Flash eksternal merupakan salah satu aksesoris pelengkap kamera, yang dapat membantu pencahayaan ketika dalam kondisi cahaya yang sangat rendah.


Bas-studio.comMeskipun memakai kamera dslr, sering kali kita masih mengalami kekurangan cahaya disaat memotret dalam keadaan cahaya yang sangat rendah, misalnya memotret pada malam hari, di ruangan yang gelap dan lain sebagainya. Apalagi hanya memakai hp yang kelasnya di bawah standar, sangat kecil sekali kemungkinannya untuk mendapatkan pencahayaan yang cukup dalam kondisi minim cahaya seperti ini.

Flash merupakan salah satu aksesoris pelengkap kamera, dimana flash dapat membantu pencahayaan ketika memotret dalam kondisi cahaya yang sangat rendah.

Flash Eksternal Pelengkap Kamera DSLRMenurut pengalaman saya pribadi dan sepengetahuan saya selama ini ada dua macam flash pada alat fotografi. Yakni flash internal (flash bawaan kamera) dan flash eksternal (flash dari produk lain yang dirancang sebagi aksesoris pelengkap kamera).

Pada dasarnya setiap kamera, baik dslr, pocket, hp dan yang lainnya sudah dilengkapi dengan flash, yang berfungsi mendukung pencahayaan pada kamera tersebut, yakni flash internal.

Namun, flash internal (flash bawaan kamera) biasanya memiliki kapasitas yang sangat terbatas sekali. Maka dari itu, para fotografer sering kali melengkapi kameranya dengan flash eksternal untuk mendukung pencahayaan ketika memotret dalam kondisi minim cahaya.

Nah, seperti gambar di atas itulah Flash Eksternal Pelengkap Kamera DSLR yang saya maksud di sini. 

Dalam kesempatan kali ini saya hanya ingin mengenalkan aksesoris pelengkap kamera dslr yakni flash eksternal seperti gambar di atas. Sekedar sebagai tambahan pengetahuan buat teman-teman yang belum mengetahuinya. 

Selama yang saya tahu, flash ini hanya berlaku pada kamera dslr. Untuk kamera pocket dan hp saya kurang tahu. Pada era persaingan dalam bidang teknologi seperti saat ini, mungkin saja akan diciptakan flash yang super canggih untuk kamera pocket maupun hp kedepannya.

Adapun flash ekternal sendiri banyak sekali merek dan modelnya. Biasanya disesuaikan dengan merek dan model kameranya. Tidak semua flash ekternal ini cocok untuk setiap jenis kamera, jadi perlu tahu juga mana yang cocok dan mana yang tidak cocok. Ribet juga ya hehe..



Terima Kasih, Semoga Bermanfaat

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

7 comments:

  1. saya mau beli Mas, tapi sayang belum punya kameranya :D

    ReplyDelete
  2. saya belum memiliki kamera dslr begini.. memotret foto hanya dengan menggunakan kamera cell phone sahaja.. hehe..

    ReplyDelete
  3. wah ternyata harus pakai flash eksternal ya mas apabila kita ingin hasil jepretan nya lebih bagus ;)

    ReplyDelete
  4. jadi kalau pasang flash ini, bisa bikin efek samping ya mas, yakni gambar foto hasil jepretan bisa lebih terang dan cerah

    ReplyDelete
  5. saya masih nabung dulu buat beli kamera monyong, flashnya bisa menyusul, hehe

    ReplyDelete
  6. Falsh model ini memang pas banget untuk pelengkap kamera dslr untuk menuangkan karya kreatifitas di dalam photonya.

    Salam

    ReplyDelete