Perlengkapan Studio Foto Sederhana, maksudnya adalah beberapa kebutuhan pokok yang harus ada dalam studio foto.


Perlengkapan Studio Foto Sederhana

Perlengkapan Studio Foto Sederhana, maksudnya adalah beberapa kebutuhan pokok yang harus ada dalam studio foto.

Jika anda memiliki hoby memotret, anda dapat mengembangkannya secara bertahap. Berangkat dari hoby anda dapat Menggali Potensi Diri Menuju Sukses, dimana hoby tersebut dapat terus meningkatkan  bakat anda dalam memotret dan bakat itulah sebenarnya potensi anda yang dapat dijadikan sebagai tangga dalam membangun sebuah usaha, yakni dengan mendirikan studio foto. Anda bisa menjadi fotografer sekaligus pemilik studio foto yang sukses.

Untuk memiliki studio foto yang sukses tidak harus dengan cara yang spektakuler, yakni dengan cara yang serba mewah dan banyak menghabiskan biaya. Kita bisa memulainya dengan membangun usaha studio foto yang bersifat sederhana saja, dimana kita dapat terus meningkatkannya dengan menyesuaikan kemampuan ekonomi yang ada. Ibarat naik tangga, kita harus melewati setiap tingkatan tangga tersebut, tidak perlu meloncat karena resikonya lebih besar dari pada yang melaluinya secara bertahap.

Jauh dan berat rasanya jika kita berbicara tentang studio foto yang bersifat profesional, karena untuk memiliki studio foto yang sederhana saja sudah cukup banyak menghabiskan biaya apalagi studio foto yang profesional. Maka dari itu di sini saya hanya akan menginformasikan beberapa perlengkapan yang perlu dimiliki dalam studio foto yang bersifat sederhana saja, agar tidak terkesan muluk-muluk.

Berikut beberapa Perlengkapan Studio Foto Sederhana yang wajib ada :

1. Kamera

Lucu dan sangat tidak mungkin rasanya jika membuka studio foto tanpa memiliki kamera. Apapun itu jenisnya, kamera menduduki peringkat pertama dalam perlengkapan studio foto yang harus ada, tapi bukan berarti dengan memakai kamera HP atau Pocket. 

Meskipun sederhana, studio foto harus memakai Kamera SLR/DSLR. Sebagai langkah awal, anda bisa membeli kamera SLR/DSLR yang murah-murah saja. Berikut saya informasikan Kamera Nikon D3100 Cocok Untuk Pemula yang mungkin anda suka. Dan setelah studio foto anda berkembang, anda bisa membeli kamera yang super hebat untuk meningkatkan studio foto anda ke jenjang yang lebih tinggi.

2. Flash Eksternal

Setelah kamera, anda juga harus memiliki flash eksternal. Dimana flash eksternal ini berfungsi untuk membantu pencahayaan yang dirasa kurang cukup jika hanya mengandalkan flash bawaan kamera. Disamping itu juga dengan flash eksternal ini kita dapat mengontrol keseimbangan cahaya sesuai kebutuhan dalam pemotretan. Anda bisa baca-baca juga Flash Eksternal Pelengkap Kamera DSLR

Bermacam merek dan harga flash yang dapat digunakan dalam perlengkapan studio foto. Untuk mendirikan studio foto yang bersifat sederhana, anda cukup membelinya dengan menyesuaikan kemampuan ekonomi anda. Tidak perlu yang bermerek bagus dan berharga mahal.

Ada dua macam flash eksternal yang perlu dimiliki keduanya, yakni flash yang digabungkan dengan kamera dan flash yang dipadukan dengan payung.

3. Payung + Tripod

Jika anda pernah foto di studio foto, tentu anda menjumpai peralatan seperti gambar di samping.

Payung berfungsi sebagai pantulan cahaya yang dihasilkan dari flash eksternal dan Tripod sebagai penyanggahnya atau tempat bertumpuhnya flash eksternal dan payung. Yang kesemua rangkaian ini bertujuan untuk memberikan pencahayaan dalam ruang studio foto anda.

