Monday, April 7, 2014

Cara Mengubah Background Menjadi Layer 0

Mengubah Background Menjadi Layer 0

Bas-studio - Mengubah background menjadi layer 0 merupakan salah satu kegiatan editing dalam photoshop, dimana kita akan mengubah background suatu foto menjadi layer 0 atau bisa disebut juga dengan transparan.

Ini sangat penting sekali untuk diketahui ketika kita hendak memodifikasi background foto dengan background lain, misalnya dengan background pemandangan, abstrak, gradient, animasi dan lain sebagainya. Dalam hal ini bisa anda lihat pada contoh Cara Memodifikasi Background Foto Dengan Photoshop yang telah tersedia.

Pada kesempatan beberapa pertemuan yang lalu kita telah membahas tentang duplikasi foto, yakni dimana kita dapat menggandakan satu foto menjadi banyak dalam satu kanvas. Saya harap teman-teman sudah bisa mempraktekkannya, dan bagi yang belum tahu bisa dipelajari juga Cara Duplikasi Foto Dalam Satu Kanvas yang telah tersedia.

Nah, untuk kesempatan kali ini kita akan belajar mengubah background menjadi layer 0. Kenapa harus diubah menjadi layer 0 dan untuk apa? Karena jika foto itu masih dalam bentuk aslinya (belum diubah) maka background foto tersebut tidak bisa dihapus, dan jika tidak bisa dihapus maka tidak bisa dimodifikasi dengan background lain. Jadi, mengubah background menjadi layer 0 ini adalah yang biasanya dilakukan pada editing foto dalam proses modifikasi background. Begitu kira-kira, hehe.

Proses mengubah background menjadi layer 0 ini sangat mudah sekali, saya yakin setelah anda mengikutinya dijamin pasti bisa. Jika tidak, itu mungkin saja karena anda tidak mengikuti langkah-langkah di bawah secara seksama.

Ini dia Cara Mengubah Background Menjadi Layer 0 :

1. Buka program photoshop, ambil foto yang akan diubah. Anggap saja gambar di bawah adalah contohnya. Perhatikan yang ditunjuk anak panah pada gambar di bawah, foto yang baru saja kita masukkan ke dalam photoshop biasanya pada kolom Layer yang ditunjuk anak panah itu berstatuskan "Background". Nah, background inilah yang nantinya akan kita ubah menjadi "Layer 0".    

2. Langkah selanjutnya silahkan klik "Layer" pada menu atas kemudian klik "New" lalu pilih "Layer From Background" dan klik "OK" pada langkah selanjutnya. Lebih jelasnya perhatikan contoh di bawah.

3. Maka perhatikan lagi yang ditunjuk anak panah seperti gambar di bawah. Yang tadi tulisannya adalah "Background" sekarang menjadi "Layer 0". Itu berarti foto ini telah siap untuk dimodifikasi dan itu berarti juga telah selesai tutorial kali ini. Mudah kan???

Gambar di bawah adalah contoh Layer 0 yang telah di hapus backgroundnya menjadi transparan. Untuk proses penghapusannya bisa anda pelajari Cara Menghapus Background Foto Dengan Photoshop yang tellah tersedia.

Demikian langkah mudah tentang Cara Mengubah Background Menjadi Layer 0. Dan jangan lewatkan tutorial menarik lainnya tentang photoshop di : 

TIPS MUDAH BELAJAR PHOTOSHOP

Terima Kasih, Selamat Mencoba

20 komentar

Terimakasih atas caranya mas, ijin copy ke ms word saya :D

Wah dapet ilmu Photoshop baru nih :-d

atau bisa juga dengan mengklik background dua kali ya mas :)

wah.. mudah hanya dengan klik di photoshop dapat mengubah background nya.. terima kasih sharing.. :D

asiiik belajar lagi dengan photoshop nih,,, makasih sob

wah izin nyimak mas buat belajar

thanks atas tutorialnya sob, jadi tambah ilmu...

thanks tutornya mas,saya amankan dulu

makasih tutorialnya mas :) Saya langsung nyoba nih hehe

Ternyata gampang bikin trnspran backgrond
Makasih mas

ternyata begitu toh caranya biar background ilang. thanks gan share nya :D

wah ternyata background bisa dihilangkan juga ya mas, menarik sekali nih, nanti bisa diganti dengan background pemandangan alam ;)

ini termasuk salah satu cara menghilangkan background pada foto kita ya mas :)
makasih sharingnya mas, saya telah belajar banyak dari blog ini tentang photosop :D

Waah mantap nih. jadi nambah ilmu lagi nih seputar photoshop.. terima kasih.

semakin mantap saja ilmu mengenai photoshop yang saya peroleh dari blog super ini...luarbiasa....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

edit phot memang asyik sekali yaa mas, apalgi kalau sudah mahor seperti mas Budi ini
:)

saya biasanya pake doble clik trus OK ,,thanks artikelnya mas

saya belum bisa dapat sertifikat lulus nih kayaknya :), harus banyak belajar Mas :D

jadi lebih keren ya mas foto nya, bisa di buat background warna warni atau polos aja ya ;)

he he gan aku rasa masih sukar gan


EmoticonEmoticon