Usaha yang dilakukan oleh manusia dalam menggapai cita - cita adalah bagian dari do'anya


Usaha Adalah Bagian Dari Do'a

Bas-studio.com - Usaha merupakan tindakan untuk mendapatkan sesuatu dengan cara bekerja atau berusaha sedangkan Do'a adalah tindakan untuk mendapatkan sesuatu dengan cara meminta atau memohon.

Jadi, usaha dan do'a adalah tindakan yang memiliki tujuan sama, yakni sama - sama ingin mendapatkan sesuatu tetapi memiliki cara yang berbeda, yakni bentuk dari tindakan tersebut. Karena tujuan dari do'a adalah untuk mendapatkan sesuatu dan usaha juga bertujuan ingin mendapatkan sesuatu, maka di sinilah saya mengartikan bahwa Usaha Adalah Bagian Dari Do'a atau bisa juga diartikan sebaliknya.

Pernahkah anda didatangi seorang pengemis atau pengamen ke rumah anda?

Apa yang dilakukan pengemis? Pengemis datang ke rumah anda dengan mengucapkan salam atau permisi, lalu menengadahkan tangan sembari mengucapkan kata - kata permohonan, kemudian anda memberikan sebagian rejeki kepadanya karena memang ia meminta.

Apa yang dilakukan pengamen? Pengamen datang ke rumah anda dengan cara yang sama yakni mengucapkan salam atau permisi, namun ia tidak menengadahkan tangannya dan mengucapkan kata - kata permohonan, ia menyanyi dan berusaha menunjukkan yang ia bisa kepada anda, tetapi tetap juga anda memberikan sebagian rejeki kepadanya.

Tindakan yang dilakukan oleh pengemis bisa kita artikan sebagai do'a dan tindakan yang dilakukan oleh pengamen bisa kita artikan sebagai usaha.

Memberikan sesuatu kepada pengemis cenderung terpaksa karena memang ia terus terang meminta kepada kita. Kekurangan dari seorang pengemis adalah ia tidak menunjukkan sebuah usaha, namun ia hanya menengadahkan tangan dan meminta. Ini cenderung membuat orang yang dimintai memberikan sesuatu bukan karena ingin memberi atau bukan dengan senang hati alias terpaksa.

Sedangkan memberikan sesuatu kepada pengamen cenderung dilakukan dengan senang hati. Kenapa anda memberi uang kepada pengamen yang menyanyi di depan rumah anda? padahal mereka tidak meminta kepada anda. Ini membuktikan kecenderungan memberi dengan senang hati, karena kita memahami maksud mereka dan menghargai usaha mereka maka tanpa diminta pun kita memberikan sesuatu kepada mereka.

Begitu juga hubungan manusia dengan Tuhannya. Usaha yang dilakukan oleh manusia dalam menggapai cita - cita adalah bagian dari do'anya dan Tuhan pun cenderung lebih mengabulkan keinginan hambanya dalam bentuk usaha dari pada hanya meminta. Ini bukan berarti menafikan do'a yang hanya berusaha dan mengabaikan do'a, akan tetapi yang dimaksud di sini adalah usaha itu juga merupakan sebuah do'a, yakni do'a yang diapresiasikan dalam bentuk tindakan atau pekerjaan.

Seseorang yang bekerja sebagai kuli bangunan, berangkat pagi pulang sore, banting tulang peras keringat, semua dilakukan demi memenuhi kebutuhan hidup serta mendapatkan kehidupan yang layak. Usaha yang dilakukannya itu berarti sama halnya ia berdo'a kepada Tuhan sepanjang hari untuk menggapai cita - cita di hati. Begitu juga pekerjaan pekerjaan lainnya termasuk juga berusaha untuk Memiliki Usaha Sendiri  

Demikian yang dapat saya tulis tentang Usaha Adalah Bagian Dari Do'a berdasarkan pemikiran pribadi. Kurang lebihnya, benar salahnya mohon dimaafkan. Terima kasih semoga dapat bermanfaat, dan jangan lupa simak juga Hal Penting Dalam Memulai Usaha Sendiri   


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

14 comments:

  1. Betul sekali mas, setiap usaha sebagian dari doa karena semuanya kembali pada doa. Doa ibarat nasi tanpa lauk nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nsi tanpa lauk memang tidak mantaab bang firman..apalagi tidak ada sambel jeruknya...walah wess jiaan...anyep kata orang jawa..begitu :D

      Delete
  2. usaha mmang hrs diringi dgn doa yia bos...

    ReplyDelete
  3. juga sebaliknya yah mas, doa bagian dari usaha :D

    ReplyDelete
  4. antara usaha dan doa saling ada keterkaitan ya mas dan gak boleh ada yg ditinggalkan :) makasih renungannya :)

    ReplyDelete
  5. berusaha tanpa berdoa berarti sombong sedang doa tanpa usaha akan nihil,sama2saling membutuhkan yamas

    ReplyDelete
  6. usaha dan do'a bagai satu setel baju dan celana. apakah kita akan memilih salah satu saja :)

    ReplyDelete
  7. selamat pagi bang budi...salam sejahtera untuk anda..betul sekali, usaha merupakan bagian dari doa dan bahkan menjadi rangkaian yang penting diantara ikhtiar, doa dan tawakal. kalau salah satu dari tiga hal itu tidak dilakukan, maka ikhtiar tidak akan sempurna dan hasilnya pun tidak akan maksimal...menurut saya lho,,hehe :)

    ReplyDelete
  8. dan doa juga bagian dari usaha ya mas bas :)
    terima kasih mas telah mengingatkan...semoga kita bisa maksimal dalam melakukan usaha dan doa untuk mendapat hasil yg terbaik

    ReplyDelete
  9. betul bget mas budi...,
    tapi bukan berarti kita tidak perlu berdoa lagi, hanya karena beranggapan usaha adalah bagian dari doa itu sendiri kan?! :)
    Oya, dtunggu kunbal sama follbacknya ya mas.. (usaha :D)

    ReplyDelete
  10. Satu lagi nih pencerahan yang luar biasa :)

    ReplyDelete
  11. iya sebaiknya selain kita rajin berdoa, kita juga rajin berusaha ya mas agar tujuan kita dalam bekerja bisa tercapai ;)

    ReplyDelete
  12. bener mas,, artikelnya membuat saya smakin bersemangat dalam berusaha

    ReplyDelete
  13. sebaiknya dalam berusaha harus sungguh sungguh ya mas dan tentu nya harus diiringi dengan doa agar bisa sukses ;)

    ReplyDelete