Memiliki Usaha Sendiri merupakan kebanggan tersendiri bagi sebagian besar pencari nafkah.


Memiliki Usaha Sendiri

Bas-studio.com - Mencari nafkah adalah kewajiban setiap manusia setelah menginjak dewasa. Inilah tuntutan bagi kita dalam memenuhi kebutuhan sehari hari baik untuk diri sendiri, anak, istri dan keluarga.

Berbeda beda cara orang dalam bekerja atau mencari nafkah diantaranya adalah dengan menjadi TKI, buruh tani, kuli bangunan, pekerja srabutan, karyawan diperusahaan besar, ada juga yang membuka usaha milik sendiri dan lain sebagainya. Yang mana ke semua ini adalah bentuk pekerjaan yang bisa dijadikan sebagai lahan dalam mencari nafkah.   

Tanpa memandang rendah diantara salah satu jenis pekerjaan, Memiliki Usaha Sendiri merupakan kebanggan tersendiri bagi sebagian besar pencari nafkah.

Jika diberi dua pilihan antara menjadi karyawan di sebuah perusahaan dan memiliki usaha sendiri, manakah yang anda pilih? tentu sebagian besar jawaban adalah memiliki usaha sendiri. Karena disamping bekerja, pekerjaan itu juga milik kita sendiri. Lain halnya dengan menjadi karyawan, kita hanya bekerja tapi pekerjaan itu bukan milik kita.

Setiap bidang pekerjaan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, termasuk Memiliki Usaha Sendiri. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangannya :

Kelebihan Memiliki Usaha Sendiri :

* Bekerja sesuai kehendak hati, bukan berarti bekerja seenaknya sendiri tapi di sini maksudnya adalah tidak mendapatkan tekanan dalam menjalani suatu pekerjaan. Artinya, ia dapat menikmati pekerjaannya sesuai bentuk usaha yang telah menjadi pilihannya. Orang yang memiliki usaha sendiri cenderung berawal dari kesukaan dan dengan kesukaan inilah ia menjalani pekerjaannya dengan senang hati atau sesuai kehendak hati.

* Bekerja dan berlibur kapan saja, sebagai pemilik usaha segala kontrol ada di tangan pemiliknya. Ia dapat menjadwal jam kerja dan dapat berlibur kapanpun ia mau tidak ada yang melarangnya dan tidak perlu ijin ke sana ke mari.

* Menjadi bos bukan karyawan, ketika usaha yang dikelola telah berkembang dengan baik, tidak menutup kemungkinan akan membutuhkan karyawan untuk membantu mengerjakan pekerjaan dalam usaha yang dikelolanya dan itu berarti ia telah menjadi bos dan bukan karyawan. hehe 

Kekurangan Memiliki Usaha Sendiri :

* Resiko bangkrut, saya rasa kekurangan dari memiliki usaha sendiri mungkin hanya ada pada resiko bangkrut. Dimana usaha yang dikelolanya mulai tidak berkembang dengan baik dan tidak mampu mengatasinya hingga pada akhirnya kandas di tengah jalan alias bangkgrut.

Usaha milik sendiri yang sukses dan mampu bertahan lama biasanya berangkat dari bakat dan hoby si pemiliknya. Karena dengan hoby dan memiliki bakat ia bisa memilih usaha yang cocok baginya, sehingga ia dapat mengelolanya dengan maksimal karena memang ia paham betul dengan bidangnya. Baca Menggali Potensi Diri Menuju Sukses sebagai inspirasi buat anda dalam meniti karier.

Menurut pengalaman yang saya dapatkan, memiliki usaha sendiri lebih banyak kelebihan dibanding kekurangannya. Dan dari beberapa kelebihan dan kekurangan di atas, setidaknya kita dapat mempertimbangkan bidang pekerjaan apa yang cocok buat kita dalam mencari nafkah. Adapun pilihannya dikembalikan pada diri masing-masing. Baca juga Potensi Kaya Ada Pada Setiap Manusia 

Demikian yang dapat saya uraikan tentang Memiliki Usaha Sendiri, kurang lebihnya mohon maaf dan semoga dapat membantu. Terima Kasih..  


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

13 comments:

  1. saya juga ingin membuka usaha sendiri jika sdh punya modal nanti, enak ya mas gak diperintah orang terus menerus jadinya :D tapi sayangnya org desa kalau punya usaha sendiri itu biasanya tdk sempat merenovasi rumah krn uangnya trs digunakan utk mempersebae usaha, hmmm...

    ReplyDelete
  2. Memiliki usaha sendiri memang mengasikkan banyak tantangannya juga.

    ReplyDelete
  3. Apapun itu untuk memiliki usaha sendiri pasti banyak rintangan, sulit di awal dan indah bila telah sukses :)

    ReplyDelete
  4. Sama Mas, saya juga lebih baik punya usaha sendiri, tapi sekarang modal belum ada hehehe

    ReplyDelete
  5. senengnya kalo punya usaha sendiri yia bos, tinggal dudukmanis uangpun mengalir, hehehe...

    ReplyDelete
  6. usaha sendiri memang lebih nyaman dan menyenangkan, tetapi butuh usaha lebih keras

    ReplyDelete
  7. sudah lama sekali saya berkeinginan untuk membuka usaha sendiri, sudah capek mas jadi karyawan terus. thanks mas sudah mengingatkan :)

    ReplyDelete
  8. Saya belum waktunya bekerja harus mikirin sekolah dlu mas,, thanks sharenya .. kalau sudah dewasa mau coba bangun usaha sendiri

    ReplyDelete
  9. boleh juga mas, namun usaha sendiri agak keras ketimbang jadi karyawan.

    ReplyDelete
  10. Memiliki usaha sendiri masih menjadi keinginan saya yang ampe saat nie belum tercapai, selain ada kebanggaan tersendiri, dengan membangun usaha sendiri juga turut membantu pembangunan ekonomi bangsa. Seperti halnya yang dicontohkan Rasull yang mengajarkan berwirausaha (berdagang).

    ReplyDelete
  11. saya juga pengen banget mas bisa punya usaha sendiri, terutama ngeblog. Nggak mau jadi karyawan saya hehehe :D pengen nya jadi bos :D
    soalnya kalau jadi karyawan, nggak ada kepastian, dan resiko di banned juga akun nya :D

    ReplyDelete
  12. jadi lebih bebas ya mas kalau punya usaha sendiri, kalau mau sukses usaha nya kita harus bekerja keras ;)

    ReplyDelete
  13. Enak ya, bisa ngatur jadwal. Beda kalau kayak saya yang kuli pemerintah. Musti ngikuti jadwal yang sudah ditentukan dan tentunya gak bisa ditawar-tawar pula.

    ReplyDelete