsinya.


Mata Kucing

Bas-studio.com - Kucing memiliki system otomatis yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan cahaya dalam penglihatannya.

Bola mata (lingkaran hitam) pada kucing akan mengecil ketika siang hari atau ketika berada dalam suasana yang penuh cahaya untuk mengurangi silaunya penglihatan, dan bola mata itu akan membesar ketika malam hari untuk menambah kurangnya cahaya yang didapatkan dalam penglihatannya. Dengan demikian, kucing memiliki penglihatan yang seimbang, di siang hari penglihatannya tidak silau dan di malam hari pun ia tidak kegelapan.

Aperture Itu Seperti Mata Kucing - Jika diperhatikan, system apertur atau diafragma ini sama persis dengan system penglihatan yang dimiliki oleh kucing. Dimana aperture berfungsi untuk mengatur sedikit banyaknya cahaya yang dibutuhkan oleh kamera. 

Ketika memotret di siang hari yang sudah penuh dengan cahaya maka apertur diciutkan agar tidak terlalu banyak mendapatkan cahaya yang dapat menyebabkan hasil jepretan terlalu cerah. Dan ketika memotret di malam hari maka aperture dilebarkan agar mendapatkan banyak cahaya sehingga dapat menghasilkan jepretan yang tidak gelap atau tetap cerah meskipun dalam keadaan gelap. Selengkapnya tentang aperture atau diafragma ini bisa anda simak dalam ulasan Mengenal Diafragma Lensa pada Kamera

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Aperture Itu Seperti Mata Kucing dimana keduanya memiliki kesamaan dalam system maupun fungsinya.

Dan merupakan kebesaran Allah, dimana aperture yang dirancang oleh manusia sebagai system penyeimbang cahaya dalam kamera ternyata sudah dimiliki oleh kucing yang telah ribuan tahun diciptakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.  

  

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

4 comments:

  1. Nonkrong di blog ini Jadi tambah pengetahuan tentang dunia fotografi, saya jadi lebih mudah memahami istilah aperture dengan dianalogikan seperti mata kucing.. :)

    ReplyDelete
  2. ternyta teknologi kamera itu di inspirasi dari mata binatang semua ya gan,,, saya dengan kamera itu terinspirasi dari mata ular, yang konon setiap mati dibunuh ular itu matanya selalu merekam semua yang terakhit dilihat,, makanya klo habis bunuh ular dianjurkan menghancurkan matanya supaya tidak disamperi ular lainnya

    ReplyDelete
  3. Kalo diperhatikan kucing itu memiliki penglihatan super tajam di tempat gelap. Selain itu, kucing juga memiliki sifat tidak mampu melihat dari jarak dekat, mereka menggunakan indra penciuman dan sungutnya untuk mengenali makanan yang hadir di depannya. Sangat unik sehingga menjadi kelebihan dan kekurangan tersendiri untuknya.

    Jadi menurutku mata kucing ya yang dijadikan acuan untuk kamera

    ReplyDelete
  4. ternyata teknologi itu sudah ada ya di mata kucing :)

    ReplyDelete