Dampak negatif perkembangan teknologi masa kini dapat memperburuk pesikis, mental dan moral manusia


Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Masa Kini

Salam Sahabat semua di manapun berada, semoga senantiasa dalam keadaan baik-baik saja.

Semakin tua usia dunia semakin canggih teknologi yang ada. Dulu, sekedar untuk tahu berita kejadian dalam negeri saja begitu sulit didapatkan karena perkembangan teknologi belum sepesat masa kini, tv - handphone - internet masih sulit dijumpai pada waktu itu. Namun, hal tabu yang membelenggu di masa itu dapat terentaskan seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih dewasa ini, mencari berbagai macam berita, informasi, bisnis dan lain sebagainya kini dapat dilakukan dengan sangat mudah melaui tv - handpone - internet dan sejenisnya. Tentu dengan kemajuan teknologi sekarang ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kita, diantaranya adalah dapat memudahkan kita dalam mencari informasi. Namun dibalik manfaat yang sangat menguntungkan ini ternyata begitu banyak juga dampak negatifnya atau bisa juga kita sebut efek samping. Layaknya sebuah obat, setiap obat dapat menyembuhkan penyakit tapi juga mengandung efek samping bagi tubuh kita.

Manfaat dari perkembangan teknologi tentu berdampak positif, seperti obat yang telah menyembuhkan penyakit kita, oleh karenanya tidak perlu kita bahas lagi. Yang perlu dibicarakan dan perlu kita antisipasi di sini adalah akibat dari perkembangan teknologi yang dapat menimbulkan dampak negatif yang sangat merugikan bagi kita, karena dampak negatif ini dapat memperburuk perkembangan pesikis, mental dan moral kita. Seperti obat, di satu sisi telah menyembuhkan penyakit tapi di sisi lain obat itu justru menumbuhkan penyakit baru yang tidak kita tahu. Dengan terciptanya teknologi yang super canggih ini memberikan peluang besar bagi tangan - tangan jahil untuk melakukan tindakan yang tidak baik, memanfaatkan teknologi untuk mencuri, menipu, menyebarkan / menonton situs porno dan lain sebagainya yang kesemua itu bisa menjadi penyakit bagi penggunanya. Dampak negatif ini dapat menyerang siapa saja, tidak hanya menyerang orang dewasa, namun anak - anak pun bisa menjadi penderitanya.

Coba mari kita ulas beberapa dampak negatif perkembangan teknologi masa kini sesuai masing - masing penggunanya :

Dampak negatif perkembangan teknologi masa kini bagi orang dewasa :

Orang dewasa banyak maunya, mereka bisa melakukan apa saja dengan akal, tenaga dan keberaniannya. Banyak diantara mereka yang belum tahu tentang internet, mereka belajar dengan sungguh - sungguh untuk bisa menggunakannya. Tapi tahukah anda, apa yang mereka pelajari? 

Mereka mendengar bahwa internet bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan, setelah mereka mahir menggunakan internet mereka coba untuk menambah penghasilan melalui internet, dirasa dengan cara yang baik kurang menguntungkan, terlalu ribet dan butuh proses yang lama akhirnya mereka mencari jalan pintas tanpa peduli dampak negatif yang akan ditimbulkannya, mereka memanfaatkan kecanggihan teknologi melalui handphone maupun internet untuk menipu, mencuri dan lain sebagainya tanpa disadari bahwa itu bisa merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. 

Selain dapat melakukan tindakan kriminal, mereka juga bisa memanfaatkan internet untuk kesenangan dengan menyebar / menonton pornografi yang tanpa disadari semua itu bisa meracuni otak dan berdampak buruk bagi moral manusia. Gambaran dari seksual yang tidak manusiawi semuanya telah dicontohkan dalam situs - situs pornografi. Tindakan seksual yang tidak semestinya, ayah menghamili anaknya, guru mencumbui muridnya, satu lawan seribu dan seringnya terjadi pemerkosaan merupakan kerusakan moral manusia yang tidak menutup kemungkinan itu disebabkan oleh makin maraknya situs pornografi yang sangat mudah dijumpai.   

