Cara Menghitamkan Rambut Dengan Photoshop merupakan suatu proses dimana kita akan mewarnai atau mengubah warna rambut dengan warna hitam.


Cara Menghitamkan Rambut Dengan Photoshop
Salam pecinta fotografi.. Baik dari dalam maupun manca negeri, Tetaplah eksis belajar photoshop bersama kami.

Di pertemuan yang lalu kita telah membahas Cara Memutihkan Wajah Dengan Photoshop yang merupakan materi sangat menarik dan juga paling banyak digunakan dalam mengedit foto. Saya harap teman - teman sudah bisa serta telah mencobanya dan bagi yang ketinggalan atau belum sempat mempelajarinya bolehlah ditengok dulu.

Nah, setelah bisa memutihkan wajah dengan photoshop teman - teman akan segera mampu menghitamkan rambut yang kemerah-merahan atau juga rambut yang beruban, karena kali ini kita akan membahas Cara Menghitamkan Rambut Dengan Photoshop.

Menghitamkan Rambut merupakan suatu proses dimana kita akan mewarnai atau mengubah warna rambut dengan warna hitam. Misalnya, ketika teman - teman memiliki foto yang warna rambutnya agak kemerah-merahan atau pirang dan kebetulan teman - teman tidak menyukainya, maka kita bisa mengubah warnanya menjadi hitam. Tentunya dengan tetap eksis di tutorial kami. hehe

Seperti yang pernah saya katakan bahwa di photoshop banyak menu yang sama dan langkah - langkah yang hampir sama pula tapi bisa memberikan hasil yang berbeda, oleh karena itu saya harap teman - teman tidak bosan jika nanti menemukan banyak kesamaan baik dalam langkah maupun menu photoshop yang saya gunakan dalam tutorial ini. Termasuk Cara Mengubah Warna Rambut Dengan Photoshop pada postingan yang telah berlalu, menu dan langkahnya hampir sama dengan materi kali ini, hanya saja di tutorial Cara Mengubah Warna Rambut yang saya tekankan adalah kita bisa mengubah-ubah warna rambut sesuai selera masing-masing sedangkan kali ini saya fokuskan pada warna hitam (menghitamkan rambut). Menu dan langkah boleh sama yang penting hasilnya kan beda. hehe

Berikut Cara Menghitamkan Rambut Dengan Photoshop :

1. Seperti biasa, silahkan buka program photoshop dan masukkan foto yang akan kita hitamkan rambutnya, jika masih ada yang belum tahu juga bisa baca di sini. 

2. Agar lebih detil dan lebih mudah untuk mengerjakannya sebaiknya kita perbesar dulu tampilan foto yang akan kita hitamkan rambutnya, dalam hal ini yang belum tahu bisa baca dulu Cara Memperbesar Tampilan Foto Dalam Photoshop. Dan langkah selanjutnya silahkan klik "Brush Tool" pada menu kiri yang saya beri tanda anak panah berwarna biru, kemudian klik "Edit In Quick Mask Mode" pada menu kiri yang saya beri tanda anak panah berwarna merah dalam contoh gambar di bawah.

3. Setelah itu silahkan sapukan Brush Tool pada bagian rambut yang mau dihitamkan dan jika sudah silahkan klik lagi "Edit In Quick Mask Mode" pada menu kiri yang saya beri tanda anak panah berwarna merah seperti contoh gambar di bawah.

4. Maka akan muncul lingkaran pada bagian rambut dan tepi foto seperti gambar di bawah, silahkan klik "Select" dan pilih "Inverse"pada menu atas yang saya beri tanda anak panah berwarna biru. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah.

5. Kemudian klik "Creat new fill or adjustments layer" dan pilih "Hui/Saturation" pada menu bawah samping kanan seperti contoh yang saya beri tanda anak panah berwarna biru dalam gambar di bawah.

6. Silahkan ubah atau hitamkan rambutnya pada tempat yang saya beri lingkaran berwarna merah dalam contoh gambar di bawah, untuk menghilangkan lingkaran pada rambut silahkan tekan "Ctrl"+"D" pada keyboard dan selesai sudah

Cara Menghitamkan Rambut Dengan Photoshop

Berikut perbedan rambut dari sebelum dan sesudah kita hitamkan tadi

Dan jangan lewatkan tutorial menarik lainnya tentang photoshop di :

TIPS MUDAH BELAJAR PHOTOSHOP

Terima Kasih, Selamat Mencoba

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

12 comments:

  1. Saya gak mahir photoshop mas.. tapi akan saya coba. Terimakasih infonya...

    ReplyDelete
  2. wah keren tuh Mas, mau praktek tapi sering gagal hehehe

    ReplyDelete
  3. Bisa gonta ganti warna dalam satu versi pasti asyik ya mas

    ReplyDelete
  4. kalo saya sih maunya diganti sama warna yang lain. jadi coklat gitu. biar kayak artis wkwkwkwk

    ReplyDelete
  5. cocok ini mas trik nya untuk modifikasi foto yang rambut nya pirang atau mungkin sudah putih ya hehehe :D
    jadi bisa kelihatan lebih muda lagi apabila rambut nya dibuat hitam :)

    ReplyDelete
  6. mantap sob, kebetulan rambut ane agak merah. jadi perlu di edit di photoshop. makasih tutorialnya

    ReplyDelete
  7. wah bisa nih, saya pengen buat rambut kaya dragon ball

    ReplyDelete
  8. seperti habis di crambath ya mas rambut nya, jadi kelihatan kinclong deh hehehe :D

    ReplyDelete
  9. Saya gak terlalu bisa sih tuk ngoperasikan Photoshop ini, saya kuarng begitu paham dengan tools-tools nya, Saya cuma tahu untuk menghapus dan mengganti background saja,selebihnya masih buta,, Tapi Tips dari Agan bisa saya coba nih,, Thx

    ReplyDelete
  10. mantap gan tutorialnya ... :D
    jadi nambah pengetahuan nih tentang photoshop

    ReplyDelete