Tuesday, April 8, 2014

Potensi Kaya Ada Pada Setiap Manusia

Potensi Kaya

Bas-studio.com - Potensi Kaya Ada Pada Setiap Manusia. Percayakah anda akan hal itu? Jika iya, itu berarti anda memiliki potensi besar untuk menjadi orang kaya.

Berbicara tentang kaya, tentunya ini menyangkut urusan duniawi. Siapa diantara kita yang tidak ingin kaya atau bahkan tidak mau jadi orang kaya? Tentu, semua orang menginginkannya. Dan kalaupun ada yang tidak mengnginkannya, mungkan saja ia sedang putus asa.

"Biar miskin asal bahagia", "Kaya miskin itu takdir yang maha kuasa". Dua kalimat ini sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Tak jarang orang mengatakannya, entah karena alasan sekedar untuk menghibur diri atau yang lainnya.

Seperta kata "Biar miskin asal bahagia", itu sebuah ungkapan yang kelihatannya indah. Tapi perlu diketahui juga, bukankah ucapan itu adalah sebuah do'a. dan kenapa kita berdo'a agar jadi orang miskin? Bukankah Tuhan itu maha kaya, Ia mampu memberikan segala hal yang kita minta. Kalau bisa kaya dan bahagia kenapa kita minta miskin, bukankah sebaiknya kita berkata "Biar kaya asal bahagia" karena itu juga merupakan do'a.

Ucapan, anggapan dan keyakinan adalah potensi dasar manusia dalam mengarahkan nasibnya. Tidak terlepas dari takdir Tuhan, manusia juga punya potensi dalam menentukan jalan hidupnya. Sebagaimana telah dijelaskan dalam Al-Qur'an "Sesungguhnya Allah tidak merubah nasib hambanya sehingga mereka mau merubahnya sendiri" QS. Ar-Ro'du ayat 11. 

Jika seseorang berkata "Saya ditakdirkan sebagai orang miskin, saya tidak akan pernah jadi orang kaya". Ia beranggapan bahwa dirinya ditakdirkan sebagai orang miskin dan ia yakin bahwa dirinya tidak akan pernah bisa jadi orang kaya. Itu sama halnya ia menutup pintu hati yang berujung pada kemalasan, dan itu berarti ia mematahkan potensi kaya yang ada pada dirinya sendiri. Di sinilah Allah akan membiarkannya dalam keadaan yang ada.   

Sudahkah kita berusaha? dan seberapa maksimalkah usaha kita? Kenapa kita beranggapan bahwa kita ditakdirkan sebagai orang miskin? Bagaimana bisa kita punya persepsi seperti itu, sedangkan takdir itu sendiri adalah rahasia Allah.

Kenapa kita tidak berkata "Saya bisa, saya pasti jadi orang kaya". Dengan berkata dan punya keyakinan seperti itu, berarti kita berpikir positif dan itu berarti juga kita telah menghidupkan potensi kaya yang ada pada diri kita. Berkata dan berpikir positif akan membentuk etos dan membangun semangat yang kuat dalam berusaha. Disinilah Allah juga akan ikut andil dalam mengubah nasib kita.

Ungkapan motivasi, berpikir positif adalah Potensi Kaya yang Ada Pada Setiap Manusia. Kalau potensi itu ada kenapa kita harus mematahkannya dengan kata-kata dan pikiran yang tidak berguna. Yakinlah bahwa Allah Maha kaya, kita juga bisa kaya dengan berusaha dan meminta kepadaNya.

"Memohonlah kepadaku niscaya Aku akan mengabulkannya" QS. Al-Mu'min ayat 60.

Baca juga artikel yang satu ini : Ternyata Fotografer Juga Bisa Menjadi Blogger



Terima Kasih, Semoga Bermanfaat

16 komentar

Wah!! Sungguh menyentuh gan..Makasih ya

Memang setiap manusia mempunyai kaya potensi yang banyak jika diolah dengan benar :)

Dalam seminar 7 keajaiban rezeki oleh Mas Ippho Sentosa juga sudah dipaparkan rahasia menguak rezeki.Dalam hal ini otak kiri dan otak kanan manusia akan difungsikan dan dimaksimalkan. Saya setuju dengan artikel ini bahwa setiap orang berbakat untuk kaya

Semua insan Manusia pastinya mendanbakan apa itu
Yang namanya Kaya yah Mas Budi..? namun menurut orang tua
Jangan pengen kaya jika kaya dengan Hutang piutang hhhh
Tapai jadilah orang yang "Cukup" Mau beli apartement duitnya cukup
Mau beli mobil mewah cukup. eehh bener gak yah Mas Budi...?
Berarti itu kaya yang sejatinya yah Mas? like artikelnya mantep deh Mas Budi :)

makasih sob atas pencerahannya, sangat bermanfaat,,,

setiap orang berhak untuk menjadi kaya.. yang penting haruslah berusaha dan berdoa..

Tuhan akan merubah nasib seseorag jika orang itu mau berusaha untuk merubahnya ya mas, niscaya Allah akan mengabulkan setiap doa dan usaha seseorang :)

yang terpenting bukan kaya atau miskin, tapi rasa syukur agar terciptanya kebahagiaan dalam diri :)

Dahsyat tulisanya mas :)
Saya menikmati bangat tulisanya

Setiap manusia memiliki potensi yang sama, hanya tinggal kemampuan dan ketangguhannya saja yang membedakannya dari setiap proses yang harus di laluinya ya Mas. :D

Salam

benar mas,tetapi itu hanyalah sebuah potensi saja,karena pada hakikatnya jika semua didunia ini orang kaya,maka kita tidak bisa makan nasi lagi, karena orang tidak mau lagi bertani karena sudah kaya
hehehe...

tergantung kemauan dan semangatnya, kesempatan kaya adalah milik semua orang :)

Waaah betul bener mas, berpikir positif adalah Potensi Kaya yang Ada Pada Setiap Manusia.

setiap manusia memiliki peluang bisa kaya ya mas asalkan manusia tersebut bisa menemukannya :)

sepakat dengan artikel diatas. Jadi apabila kita mau berusaha keras dan selalu berdo'a, maka kita berpotensi kaya raya ya mas :)

Setuju banget gan, semua orang bisa kayak asal mau berdoa dan berusaha, dan jangan lupakan dengan yang namanya keyakinan. Semua diawali dengan niat dan keyakinan.

Ane juga sebenarnya kurang suka kalimat ini "Biar miskin asal bahagia". Ntah apa yang ada di dalam pikiran orang-orang yang suka mengatakan seperti ini, tapi ane yakin dalam hatinya pasti juga ingin jadi kaya.


EmoticonEmoticon