Cara membuat ukuran foto 4x6 dengan photoshop merupakan salah satu proses pembuatan ukuran ketika foto hendak dicetak.


Cara Membuat Ukuran foto 4x6 Dengan Photoshop

Bas-studio - Cara membuat ukuran foto 4x6 dengan photoshop merupakan salah satu proses pembuatan ukuran ketika foto hendak dicetak.

Kenapa musti dengan photoshop? bukannya membuat ukuran foto 4x6 itu sudah ada secara otomatis dalam proses mencetak foto?

Ada beberapa kelebihan yang didapatkan dalam membuat ukuran foto 4x6 dengan photoshop diantaranya : 

(i) kita dapat mengeditnya terlebih dahulu sebelum proses pencetaan foto itu dilakukan, misalnya dengan mencerahkan, mengganti background, mengatur warna dan lain sebagainya. Sebagai contohnya lihat Cara Mencerahkan Foto Dengan Photoshop 

(ii) kita dapat menggandakan foto yang hendak dicetak sesuai keinginan masing-masing, kita dapat menggandakannya dengan jumlah ganjil berapapun kita mau dan tidak harus dengan jumlah genap. Untuk hal ini bisa anda lihat Cara Duplikasi Foto Dalam Satu Kanvas

(iii) kita dapat menghemat kertas ketika hendak mencetak foto dengan printer dalam jumlah yang banyak karena dengan mencetak foto melalui photoshop kita dapat mengatur posisinya sesuai keinginan masing-masing. Dalam hal ini bisa anda pelajari Cara Mencetak Foto Melalui Photoshop 

Nah, berikut ini Cara Membuat Ukuran Foto 4x6 Dengan Photoshop yang cukup sederhana dan praktis :

1. Silahkan buka program photoshop yang anda miliki, ambil dan masukkan foto ke dalam photoshop. Anggap saja gambar di bawah adalah foto yang akan kita buat ukuran 4x6.   

2. Langkah selanjutnya silahkan klik "Crop Tool" pada menu samping kiri yang saya beri tanda anak panah berwarna biru, kemudian ganti angka pada anak panah berwarna kuning dengan angka 4cm dan ganti dengan angka 5.5cm pada anak panah berwarna merah. Seperti contoh gambar di bawah

3. Kemudian drak atau tekan dan tarik ke bagian foto yang diinginkan dan tekan enter pada keyboard. Maka selesai sudah pembuatan ukuran foto 4x6 nya.

Di bawah adalah contoh ukuran foto 4x6 yang telah kita buat dengan mudah tadi. Cukup mudah bukan??..

Demikian langkah mudah tentang Cara Membuat Ukuran Foto 4x6 Dengan Photoshop. Dan jangan lewatkan tutorial menarik lainnya tentang photoshop di : 

TIPS MUDAH BELAJAR PHOTOSHOP

Terima Kasih, Selamat Mencoba

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

13 comments:

  1. menarik nih artikelnya mas,itu gambar istrinya yamas?kwkwkw

    ReplyDelete
  2. saya biasa pake corel untuk mengatur ukuran foto. kalau di photoshop cuma ngedit saja. ladi ribet ya. tapi sekarang saya sudah tahu cara membuat ukuran foto dengan photoshop, jadi nggak harus membuka 2 aplikasi deh :)

    ReplyDelete
  3. Ukuran foto 4X6 Termasuk foto clouseup bukan yah Mas Budi
    Menarik artikelnya, bisa di praktekan untuk trik cara membuatnya
    Sukses selalu Mas Budi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang fotonya udah direparasi bisa juga disebut foto clouseup mas.. sukses juga mas Saud..

      Delete
  4. Wah keren nih bisa dimaksimalkan kalau begini.

    Karena selama ini saya menggunakan fotoslate untuk tujuan mencetak foto 4x6.

    Jadi cara ini wajib saya coba, makasih mas..

    Datang ya ditunggu komentarnya

    ReplyDelete
  5. ternyata bisa menggunakan ps ya mas, saya pernah di ajari teman menggunakan corel, ternyata dengan ps lebih muda ya mas..

    ReplyDelete
  6. biar kertas fotonya hemat dan ukurannya pas. Eh tapi ngomong-ngomong kalau saya ukur, foto-foto yang dicetap di studio foto itu gak persis 4cm x 6 cm atau 3 cm x 4cm ya Mas, mengapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sendiri kurang tau sejarahnya mbk, mungkin karena udah terlanjur disebut dengan ukuran 4x6, 3x4 dst. meskipun ukurannya tidak pas tetap aja disebut seperti itu. 4x6 saya buat dengan ukuran 4x5.5 soalnya terlalu memanjang dan itu tidak apa-apa asal jangan sampai 4x4 aja. hehe

      Delete
  7. ternyata mudah sekali yia bos, tapi sayang saya ga punya potoshop, hehehe...

    ReplyDelete
  8. biasanya ukuran foto 4x6 ini sering digunakan ya mas untuk cetak foto, misalnya untuk keperluan ijasah, lamaran kerja, dll. Jadi kita bisa tentukan ukuran foto nya ya manakala ingin segera di cetak foto nya. Mantap mas ;)

    ReplyDelete