Memberi garis tepi pada teks adalah proses dimana kita akan memberi garis tepi pada teks atau tulisan yang kita buat dengan pilihan warna sesuai selera masing-masing,


garis tepi teks
Cara Memberi Garis Tepi Pada Teks Di Photoshop

bas-studioUntuk memberi garis tepi pada teks atau tulisan sebenarnya bisa dikerjakan dengan menggunakan berbagai macam perangkat lunak, tidak hanya dengan photoshop saja, misalnya dengan menggunakan coreldraw, microsoft office dan lain sebagainya.

Sebagaimana yang anda tahu, bahwa di sini saya hanya menyajikan tutorial dengan menggunakan photoshop, maka dalam proses memberi garis tepi pada teks ini pun photoshoplah yang saya gunakan sebagai medianya.

Memberi garis tepi pada teks merupakan salah satu kegiatan editing dalam olah seni grafik, dimana kita akan memberi garis tepi pada teks atau tulisan yang kita buat dengan pilihan warna sesuai selera masing-masing, tentunya dengan penyesuaian yang seimbang. Sehingga teks atau tulisan yang kita buat akan tampak cantik dan menarik.   

Pada kesempatan beberapa waktu yang terlewatkan kita telah banyak belajar tentang teks atau tulisan diantaranya adalah membuat efek gradient pada teks, saya harap teman-teman sudah bisa membuatnya sendiri, dan buat anda yang belum sempat mempelajarinya bisa baca dulu Cara Membuat Efek Gradient Pada Teks yang telah tersedia. 

Nah, setelah bisa membuat efek gradient pada teks, dalam kesempatan kali ini teman-teman juga akan bisa memberi garis tepi pada teks. Ini bisa dibilang cukup mudah untuk dikerjakan karena memang memberi garis tepi pada teks ini serig kali digunakan dalam seni grafik. Meskipun mudah, belum tentu juga ini mudah bagi teman-teman kita yang baru mengenal photoshop.

Berikut Cara Memberi Garis Tepi Pada Teks Di Photoshop :

1. Anggap saja gambar di bawah adalah contoh teks atau tulisan yang telah kita buat, dalam hal ini jika ada yang belum tahu bisa baca Cara Membuat Tulisan Dengan Photoshop yang telah tersedia.     

2. Langkah selanjutnya silahkan klik "Add a layer style" pada menu bawah samping kanan, kemudian pilih "Stroke" seperti contoh gambar di bawah.

3. Maka akan muncul kolom seperti gambar di bawah. Silahkan pilih warnanya pada tempat yang saya beri tanda anak panah berwarna biru, dan silahkan tentukan ukurannya pada tempat yang saya beri tanda anak panah berwarna merah. Jika warna dan ukurannya dirasa telah sesuai silahkan klik "OK" dan selesai sudah. 

Gambar di bawah adalah contoh teks yang telah kita beri garis pada tepinya. Jika teman-teman ingin menambahkan efek bayangan silahkan baca Cara Membuat Efek Bayangan Teks yang telah tersedia.

Demikian langkah mudah tentang Cara Memberi Garis Tepi Pada Teks Di Photoshop. Dan jangan lewatkan tutorial menarik lainnya tentang photoshop di : 

TIPS MUDAH BELAJAR PHOTOSHOP

Terima Kasih, Selamat Mencoba

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

14 comments:

  1. tutorial photoshopnya oke punya...sederhana namun mudah dipahami.....luarbiasa...keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyah bener ya bang, saya yang gagap photoshop azh juga bisa nih langsung praktek.

      Delete
  2. wah keren nih, fontnya jadi lebih bagus (y) Nice mas :)

    ReplyDelete
  3. nanti kapan2 akan saya coba praktekkan mas..kepingin belajar potoshop :)

    ReplyDelete
  4. bas studio ini emang jagonya photoshop

    ReplyDelete
  5. font nya kelihatan lebih jelas selepas dibuat garis tepinya..

    ReplyDelete
  6. jadi lebih profesional yamas bila teks dikasih garis tepi

    ReplyDelete
  7. Dengan trik ini, jadi lebih jelas yah Mas sisi pada teks
    Dan bisa mempertebal pandangan pada pading dang margin teks
    Makasih atas tuturial photoshopnya Mas Budi. salam sukses :)

    ReplyDelete
  8. thanks atas tutorialnya semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Waah perlu langsung di praktekin nih..

    ReplyDelete
  10. Hm, beberapa bulan dr sekarang saya akan menjadi akrab dg sofware ini... mulai belajar dr sekarang...

    *tuntutanhidup.com ^_^

    ReplyDelete
  11. membuat teks di photoshop bisa dikreasikan dengan berbagai cara ya mas..

    ReplyDelete
  12. wah saya masih awam sekali dengan photoshop, izi nerapin ilmunya mas

    ReplyDelete
  13. jadi kelihatan lebih rapi ya kalau foto atau teks gambar ada garis tepi nya ;)
    bagus ini tutorialnya ;)

    ReplyDelete