Dampak negatif perkembangan teknologi masa kini bagi anak - anak :

Coba bayangkan, bagaimana perasaan dan apa kehawatiran anda jika tahu anak atau adik anda ternyata penggemar pornografi?

Ada sebuah cerita, "Toni (8 tahun) mendapat tugas dari sekolah untuk mengumpulkan gambar binatang mamalia sebanyak - banyaknya, ia pergi ke warnet untuk mendownload gambar - gambar tersebut, selesai mendownload gambar Toni meluangkan waktu sejenak untuk membuka salah satu situs porno, saking serunya ia tidak peduli orang - orang disekitar. Di waktu yang sama, Ani (kakaknya Toni) pergi ke warnet untuk mencari bahan makalah kuliahnya, tidak sengaja warnet yang dikunjungi itu sama dengan warnet yang dikunjungi adiknya. Ani tidak tahu kalau adiknya juga ada di situ, kebetulan tempat duduk yang masih kosong ada di sebelah tempat duduk adiknya. Sambil duduk Ani menengok ke samping, ternyata apa yang dilihat oleh Ani? Adiknya (Toni) sedang asyik menonton video porno. Sambil tercengang Ani mengucap istighfar".  Sesampai di rumah, Ani coba mengajak bicara sama adiknya

Ani   : tadi di warnet ngapain aja dik . .?
Toni : donwload gambar - gambar binatang mamalia kak . .
Ani   : bener cuma donwload gambar itu aja . .?
Toni : bener kak . .
Ani   : berbohong itu dosa lho, tadi kakak melihat kamu lagi asyik nonton video porno kan . .?
Toni : iya kak . .
Ani   : udah sering kamu nonton gituan . .?
Toni : udah kak . .
Ani   : kok bisa - bisanya kamu lihat begituan, siapa yang mengajari kamu . .?
Toni : gak ada yang ngajarin kak . .
Ani   : lalu kamu tahu situs pornografi seperti itu dari mana . .?
Toni : awalnya saya main game, nah di samping kanan halaman game itu ada gambar kedip - kedip gitu kak, karena saya penasaran ya langsung aja saya klik, eh ternyata seru banget kak . .

Cerita ini saya buat sendiri dengan nama samaran berdasarkan realita yang ada di daerah saya, 
mohon maaf jika ada kesamaan baik nama maupun ceritanya.

Yang perlu digaris bawahi dalam cerita di atas adalah pengakuan Toni yang telah menemukan situs pornografi dengan begitu mudahnya. Seperti kita tahu, begitu banyak iklan atau script pop-up yang disisipkan ke beberapa website yang tanpa diklik pun dapat muncul sendiri. Dari kecanggihan teknologi seperti ini bisa disimpulkan bahwa hanya dengan sekali sentuhan saja anak - anak dapat melihat isi dunia. 

Dampak negatif teknologi berupa internet bagi anak - anak yang paling dominan dan sangat membahayakan adalah maraknya situs - situs pornografi. Anak usia dini yang sudah dicekoki tayangan - tayangan pornografi akan terganggu pesikisnya, mereka bisa kecanduan, cenderung ingin mencoba, kehilangan konsentrasi, suka berbohong, malas belajar, prestasi menurun, dan jika semua itu terjadi maka akan merusak mental dan moral mereka.

Demikian beberapa Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Masa Kini yang bisa saya paparkan dan tentu masih banyak lagi dampak negatif lainnya. Dengan mengetahui dampak negatif ini mudah - mudahan bisa menjadi referensi untuk mengantisipasinya.


logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

21 comments:

  1. Salah satu control sosial di media sosial memang harus di lakukan oleh segala pihak, dan hal ini tidaklah mudah ya Kang. Apalagi dengan adanya kenjuan teknologi pada jaman sekarang ini.

