Online Or Ofline

Bas-studio.com - Online Or Offline ? adalah dua aktifitas yang sulit untuk memilih salah satunya jika seseorang telah menekuni keduanya.

Online merupakan kegiatan dalam dunia maya, ini biasanya dilakukan melalui internet. Apapun bentuk kegiatannya yang dikerjakan lewat internet itu bisa disebut sebagai aktifitas online.

Ada yang memanfaatkan internet hanya sekedar iseng atau mencari kesenangan saja sebagai aktifitas onlinenya, ada juga yang memanfaatkannya sebagai lahan pekerjaan atau istilah kerennya adalah bisnis online, dan lain sebagainya. Yang mana penting dan tidaknya aktifitas online ini tergantung pada tujuan masing-masing penggunanya.

Dan yang menjadi permasalahan di sini adalah ketika seseorang sudah terlanjur menekuni aktifitas onlinenya maka aktifitas tersebut menjadi hal yang tak kalah penting juga baginya. Seperti halnya saya, untuk saat ini aktifitas online yang paling banyak saya kerjakan adalah blogging yakni melakukan kegiatan dalam blog.

Kurang lebih satu tahun blog ini berdiri, tapi kurang lebih hanya setengah tahun saya bisa mengopeninya. Terlanjur banyak tahu tentang blog dan sering melakukan kegiatan dalam blog, meskipun tujuan yang pasti dalam kegiatan ini belum terencanakan saya mulai menyukai dan menikmatinya. Maka blogging atau kegiatan dalam blog seperti menulis, blogwolking atau silaturrohim sesama blogger dan lain sebagainya yang merupakan aktifitas online ini menjadi salah satu hal yang penting bagi saya.

Seperti kehilangan sesuatu yang berharga jika sehari saja tidak bisa online, entah saking cintanya atau bagaimana. Tapi yang pasti saya ingin memperbaiki blog yang saya kelola selama ini, misalnya dengan mempertampan tampilan blog, meningkatkan kualitas SEO, memperbanyak konten yang bermanfaat untuk pembaca dan lain sebagainya. Tak terlepas dari itu, saya juga ingin menjalin hubungan baik dengan sesama blogger yang telah menjadi teman dalam dunia maya atau kalau bisa diwujudkan menjadi teman yang nyata.

Namun dibalik itu ada hal penting lain yakni aktifitas offline, dimana Offline merupakan kegiatan dalam dunia nyata yang lebih luas cakupannya. Mungkin ada diantara kita yang tidak memiliki aktifitas online tapi tak satupun diantara kita yang terlepas dari aktifitas offline. Dari situlah mungkin aktifitas offline ini lebih penting ketimbang hal penting dalam aktifitas online.

Jasa percetakan foto dan penyewaan sound system adalah aktifitas offline yang saya geluti sebagai lahan usaha dalam dunia nyata. Syukur alhamdulillah untuk beberapa hari ini orderan lumayan banyak sehingga memadatkan aktifitas offline yang tidak mungkin saya meninggalkannya.

Padatnya kegiatan offline membuat saya sedikit galau, tentu kondisi ini banyak mengurangi waktu dalam kegiatan online saya. Untuk menulis artikel saja, saya harus menjadwalnya dengan baik, belum lagi untuk blogwolking.

Ketika dihadapkan pada dua aktifitas yang sama-sama padatnya, tentu akan kesulitan untuk dapat mengerjakan keduanya secara maksimal. Inilah yang saya alami saat ini, saya harus menyelesaikan tugas-tugas saya dalam dunia offline tapi saya juga tidak mau ketinggalan dalam dunia online. Namun kemampuan manusia sangatlah terbatas, beberapa hari ini saya tidak bisa menjalankan kegiatan online yakni blogging secara baik, terutama dalam hal blogwolking.

Melalui coretan ini saya memohon maaf pada semua teman blogger karena belum bisa blogwolking dengan baik. Saya hanya bisa menulis tapi belum sempat main ke tempat teman-teman. Demikian, atas maklumnya saya ucapkan banyak terima kasih..       


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

14 comments:

  1. saya juga sangat disibukkan oleh kegiatan offline jadi ngeblog benar2 kacau akhir2 ini, apa lagi blog terkena deindex membuat semangat ngeblog jadi sedikit males, hmmm makasih curhatnya ya mas :D

    ReplyDelete
  2. ini juga sudah jadi kegiatan saya sehari-hari Mas :)

    ReplyDelete
  3. saya gak ada kerjaan "offline" mas, jadinya bisa fokus online. tapi akhir2 ini agak jenuh juga ngeblog :(

    ReplyDelete
  4. Kegiatan ofline saya cukup banyak dibanding kegiatan online, ngeblogger juga jarang..

    ReplyDelete
  5. Sebetulnya aktivitas Offline saya sangat menggung tak ada selesai nya
    Mas Budi, Namun demi Kecintaanya saya pada Blog dan Sahabat Blogging
    Setia saya maka saya selalu luangkan Waktu untuk Mereka, di sela kesibukan saya
    Dengan cara onlin dan berblogwalking seperti sekarang ini, Itu sebagai appresiasi
    saya mengobati Rinduku pada Sahabat Blogging seperti Mas Budi dan lainya
    Makasih atas uraian artikel tentang Online or Offline nya Mas Budi *smile

    ReplyDelete
  6. kegiatan offline merupakan prioritas ya mas, jadi kalau bisa kita tetap mengutamakan nya, adapun untuk ngeblog, bisa dilakukan pas waktu senggang ;)

    ReplyDelete
  7. Iya gan..kegiatan offline proritasnya harus lebih..

    ReplyDelete
  8. Mas Budi, setiap blogger pasti mengalaminya. Jadi jangan khawatir kalau belum sempat blogwalking atau menulis artikel untuk pembaca. Kita punya skala prioritas masing-masing. Jangan bandingkan diri kita dengan blogger profesional yang kehidupannya memang bergantung dari dunia online yang mereka pilih. Itupun saya yakin, mereka tetap melakukan aktivitas sehari-hari minimal untuk keluarga dan sahabat.

    ReplyDelete
  9. kalau saya sih pokoknya setelah dapur sudah mengepul kerjaannya ya melototin monitor mas.padahal duitnya nggak seberapa,tp mungkin benar kata mas budi karena terlanjur cinta.jadi kalau lama nggak didepan monitor serasa ada yang kurang

    ReplyDelete
  10. aktivtas di dunia nyata memang harus di utamakan ya mas, jangan sampai ngeblog malah ngganggu pekerjaan offline kita,. harapannya ya kita bisa seimbang antara aktivitas online dan offline ;)

    ReplyDelete
  11. tapi kalo online jangan sampai lupa dunia nyata mas..

    ReplyDelete
  12. kalau saya mesti seimbang antara online dan offline :D

    ReplyDelete
  13. kalau saya lebih memprioritaskan kegiatan offline mas, soalnya lebih penting sih hehehe :D
    kalau ngeblog sih untuk kegiatan sampingan aja ;)

    ReplyDelete