Membuat Artikel
Selamat datang,, di bas-studio.com 

Salam sahabat untuk semua pengunjung dan pembaca baik dari dalam maupun manca Negara serta tak lupa teman blogger yang tercinta. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan oleh yang Maha kuasa sehingga dapat menjalankan aktifitas keseharian dengan penuh bahagia.

Lagi - lagi kaget ya, katanya membuat bahan bakar tapi gambarnya kok artikel?? Apa hubungannya bahan bakar dan artikel?? kok tidak nyambung banget?? hehe.. Jangan hawatir dan tidak perlu kaget lagi, teruskan saja membaca dan anda akan tahu isi serta maksudnya.

Pada kesempatan yang lalu saya pernah menggambarkan website atau blog ibarat pesawat terbang, di mana pesawat itu belum bisa terbang jauh karena minimnya persediaan bahan bakar. Jika anda penasaran silahkan simak Pesawatku Belum Bisa Terbang Jauh. 

Dan saya juga menggambarkan website atau blog itu ibarat kendaraan bermotor, di mana setiap kendaraan bermotor pasti membutuhkan bahan bakar. Adalah sangat mustahil jika kendaraan bermotor bisa berjalan tanpa bahan bakar. Begitu umpamanya, website atau blog yang kita miliki juga membutuhkan bahan bakar, di mana website atau blog bisa terus berjalan dan tidak mogok di tengah jalan dengan adanya persediaan bahan bakar yang memadai. Jika anda belum tahu bahan bakarnya silahkan simak dan baca Bahan Bakar website Atau Blog.

Sekarang anda sudah tidak kaget lagi kan,, dan tentunya anda juga sudah tahu maksud saya bahwa bahan bakar yang saya maksud di sini adalah posting atau artikel. Di mana setiap website atau blog sangat membutuhkan adanya hal itu seperti kendaraan bermotor yang membutuhkan adanya bahan bakar.

Nah, yang akan kita bicarakan kali ini adalah membuat bahan bakar. Jika anda telah membaca ke dua artikel saya di atas tentu saja anda sudah tahu kalau bahan bakar website itu agak sulit didapatkan. Tidak ada yang menyediakan bahan bakar utnuk website atau blog yang bisa kita beli, kalaupun ada itu belum tentu baik untuk website atau blog kita. Oleh karena itu kita harus membuat bahan bakar sendiri menambang dan mengolahnya sendiri sehingga siap dijadikan bahan bakar yang bermutu untuk kendaraan bermotor kita, dan itu jauh lebih baik karena kita sendirilah yang lebih tahu seluk beluk kendaraan bermotor itu yakni website atau blog yang kita miliki.

Tentang membuat bahan bakar yakni membuat posting atau artikel di website atau blog bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kita bisa membuatnya dengan hasil karya sendiri, kita juga bisa membeli dan juga bisa dilakukan dengan cara mengkopy paste karya orang lain. Namun setahu saya dan yang pastinya, melakukan kopy paste tanpa ijin atau yang biasa disebut dengan plagiasi terhadap karya orang lain itu sangat melanggar kode etik perblogingan dan itu sangat tidak dianjurkan. Adapun membeli artikel itu juga kurang baik, disamping banyak menguras kantong juga belum tentu cocok dengan website atau blog kita.

Kenapa plagiasi itu sangat melanggar kode etik perblogingan? tentu anda sudah tahu jawabannya karena saya yakin dan yang pastinya semua orang tidak suka kalau hasil karya yang telah dibuat dengan susah payahnya digondol tanpa pamit dan dijiplak begitu saja, tentunya anda merasa dirugikan kan.

Dan kalau saya boleh berpendapat, website atau blog yang tersedia di dunia maya ini baik yang gratisan maupun dengan pembayaran adalah untuk dimiliki baik bersifat pribadi maupun golongan (perusahaan) begitu dengan seluruh isinya. Jadi, setiap website atau blog lengkap dengan seluruh isinya adalah sepenuhnya hak milik sang empunya (pemiliknya) dan saya yakin ini adalah hal yang sangat berharga. Jika anda melakukan plagiasi itu sama saja halnya dengan anda mencuri perhiasan milik orang lain. Anda tahu sendiri kan kalau mencuri itu bukan perilaku yang terpuji dan tentunya banyak sangsi yang akan didapati.

Maka dalam hal ini sebaiknya dan sebisa mungkin kita usahakan untuk membuat posting atau artikel dengan karya kita sendiri, itu lebih berarti dan dapat dinikmati. Kalaupun kita tertarik dengan artikel orang lain dan ingin memakainya untuk bahan bakar blog kita alangkah lebih baiknya jika kita minta ijin dulu sama sang empunya (pemiliknya). Adapun tentang cara-cara membuat posting atau artikel yang baik dan berkualitas mohon maaf saya tidak membahasnya, karena terus terang saya belum matang dalam hal ini. Anda bisa cari dan mempelajarinya di blog teman-teman yang lebih mahir dalam hal ini. Dan dalam kesempatan kali ini saya hanya memberikan sedikit inspirasi saja.

Demikian sedikit artikel saya dengan judul Membuat Bahan Bakar Sendiri. Semoga anda terinspirasi untuk membuat artikel sendiri, tidak dengan membeli ataupun plagiasi.


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

8 comments:

  1. wah akhir-akhir ini saya kesulitan bikin bahan bakar mas, soalnya nggak punya ide untuk menulis. Harus cari inspirasi yang banyak nih :)

    ReplyDelete
  2. Wah saya kira membuat bahan bakar minyak,, hehe

    ReplyDelete
  3. kalau saya mencari bahannya di situs-situs teknologi luar negeri kemudian diramu dengan bahasa dan gaya sendiri

    ReplyDelete
  4. kalau admin blog ada banyak, pasti lebih mudah ya mas untuk bikin bahan bakar, soalnya blog nya dikelola secara bersama-sama :D

    ReplyDelete
  5. setuju dengan membuat bahan bakar sendiri ke ideal an ng'blog akan didapatkan, tapi jangan salah juga, bahan bakar akanmenjadi sangat sempurna jika tidak mentabukan referensi dari orang lain agar hasil yang ditambangnya lebih sempurna...kan ilmu kita terbatas...
    gimana tuh?...nanti akan kerasa kalau udah ribuan artikel yang kita punyai deh

    ReplyDelete
  6. Selalu ada bahan bakar bagi para kreator seperti Kang Bas dalam mengembangkan kreatifiats di blog bas-studio ini. Mantap deh... :D


    Salam

    ReplyDelete
  7. harga bahan bakar sekarang mahal ya mas seperti bensin, pertamax, dan minyak tanah :D
    jadi kita harus bisa menciptkan bahan bakar sendiri agar lebih hemat pengeluaran :)

    ReplyDelete
  8. Harus banyak belajar membuat bahan bakar ni

    ReplyDelete