Cara Membuang atau menghilangkan Garis Tidak Penting Pada Foto dengan menggunakan program photoshop


Membuang Garis Tidak Penting Pada Foto

Bas-studio - Pernahkah anda memiliki foto lama? Dimana foto tersebut adalah satu-satunya foto kesayangan anda, namun rusak karena terdapat garis-garis bekas lipatan atau yang lainnya.

Selama garis-garis atau noda bekas lipatan tersebut tidak terlalu banyak, anda tidak perlu menghawatirkannya karena foto anda masih bisa diperbaiki.

Dengan mengeditnya melalui program photoshop foto tersebut masih dapat terselamatkan dan kembali hadir menjadi foto kesayangan anda.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan belajar memperbaiki foto, yakni dengan Cara Membuang Garis Tidak Penting Pada Foto. Kita akan menghilangkan garis-garis atau noda yang terdapat pada foto dengan berlahan, sedikit demi sedikit hingga garis atau noda tersebut hilang sama sekali.

Pada tutorial photoshop yang lalu saya pernah menulis tentang cara menghilangkan jerawat pada foto, dimana di sana telah diuraikan langkah-langkah membersihkan wajah dari noda jerawat, bahkan yang membandel sekalipun. Jika anda belum sempat mengikutinya bisa ikuti juga Cara Menghilangkan Jerawat Pada Foto yang telah tersedia.

Langkah-langkah pada tutorial kali ini hampir sama dengan langkah menghilangkan jerawat, hanya saja mungkin ada beberapa perbedaannya. Berikut Cara Membuang Garis Tidak Penting Pada Foto :

1. Silahkan ambil foto anda yang rusak, masukkan ke program photoshop anda. Dalam hal ini jika ada yang belum bisa silahkan lihat Cara Membuka File Dalam Photoshop. Anggap saja gambar di bawah adalah contoh foto yang akan kita perbaiki.  

2. Langkah selanjutnya silahkan klik "Patch Tool" pada menu samping kiri yang saya beri tanda anak panah berwarna merah. Setelah itu seleksikan atau lingkarkan pada bagian yang bergaris/bernoda seperti contoh pada anak panah berwarna biru. Lalu drak atau tekan dan geser ke bagian yang bersih kemudian lepaskan. Lihat contoh gambar di bawah.

3. Lakukan langkah tadi berulang kali pada setiap obyek yang ingin diperbaiki dengan sabar dan telaten, sehingga seluruh garis/noda telah terhapuskan. Jika sudah maka akan seperti contoh gambar di bawah. Dan selesai sudah..

Gambar di bawah adalah perbandingan foto sebelum dan sesudah diperbaiki. Anda bisa melakukannya dengan yang lebih baik lagi

Demikian uraian tentang Cara Membuang Garis Tidak Penting Pada Foto. Dan jangan lewatkan tutorial menarik lainnya tentang photoshop di : 

TIPS MUDAH BELAJAR PHOTOSHOP

Terima Kasih, Selamat Mencoba

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

10 comments:

  1. aaa makasi buanyak buat tutorialnya...

    lah itu foto mbahnya siapa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fotonya jadi lebih apik dan bersih hasil dari tutorial ini
      Yah Mas Budi, tuh lihat sampai Mbak Ocah senyum-senyum terus :D

      Delete
  2. Waah aku juga punya banyak foto yang rusak nih mas.. jadi pingin membenarkannya. tapi kurang jago soal photoshop nih.. hehehe

    ReplyDelete
  3. wah hebat gambarnya jadi mulus, makasih mas ilmunya buat saya terapkan. ^.^

    ReplyDelete
  4. Artikel yang sangat Bermanfaat sekali untuk mengedit Photo
    Agar garis yang tak perlu hilang, namun Photo nya tetep utuh
    Yah Mas, ini sangat menambah pengetahuan saya pada PhotoShop
    Makasih atas tutorialnya Mas Budi. semanagat terus :)

    ReplyDelete
  5. waah keren, gambar yang kusam bisa jadi cerah kayak gitu ya :)

    ReplyDelete
  6. wow mantaf juga aplikasi potoshop ini ya mas,,dari yang jelek bisa jadi rapi dan bagus..

    ReplyDelete
  7. jadi masih bisa di reparasi yah kalau garis2nya sedikit..

    ReplyDelete
  8. jadi kelihatan lebih bersih dan bening ya mas tampilan foto nya. menarik sekali nih tutorialnya ;)

    ReplyDelete