Mengetahui beberapa Hal Penting Dalam Memulai Usaha Sendiri untuk dapat memilikinya


Hal Penting Dalam Memulai Usaha Sendiri

Bas-studio.com - Memulai usaha sendiri adalah pilihan yang tepat dalam meniti karier di masa mendatang. Karena memiliki usaha sendiri merupakan kebanggaan yang mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. 

Seenak dan sebaik apapun bekerja di tempat orang lain (menjadi karyawan) tentu tak sebanding dengan bekerja di tempat sendiri (menjadi pengusaha).

Memiliki usaha sendiri atau bisa disebut sebagai pengusaha lebih merasa nyaman dalam bekerja karena semua pekerjaan yang dilakoni adalah miliknya sendiri, ia bekerja untuk diri sendiri dan mendapatkan penghasilan untuk diri sendiri serta memakmurkan usaha yang dimilikinya.

Lain halnya dengan pekerja yang bekerja di tempat orang lain atau bisa dibilang sebagai karyawan. Ia cenderung merasa kurang nyaman dalam bekerja karena ia harus selalu bekerja di bawah perintah, hanya dapat upah dan memakmurkan usaha orang lain

Di sinilah kenapa memiliki usaha sendiri menjadi buronan para pencari nafkah pada era masa kini. Namun, untuk meraihnya tidaklah semudah membalik telapak tangan, karena harus melalui berbagai tahapan yang mungkin saja banyak rintangan dan tantangan. Dari sekian banyaknya orang yang menginginkan memiliki usaha sendiri tidak semuanya berhasil karena beberapa hal yang mungkin tidak mereka miliki.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dan ditanamkan sejak dini pada diri sendiri sebelum memulai usaha. Ini menunjang kesuksesan untuk memiliki usaha sendiri dan agar tidak putus ditengah jalan sebelum sampai tujuan.

Berikut beberapa Hal Penting Dalam Memulai Usaha Sendiri yang perlu diketahui dan dimiliki :

* Mengetahui potensi diri, Ini berkaitan dengan kemampuan yang bersumber dari bakat dan minat. Sebelum melangkah lebih jauh untuk memiliki usaha sendiri sebaiknya mengetahui potensi yang ada pada diri sendiri terlebih dahulu. Mengapa demikian? Ini bertujuan agar usaha yang dikelola dapat berkembang dengan baik dan bertahan lama, karena dengan mengetahui kemampuan diri sendiri bisa mengarahkan pada usaha yang tepat bagi dirinya, sehingga mampu mengelola usahanya dengan baik karena memang sudah paham betul dengan bidang yang digelutinya. Silahkan simak Menggali Potensi Diri Menuju Sukses

* Positif thinking, enggan untuk memulai sebuah usaha jika yang ada dalam pikiran hanya was-was dan rasa takut akan kegagalan. Tak sedikit orang yang memperhitungkan kerugian ketika hendak memulai sebuah usaha, ini boleh saja asal tidak berlebihan. Mengapa harus takut gagal sedangkan mencobanya saja belum dilakukan? was-was dan takut hanya boleh dilakukan ketika sudah berulang kali mengalami kegagalan. Cobalah berpikir positif, perhitungkan dan bayangkan hal yang baik-baik tentang usaha yang akan anda kelola, yakinlah bahwa anda akan sukses dengan usaha anda. Ini sangat berpengaruh besar pada kesuksesan usaha yang anda kelola, "Inni inda dhonni abdi" sesungguhnya saya ada pada prasangka hambaku. hadits Rosul, mohon maaf saya tidak tahu Rowinya. 

* Niat yang kuat, setelah menentukan pilihan usaha yang tepat dan yakin akan sukses dengan usaha yang dikelola maka tanamkan niat yang kuat pada diri anda untuk segera memulai dan mengelolanya. Tidak jarang orang yang punya keinginan untuk memulai usaha sendiri tapi berhenti sebelum memulainya karena niat yang ada sebelumnya telah lenyap diterpa badai. Dengan niat yang kuat akan menjadikan seseorang tahan banting, ia tidak mudah menyerah dan ia akan terus berusaha sebelum menggapai cita-citanya .

