Duplikasi foto dalam satu kanvas adalah proses menggandakan satu foto menjadi dua, tiga atau sebanyak-banyaknya kemudian dimodivikasi dalam satu kanvas (halaman).


Duplikasi Foto

bas-studio - Duplikasi foto dalam satu kanvas adalah proses menggandakan satu foto menjadi dua, tiga atau sebanyak-banyaknya kemudian dimodivikasi dalam satu kanvas (halaman).

Mengenai duplikasi foto ini dapat dikerjakan dengan menggunakan berbagai macam perangkat lunak seperti photoshop, coreldraw, microsoft office dan lain sebagainya. Namun di sini saya memilih photoshop sebagai media tutorial saya dalam olah seni fotografi.

Adalah merupakan kebanggaan dan memiliki daya tarik tersendiri ketika kita mampu menduplikasi foto dan dimodifikasi dalam satu kanvas seperti halnya contoh gambar di atas. Disamping sebagai bentuk kreasi, duplikasi foto ini juga sangat penting untuk diketahui bagi teman-teman kita yang ingin mencetak foto sendiri dengan menggunakan printer melalui program photoshop, dimana kita akan mencetak satu foto dalam jumlah yang banyak.

Pada kesempatan beberapa waktu yang lalu saya pernah memberikan tutorial tentang cara mencetak foto melalui photoshop, ini sengaja saya tulis untuk memenuhi kebutuhan teman-teman yang ingin mencetak foto sendiri melalui program photoshop tapi belum tahu cara mengerjakannya. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mengikuti tutorial ini dan kebetulan punya printer sendiri di rumah bisa mempelajari Cara Mencetak Foto Melalui Photoshop yang telah tersedia jika belum bisa memulainya.

Nah, untuk kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang Cara Duplikasi Foto Dalam Satu Kanvas yang erat sekali hubungannya ketika kita ingin mencetak foto dalam jumlah yang banyak, disamping itu juga kita dapat membuat sebuah kreasi duplikasi foto sebagaimana contoh gambar di atas. Ini dibilang cukup mudah untuk dikerjakan, tapi bukan untuk teman-teman kita yang baru mengenal photoshop.

Berikut Cara Duplikasi Foto Dalam Satu Kanvas :

1. Karena kita akan melakukan duplikasi foto dalam satu kanvas maka langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat atau menentukan ukuran kanvas baru terlebih dahulu, jika dalam hal ini ada yang belum tahu silahkan pelajari Cara Menentukan Ukuran Canvas Dalam Photoshop dulu. Jika sudah, silahkan masukkan foto yang akan diduplikasi ke dalam photoshop, dalam hal ini jika belum tahu juga bisa baca Cara Membuka File Dalam Photoshop. Setelah langkah-langkah tadi selesai anggap saja gambar di bawah adalah contoh kanvas dan foto yang telah kita kerjakan tadi.   

2. Langkah selanjutnya, silahkan klik "Move Tool" pada menu atas samping kiri yang saya beri tanda anak panah berwarna biru, kemudian drak / tekan pada foto seperti contoh tanda anak panah merah dan geser ke arah kanvas sehingga kanvas terisi dengan foto yang akan diduplikasi. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah.

3. Kemudian klik kanan pada "Layer 1" (tempat yang saya beri tanda anak panah berwarna biru), lalu pilih "Duplicate Layer" seperti contoh tanda anak panah warna merah pada gambar di bawah dan klik "OK" pada kolom selanjutnya. Teman-teman bisa menduplikasi foto sesuai keinginan masing-masing. 

4. Perhatikan kotak berwarna merah pada gambar di bawah. Layer yang tadinya hanya ada satu sekarang menjadi tiga dan itu berarti foto yang ada dalam kanvas sebenarnya sudah menjadi tiga, hanya saja masih dalam kondisi bertumpuk. 

5. Langkah yang terakhir, silahkan klik "Move Tool" lagi seperti contoh di bawah, kemudian klik dan tekan pada foto yang ada dalam kanvas lalu geser satu persatu, sehingga tampak seperti gambar di bawah dan selesai sudah. Jika teman-teman ingin menghiasi dengan memodifikasi backgroundnya bisa baca Cara Memodifikasi Background Foto Dengan Photoshop yang telah tersedia. 

Demikian uraian tentang Cara Duplikasi Foto Dalam Satu Kanvas, dan jangan lewatkan tutorial menarik lainnya tentang photoshop di : 

TIPS MUDAH BELAJAR PHOTOSHOP

Terima Kasih, Selamat Mencoba

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

17 comments:

  1. langsung dipraktekan mas,, kebetulan lagi pengen oprek photo kesayangan saya...hehe :D

    ReplyDelete
  2. mantep nih tutornya,mendetail banget,sangat bermanfaat terutama bagiku.thx mas

    ReplyDelete
  3. Mas Bas emang ahlinya deh kalau masalah potoshop :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah betul mas parai.. mas bas memang masternya photoshop.. hehe

      Delete
  4. ohh jadi begitu ya mas caranya.. hehe makasih mas tipsnya :)

    ReplyDelete
  5. asyik juga ya tinggal bikin duplikasi agar obyek foto jadi banyak, jadi bisa juga dibikin efek bayangan ya mas hasil dari duplikasi tersebut. Cocok ini untuk foto model ;)

    ReplyDelete
  6. cara ini pastinya sering dipakai di tempat cetak foto kalau ada konsumen yang memesan print pas foto ukuran 2x3, 3x4, dan setrusnya ya mas hehe...
    terima kasih mas telah sahre, saya baru tahu cara ini

    ReplyDelete
  7. kalo dah ngerti mah gampang ya sebenernya photoshop th, sayang banget saya engga bisa :(

    ReplyDelete
  8. wah keren ya sob,,,
    emang admin bas-studio ini ahlinya dalam photoshop

    ReplyDelete
  9. tips nya sangat mudah ya mas bisa di coba ni

    ReplyDelete
  10. keren gan tutornya, mudah ya ternyata :D

    ReplyDelete
  11. dicoba-coba dulu gan, thanks infonya

    ReplyDelete
  12. nyimak dulu gan terus mau praktek, soalnya saya baru terjun di dunia photoshop

    ReplyDelete
  13. untuk bikin duplikasi memang sangat mudah ya mas. Yang tersulit mungkin pembuatan foto pertama nya ya, soalnya harus kreatif dan penuh imajinasi biar hasil jepretann nya bisa bagus ;)

    ReplyDelete
  14. Ih anak siapa sih yang difoto itu? Imut banget.
    Kalau trik ini betul kata Mbak Ririn, memang relatif mudah dibanding ngerjain foto pra-wedding yang barusan di tulisan mas Budi yang satunya. Tapi sip Mas tutorialnya, jelas dan bisa diikuti.

    ReplyDelete
  15. mengolah foto menjadi bagus memang sangat mengasyikkan ya mas, jadi bisa berkreasi sesuka hati ;)

    ReplyDelete