cara print foto dalam jumlah banyak, cara mencetak foto macam-macam ukuran dalam satu kertas


Print Foto Dalam Jumlah Banyak
Cara Print Foto Dalam Jumlah Banyak

bas-studio - Print foto dalam jumlah banyak di sini adalah dimana kita akan mencetak satu foto yang digandakan dalam jumlah banyak dengan menggunakan alat printer.

Dalam hal ini kita akan menggunakan program photoshop sebagai media perantaranya. Kenapa harus photoshop? karena mencetak foto melalui photoshop lebih efektif ketimbang yang lainnya. Sebagaimana yang pernah saya tulis pada tutorial tentang mencetak foto melalui photoshop pada beberapa kesempatan yang lalu, bahwa dengan melalui photoshop kita lebih leluasa untuk mengatur ukuran serta dapat menghemat kertas yang kita gunakan dalam proses mencetak foto tersebut. Namun ada sedikit kelemahannya, yakni kita tidak bisa mencetak foto dalam jumlah yang banyak secara otomatis, semua proses dilakukan secara manual.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum kita mencetak foto dalam jumlah yang banyak melalui photoshop ini. Karena proses dilakukan secara manual, maka hal pertama yang perlu diketahui dalam hal ini adalah membuat atau menentukan ukuran kanvas baru, dimana kanvas baru tersebut yang akan kita gunakan sebagai tempat untuk menggandakan atau memperbanyak foto yang akan dicetak. Dalam hal ini silahkan dipelajari dulu Cara Menentukan Ukuran Canvas Baru Pada Photoshop yang telah tersedia. Pastikan ukuran kanvas sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan.

Setelah kita membuat kanvas dan menentukan ukurannya, langkah selanjutnya yang perlu diketahui adalah membuat ukuran foto, misalnya dengan ukuran 4R, 3R atau pas foto dengan ukuran 2X3, 3X4, 4X6 dan seterusnya. Dalam hal ini jika ada yang belum tahu bisa baca dulu Cara Membuat Ukuran Foto Pada Photoshop yang telah tersedia juga.

Nah, untuk proses printingnya mari kita ikuti Cara Print Foto Dalam Jumlah Banyak di bawah ini :

1. Anggap saja gambar di bawah adalah contoh Kanvas dan Foto yang telah siap dengan ukurannya. Di sini saya memakai contoh foto ukuran 3X4 dan ukuran kanvas sesuai kertas A4.   

2. Langkah selanjutnya, silahkan pindahkan foto yang ada di samping kanan ke Kanvas kosong yang ada di samping kiri, hingga tampak seperti contoh gambar di bawah ini.

3. Setelah foto dipindahkan pada kanvas kosong dan Karena kita akan mencetak atau print foto dalam jumlah yang banyak maka kita harus menggandakannya. Jika anda belum tahu cara menggandakannya bisa baca dulu Cara Duplikasi Foto Dalam Satu Kanvas yang telah tersedia. Silahkan gandakan foto sesuai keinginan masing-masing dan tata dengan rapi seperti contoh gambar di bawah ini.

4. Langkah yang terakhir setelah foto siap untuk diprint melalui photoshop, maka silahkan ikuti Cara Mencetak Foto Melalui Photoshop yang telah tersedia. Dan selesai sudah. 

Demikian beberapa uraian tentang Cara Print Foto Dalam Jumlah Banyak yang bisa saya berikan.

Terima Kasih, Selamat Mencoba

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

15 comments:

  1. maaf nanya mas kalau ukuran besar mungkin ukuran gambar dinding begitu bisa nggak pake print
    makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pakai print kertas setahuku plng besar ukuran 8inci x 10inci mbak,selebihnya ya pakai banner.soalnya aq dirumah kerjanya cetak fhoto.kalaupun ada printernya yasusah nyari kertasnya.maaf mas budi nyelonong njawab ya

      Delete
  2. wah jadi lebih hemat waktu dan tenaga ya mas kalau print foto nya bisa rombongan getu, kalau diprint satu per satu bisa lama banget ya hmmm :)

    ReplyDelete
  3. gampang banget caranya gan, kaya ditukang cuci foto gitu ya. hehe

    ReplyDelete
  4. Wah jarang jarang nih ilmunya. Soalnya selama ini saya Print fotonya manual. Alias satu per satu. Saya pelajari dulu deh nih . Kayaknya sih sederhana dan mudah diterapkan :)))

    ReplyDelete
  5. aq pun kalau cetak lebih 4 lembar ya pakai potoshop mas,jadi bisa ngirit kertas

    ReplyDelete
  6. Ohh, jadi seperti itu ya.
    Saya sering lihat tukang print foto edit-edit taunya langsung banyak, ehh ternyata begini caranya..

    ReplyDelete
  7. owh caranya seperti itu ya sob,,,, dapet ilmu baru nih,,

    ReplyDelete
  8. print banyak-banyak, simpan dengan rapi. Ntar kalau diperlukan tinggal diambil dari stok yang sudah tersedia. Sip. Makasih tutorialnya Mas.

    ReplyDelete
  9. tentu lebih menjimatkan (hemat) jika print banyak begini ya..

    ReplyDelete
  10. Wah bisa siap-siap buka studio poto nih..
    Terima kasih sharenya sobat.

    Happy Blogging..

    ReplyDelete
  11. Wah praktis, mkasih trik photsopnya

    ReplyDelete
  12. dulu saya malah pake cara manual, wkwkwk emang dasar dulu masih gaptek :D

    ReplyDelete
  13. cara u=ini yang biasa di pake di tempat cuci foto ya Mas....???

    ReplyDelete
  14. cocook untuk bisnis percetakan ya mas, bisa print dengan jumlah foto banyak, jadi tinggal sekali pencet, maka foto sudah otomatis tercetak dengan sendirinya. kita jadi bisa mengerjakan tugas yang lain :)

    ReplyDelete