    Salam

    ReplyDelete
  2. Selamat malam bas
    Oohh jadi selain banyak manfaatnya dunia teknologi masa kini ada efek sampingnya juga yaa bas he hehee
    Yeah saking banyaknya tersedia situs" yang tidak bermanfaat, khususnya porno...
    Kejadian dech seperti cerita toni yang tidak sengaja jadi terbiasa

    ReplyDelete
  3. Harus ada bimbingan ortu untuk anak dibawah umur yang pasti mas jangan biarkan mereka larut dalam sebuah dunia yang belum bisa mereka fahami.Untuk saat ini dimana mana banyak berita tentang penipuan di dunia maya mungkin lewat chating sekarang ini tambah marak jadi memang perlu waspada

    ReplyDelete
  4. Hangat prihatin sekali dengan media internet jaman sekarang
    Semakin di larang site yang gak layak untuk anak-anak ehh
    Malah semakin banyak dan bebas yah Mas Bass, makasih atas sharenya :)

    ReplyDelete
  5. teknologi seperti dua sisi mata uang, di satu sisi membantu manusia tapi di sisi lain punya banyak ekses negatif

    ReplyDelete
  6. itu dia sisi negatif dan positifnya dunia internet di jaman kita ini protek untuk situs itu masih blum terlalu intens.. pdhl bhaya sekali anak yg blum cukup umur sudah melihat gituan..

    ReplyDelete
  7. waduh jangan sampai deh anak-anak di sekitar kita dewasa sebelum waktunya gara-gara penggunaan teknologi tanpa pengawasan

    ReplyDelete
  8. sekarang ini memang banyak sekali dampak negatif nya ya mas sebgai konsekuensi perkembangan teknologi. Jadi kita harus hati-hati dalam memanfaatkan berbagai teknologi :)

    ReplyDelete
  9. sulit ngawasin dan membatasinya, sudah semakin leluasa mengakses situs semacem itu, apa lagi ada smartpne

    ReplyDelete
  10. Untuk itulah peranan orang tua sangat penting untuk bisa memperhatikan setiap kegiatan anak di luar rumah :)

    ReplyDelete
  11. Dewasa sebelum waktunya ya.. teknologi akan bermanfaat jika dilakukan dengan sebijaknya. Anak-anak masih butuh pengawasan..

    ReplyDelete
  12. segala hal pasti ada dampak baik buruknya sih ya >.<
    pengawasan dan bimbingan orangtua udah pasti dituntut banget ke depannya

    ReplyDelete
  13. ibu bapa (parents) seharusnya mengawal aktiviti anak mereka.. iklan di television juga banyak menunjukkan contoh yang tidak baik.

    ReplyDelete
  14. miris juga ya dengan perkembangan internet sekarang yang digunakan pada hal negatif... semoga orang tua, saudara, mengawasi tindak tanduk sianak...tapi klu org dewasa semoga memikirkan baik2 terhadap apa yang dilakukannya

    ReplyDelete
  15. Teknologi adalah pedang bermata dua (Emang ada pedang bermata satu..? Hi..hi...)
    Tapi bener, bahwa teknologi acapkali membawa dampak buruk bagi anak-anak kita. Pengawasan orang sangat penting. Penting anak-anak kita menguasai teknlogi, tetapi lebih penting lagi menjaga agar mereka terbebas dari ekses negatifnya.

    ReplyDelete
  16. kemajuan teknologi informasi juga memberikan damoak buruk kepada anak2 ya mas, maka dari itu kita hrs memblokir IP adress dari situs dewasa agar bisa meminimalisir dampak buruk yg mungkin terjadi :D

    ceritanya lucu banget gara2 ada gambar kedip2 akhirnya bisa liat adegan seru ya mas, hehehe :D

    ReplyDelete
  17. setiap perubahan dan perkembangan, pasti selalu ada dampak positif dan negatif nya ya mas :)

    ReplyDelete
  18. susah juga ya ngeblok situs situs v_po*n0, udah gitu, di facebook malah semakin menjamur, padahal fb bisa diakses siapa saja.

    ReplyDelete
  19. sebenar nya semakin majunya teknologi kita juga senag tapi ad faktor faktor yang harus kita perhatikan di sekitar lingkungan dan keluarga kita, nice pos

    ReplyDelete
  20. Yang pasti peran orang tua itu sangat diperlukan...dan juga berfikir secara positif mungkin jauh lebih baik

    ReplyDelete
  21. Semakin maju dunia teknologi, selain membawa manfaatnya yang semakin hebat, juga bisa menimbulkan kerugian yang besar..

    Nah yang bahaya, kalau kita ngak bisa memanfaatkan teknologi dengan baik..

    ReplyDelete