* Mempersiapkan Modal, ini yang sering kali menjadi penghambat untuk memulai usaha. Karena setiap usaha membutuhkan biaya maka harus mempersiapkan modal untuk bisa memulainya. Ada berbagai cara dalam mempersiapkan modal, bisa dengan menabung sejak dini atau bisa juga dengan modal pinjaman dan lain sebagainya. Untuk memulai sebuah usaha bisa disesuaikan dengan kemampuan modal yang ada, tidak harus dilakukan dengan cara yang spektakuler karena melangkah itu lebih kecil resikonya dari pada meloncat. Apapun itu caranya modal dipersiapkan, setelah mengetahui potensi diri, berpikir positif dan didukung oleh niat yang kuat maka dalam mempersiapkan modal akan terasa lebih ringan dan segeralah memulai usaha.

Demikian beberapa Hal Penting Dalam Memulai Usaha Sendiri yang dapat saya uraikan berdasarkan pengalaman pribadi, kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih semoga dapat membantu.


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

16 comments:

  1. pencerahan yang bermanfaat mas. untuk berwirausaha memang bukan sekedar modal, tapi kita harus tahu potensi yang dapat dkembangkan supaya modal usahanya tidak hilang dengan sia-sia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf narziz di sini, sambil noel-noel Kang Ucup deh hhh :D
      Saya sependapat dengan Akang Ucup, Usaha dan Ihktiar
      Sangat penting sekali, saya support semua dan kasih 2 Jempol :-bd

      Delete
  2. Mungkin untuk yang sangat penting adalah mental,modal,niat, kemauan, dan kerja keras :)

    ReplyDelete
  3. dan siap mental .... hehehe :)

    ReplyDelete
  4. selain hal diatas dibutuhkan kesabaran dan keuletan karena kesuksesan nggak ada yang dapat diperoleh secara instant

    ReplyDelete
  5. yang menjadi kendala besar kebanyakan di masalah modal yaa mas, seperti yang saya alami belum mempunyai modal untuk membuka usaha :)
    thanks mas motivasinya, jadi lebih semangat lagi nih

    ReplyDelete
  6. Pentingnya dalam hidup entah masih sendiri ataupun sudah berkeluarga
    Memiliki Usaha juga punya perusahaan sendiri, sangatlah penting untuk
    kelangsungan hidup. karena tidak sedikit orang yang sudah berkeluarga
    namun, tidak bisa menafkahi, gara-gara tidak memprsiapkan usahanya sejak dini
    Artikelnya. Gue banget Mas Budi makasih yah?

    ReplyDelete
  7. Saya punya semangat membara Mas, tapi gk punya modal sama sekali hhehehehe

    ReplyDelete
  8. modal memang harus disiapkan yia bos, modal mental,materi dan lainya...

    ReplyDelete
  9. wah harus diperhatikan nih hal-hal diatas agar usaha yang kita geluti bisa sukses dan membuahkan hasil optimal ya mas ;)

    ReplyDelete
  10. Kadang dalam hati juga berpikiran ingin berusaha atau membuka usaha sendiri namun orang tua tidak mensetujuinya dikarenakan, orang tua saya berasal dari golongan pegawai. Well, apapun itu yang penting tetep berusaha toh juga Tuhan akan membantu memberikan jalan menuju pintu rejeki kepada kita manusia asalkan kita mau berusaha dan tidak berdiam diri. Tutorial yang sangat menarik mas, saya suka :)

    ReplyDelete
  11. mantab, ini yang sedang saya cari,,untuk memotifasi dalam memulai usaha sendiri... :)

    ReplyDelete
  12. yang penting itu niat dan Action gan, jangan cuma rencana-rencana saja :)

    ReplyDelete
  13. jadi apabila kita ingin sukses usaha, harus memperhatikan hal hal diatas ya mas, mantap nih artikel nya ;)

    ReplyDelete
  14. List-nya lengkap dan oke Mas.

    ReplyDelete