Beberapa penyebab warna foto jadi pudardiantaranya adalah mesin cetak foto, tinta dan kertas. Simak selengkapnya..


Penyebab Warna Foto Jadi Pudar

Bas-studio.com - Tahukah anda apa penyebab warna foto jadi pudar atau luntur? Mungkin diantara pembaca sudah banyak yang tahu tapi mungkin juga masih ada yang belum tahu akan hal ini.

Di era digital yang telah banyak menyuguhkan berbagai macam kecanggihan teknologi, mempermudah segala urusan termasuk dalam hal mencetak foto. Namun dibalik mudahnya urusan, terkadang juga memberikan kekecewaan.

Pernahkah anda memiliki sebuah foto, yang awalnya tampak bagus dengan warna yang tajam dan memukau tanpa cacat sama sekali, tapi seiring berjalannya waktu foto yang telah membuat anda terpukau ternyata membuat anda kecewa juga karena warnanya yang pudar atau luntur.

Ada anggapan yang lucu, saya sering mendengar keluhan tentang pudarnya warna foto dari berbagai kalangan. Suatu saat ada rombongan dari kalangan tua yang datang ke tempat saya untuk meminta difoto sembari berkata "saya lebih suka foto pake kamera dslr ketimbang pake hp, karena kalau pake hp hasil warna fotonya cepet hilang" dan dilain waktu ada rombongan dari kalangan anak muda yang ternyata juga memiliki anggapan yang sama. hehe 

Apa iya kamera menjadi penyebab pudarnya warna foto seperti gambar di bawah ini?  

warna foto yang pudar

Warna foto yang awalnya cukup tajam, indah dan menawan tapi lama kelamaan semakin pudar sedikit demi sedikit seperti gambar di atas dan bahkan hilang sama sekali sudah banyak dijumpai pada saat ini. Merupakan tanggung jawab bagi pemilik studio foto maupun percetakan untuk memperbaiki dan mempertahankan kualitas hasil cetaannya agar terhindar dari keluhan sang pelanggan tercintanya.

Lalu apa yang menjadi penyebabnya? Coba mari kita teliti sesuatu yang menjadi penyebab warna foto jadi pudar atau luntur di bawah ini.

1). Mesin Cetak Foto
Dulu, sebelum hadirnya printer, studio foto masih jarang kita jumpai seperti saat ini namun kualitas warna foto sangatlah terjamin dan memang itu terbukti. Kenapa demikian? itu karena mereka memakai mesin cetak foto jenis frontier yang tidak mudah dijangkau harganya tapi benar benar tidak terbantahkan hasil produksinya, warna yang tajam dan tidak mudah luntur alias tahan lama ada padanya. 

Bukan berarti merendahkan produksi yang dihasilkan oleh printer. Tapi sejauh pengalaman, bagus memang warna yang dihasilkan printer bahkan bisa dibilang lebih bagus dari frontier tapi untuk kualitas awetnya masih belum bisa menandingi frontier.

Jika anda punya printer di rumah, boleh coba diuji. Silahkan anda cetak foto yang sama dengan printer milik anda dan cetak juga di studio foto besar yang memakai mesin cetak foto jenis frontier. Pajang dan dampingkan dua foto tadi kemudian perhatikan setelah beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian, maka anda akan tahu bedanya dan tentu sadar akan penyebabnya.

2). Tinta dan Kertas
Kita tahu bahwa hasil cetaan foto dari mesin jenis frontier sudah tidak bisa diragukan lagi, maka tinta dan kertas yang saya maksud di sini adalah tinta dan kertas untuk printer. Meskipun suatu saat warna yang dihasilkan oleh printer akan pudar atau luntur setidaknya masih ada hasil cetaan foto dari printer yang cukup tahan lama dan itu tergantung pada tinta dan kertas yang dipakainya.

Ada banyak jenis tinta dan kertas untuk printer dengan harga yang beragam dan tentunya mempengaruhi kualitas hasil cetaan yang beragam pula. Ada yang cepet pudar juga ada yang agak tahan lama. Maka bagi pemilik studio foto yang mengandalkan printer sebagai penambah isi dompet sangatlah penting memperhatikan hal ini.    


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

15 comments:

  1. Memang benar sih Mas, hasil proses ctak photo dengan pemilihan kertas dan tinta photo yang tidak berkulitas juga bisa menyebabkan warna foto jadi cepat pudar ya ? Dan kalau kulitasnya baik hasilnya pun akan awet. Terimakasih sharingnya mas.

    Salam

    ReplyDelete
  2. Mungkin biasanya pada tinta dam kertasnya mas :)

    ReplyDelete
  3. iya itu mas pengalaman saya jga tintanya pake yang biasanya dan cuma 4 tabung, kertas juga mempengaruhi :)

    ReplyDelete
  4. mesin cetaknya keluaran terbaru, tintanya baru diganti, tapi kenapa photo kenang kenangan saat saya masih kecil ko' tetep pudar blewuk yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang dasar orangnya yang udah blewuk kali mas

      Delete
  5. yang paling sering kayanya tinta sama kertas ya mas, dulu sy suka print foto anak sy tapi lama2 pudar tapi ga semua si cuma ada beberapa aja & setelah sy inget2 memang merk kertasnya beda :)

    ReplyDelete
  6. wah ternyata itu penyebabnya foto cepat luntur, makasih mas sharingnya.

    ReplyDelete
  7. udah ga pernah cetak foto ni hehe

    ReplyDelete
  8. Kalo sekarang dah banyak pilihan tintanya ya gan... printernya pun dah semakin canggih...

    ReplyDelete
  9. memang, alat cetak foto yang lama kadang masih lebih baik kualitasnya yia bos...

    ReplyDelete
  10. klo sering kena matahari termasuk nggak mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. termasuk memang, tapi jarang kali ada yang jemur foto. hehe

      Delete
  11. jadi kelihatan jelek ya foto kucing nya kalau warna fotonya pudar getu hmmmm :)

    ReplyDelete
  12. minta dong merk tinta dan kertas yang anti pudar,kirim ke email aja...kebetulan saya buka studio mini di rumah hampir 2 tahun...

    ReplyDelete