Maka payung dan tripod juga merupakan perlengkapan studio foto yang harus dimiliki, karena anda tidak dapat menggunakan flash eksternal tambahan tanpa adanya payung dan tripod. Ini juga sangat beragam merek dan harganya, sebagai langkah awal anda beli yang murah-murah saja.

Beberapa peralatan di atas adalah perlengkapan studio foto yang menjadi kebutuhan pokok dalam melengkapi kamera. Masih banyak lagi perlengkapan yang dapat digunakan dalam hal ini, tapi sifatnya hanya sebagai kebutuhan tambahan saja, yang bisa anda miliki di jauh hari kemudian nanti. 

4. Komputer

Disamping memiliki perlengkapan kamera untuk studio foto, anda juga harus memiliki komputer. 

Dimana komputer ini juga merupakan bagian terpenting dalam perlengkapan studio foto, yang dapat anda gunakan dalam proses pengolahan foto baik proses editing maupun proses pencetaan foto tersebut.

Cukup pakai komputer yang sederhana saja, karena dalam proses editing tidak terlalu membutuhkan komputer yang handal apalagi yang harganya mahal. Tapi jika anda mampu memilikinya maka itu lebih baik buat anda.

Demikian yang dapat saya informasikan mengenai Perlengkapan Studio Foto Sederhana, semoga dapat membantu anda. Salam sukses dan selamat atas studio fotonya.   


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

16 comments:

  1. banyak juga ya mas, masih dibilang sederhana,, berapa jiti duitnya tu mas ,,,,heehe

    ReplyDelete
  2. sepertinya ada yang kurang mas. mungkin printer khusus untuk mencetak hasil fotonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya kelupaan mas, soalnya tadi keburu buru pas nulisnya. hehe
      printer dalam komentar ini sudah mewakili perlengkapan studio foto sederhana yang harus dimiliki. terima kasih diingatkan..

      Delete
  3. Perlengjkapan studio foto kata Mas Budi segini komplit nya
    Di bilang sederhana, gimana komplit nya yah, pasti lebih luar biasa yah
    Yah Mas. makasih atas berbagi infonya Mas Budi

    ReplyDelete
  4. bermanfaat banget nih...
    kalau kepingin sih kepingi mas tapi dana dikocek ini yang nggak mau diajak kompromi,akhirnya cuman bisa ngiler

    ReplyDelete
  5. para photografer biasanya sudah sangat memahami peralatan ini ya mas, dan biaya yang di butuhkan juga lumayan nih. harus ngumpulin dollar yang banyak nih supaya bisa beli peralatan itu semua. thanks mas :)

    ReplyDelete
  6. meskipun sederhana tapi harganya mahal yia bos, belum lagi beli printernya, hehehe...

    ReplyDelete
  7. Mantap Mas, tapi sekarang saya masih punya komputer hehehehe, kameranya pake hp :D

    ReplyDelete
  8. bagi yang ingin buka usaha studio foto, paling-tidak harus punya peralatan tersebut ya mas, sehingga usaha studio foto nya bisa lancar dan bisa menghasilkan :)
    bisa dicoba nih :)

    ReplyDelete
  9. Kunjungan rutin di malam yang sesunyi ini Mas Budi
    Tapi dengan mampir di blog Mas Budi ini serasa hangat
    Banyak Sahabat blogging tercinta. perlengkapan studio
    Foto lumayan banyaknya yah Mas.? butuh tukang bongkar
    Gak Mas, siap saya tukang apa yah...? hhh :D

    ReplyDelete
  10. sewaktu kecil pernah juga ingin jadi fotografer. seandainya punya perlengkapan diatas mungkin gak seperti sekarang ane :D jadi petani tambak :D.. nice post kang

    ReplyDelete
  11. butuh berapa juta tuh mas kira-kira (mau nyaingin Bas Studio nih) :)

    ReplyDelete
  12. Wah walaupun perlengkapan studio foto sederhana. tapi yang pasti harganya mahal juga ya mas budi. hehehe

    ReplyDelete
  13. modal yang dikeluarkan cukup besar juga ya kalo mau buka foto studio..
    nice share gan :D

    ReplyDelete
  14. bagi yang pengen buka usaha studio foto, wajib punya beberapa perlengkapan yang disebutkan diatas ya mas supaya mudah mengerjakan nya ;)

    ReplyDelete