Makna Tenggang Rasa Dalam Hidup Bersama

Salam sahabat semua di manapun berada, semoga selalu ceria dan senantiasa menjalankan aktivitas dengan mulia . .

Disamping sebagai makhluk individu, makhluk yang memiliki hak asasi yakni berhak melakukan apa saja sesuka hati manusia juga merupakan makhluk sosial di mana satu sama lain saling membutuhkan dan saling butuh untuk dihargai.

Pernahkah karya anda tidak dihargai oleh orang lain? dan bagaimanakah rasanya? saya yakin anda merasa sakit hati ketika karya anda tidak dihargai orang lain apalagi dihinanya, itu manusiawi karena memang pada dasarnya setiap manusia tidak ada yang mau dihina. Coba bayangkan jika blog yang telah dengan susah anda membangunnya, merawatnya dan mengisinya dengan karya orisinal anda, tiba tiba dalam komentar ada seorang teman dengan begitu PDnya tanpa mempertimbangkan rasa ia menghina karya anda, apa yang anda rasakan? tentu anda merasa sakit hati, jika tidak itu berarti anda sudah tidak punya rasa atau mungkin memang anda juga suka menghina. 

Memang, sebagai makhluk individu kita berhak melakukan apa saja, namun jika menyinggung atau menyakiti orang lain itupun tidak baik dampaknya. Tidak menghargai karya orang lain, tidak menghormati pendapat orang lain ini merupakan praktek yang biasa dilakukan dalam kehidupan hewan yang mana hewan selalu mengedepankan kepentingan diri sendiri tanpa peduli kepentingan yang lain. Pernahkah anda melihat karya seekor kambing? pernahkah anda mendengar pendapat seekor kucing? mungkin itu tidak pernah kita jumpai. Wajar kalau kambing tidak saling menghargai, wajar kalau kucing tidak saling menghormati karena untuk berkarya atau berpendapatpun mereka tidak bisa dan memang mereka tidak dibekali untuk itu. Tapi kita, manusia yang dibekali dengan akal dan pikiran, mampu berkarya dan berpendapat, apa jadinya jika tidak lagi saling menghargai dan menghormati. Semut saja bisa rukun dan akur dalam komunitasnya, silahkan baca Berkaca Pada Kebersamaan Sebuah Komunitas Semut

Sebagai makhluk sosial, makhluk yang hidup bermasyarakat, tentu satu sama lain saling berkaitan. Menjaga perasaan, menghargai dan menghormati sangat dibutuhkan dalam kehidupan bersama. Namun tidak jarang kita merasa tersinggung dan sakit hati yang ditimbulkan karena krisisnya tenggang rasa dalam masyarakat. Apa itu tenggang rasa? tentu anda lebih mengerti ketimbang saya, yang pasti tenggang rasa itu indah dipandang dan enak dirasa, saya yakin semua orang pun suka. Perpecahan dan permusuhan kerap terjadi dan akan bertambah besar lagi jika krisis tenggang rasa ini tidak segera diatasi. Mari kita menghargai karya orang lain, mari kita menghormati pendapat orang lain karena dengan begitu karya kita akan dihargai orang lain dan pendapat kita akan dihormati orang lain, sehingga tercipta tenggang rasa antar sesama jauh dari rasa sakit hati yang bisa menimbulkan perpecahan dan permusuhan antar sesama, di sinilah makna tenggang rasa dalam hidup bersama itu akan terasa. 


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

7 comments:

  1. Tenggang rasa itu memang enak di rasa dan dilihat ya Mas, Karena dalam perbedaan terdapat kenikmatan bila kita dapat menyikapinya dalam hal positif.

    Salam

    ReplyDelete
  2. kita selaku makhluk sosial tentunya tidak bisa dipisahkan dari tenggang rasa ini ya mas...jangan smpai keegoisan menghancurkan keharmonisan yang sudah tercipta dengan tenggang rasa...

    ReplyDelete
  3. orang jawa sangat hati2 dalam menjaga tenggang rasa, tata krama dan tepa selira ya mas :) makanya kalau ada org yg tdk menjaga hal2 seperti itu akan dibilang "wong jowo ora eruh jawane", hehehe :D

    ReplyDelete
  4. tenggang rasa, saling hormat dan menghormti, serta saling pengertian memang sangat dianjurkan ya mas. Sehingga terjadi win win solution dalam kehidupan bermasyarakat :)

    ReplyDelete
  5. ane juga sering tenggang rasa sob. tapi orang lain yang nggak punya tenggang rasa sama ane. Jadi gimana sob kalau begitu?

    ReplyDelete
  6. tenggang rasa ini memang bagus banget ya mas, jadi bisa saling meghargai satu sama lain :)

    ReplyDelete