Mencetak foto melalui photoshop dengan menggunakan alat printer adalah salah satu cara yang efektif dalam mewujutkan hasil karya sebuah foto.


Mencetak Foto Melalui Photoshop
Salam peinta editing.. Selamat datang kembali untuk mengikuti tutorial photoshop di bas-studio

Pada era digital printing seperti saat ini, sangat memudahkan para pecinta fotografi dalam mewujudkan hasil karya fotonya. Tidak perlu lagi pergi ke percetakan besar untuk mencetak foto dan menunggu lama, hanya dalam hitungan menit kita sudah bisa mencetak foto sendiri di rumah.

Bagi anda yang memiliki printer sendiri atau bagi teman-teman yang baru memulai membuka usaha percetakan sendiri di rumah dengan menggunakan alat printer, mungkin masih ada yang bingung bagaimana cara menggunakannya. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencetak foto dengan menggunakan printer, di sini saya tidak menguraikan cara penggunaan printer melainkan saya akan menjelaskan sedikit tentang cara mencetaknya saja.  

Mencetak foto melalui photoshop dengan menggunakan alat printer adalah salah satu cara yang efektif dalam mewujudkan hasil karya sebuah foto. Kenapa saya katakan efektif, apa dengan cara lain itu berarti tidak efektif?? bukan seperti itu maksud saya. Memang, untuk mencetak foto bisa dilakukan dengan berbagai cara melalui perangkat lunak yang tersedia. 

Namun menurut pengalaman saya, mencetak foto melalui perangkat lunak photoshop ini lebih banyak nilai positifnya ketimbang yang lainnya, diantaranya (1) kita bisa mengedit foto terlebih dahulu sebelum di cetak misalnya dengan mencerahkan foto yang mau dicetak, hal ini bisa dilihat dalam contoh Cara Mencerahkan Foto Dengan Photoshop (2) Kiita bisa lebih leluasa dalam menentukan ukurannya (3) Lebih menghemat kertas, karena kita dapat menata foto yang akan dicetak dengan sebaik mungkin agar tidak menghambur-hamburkan kertas. Dan tentunya masih banyak keistimewaan yang lainnya.

Oke, berikut Cara Mencetak Foto Melalui Photoshop :

1. Silahkan aktifkan program photoshop yang teman-teman miliki. Kemudian pilihlah foto yang akan dicetak dan masukkan ke dalam photoshop. Bagi yang belum tahu caranya bisa baca Cara Membuka File Dalam Photoshop. Gambar di bawah adalah contoh foto yang akan kita cetak.   

2. Nah, untuk mencetak foto tentunya kita harus membuat / menentukan ukurannya terlebih dahulu agar foto yang kita cetak sesuai dengan ukuran yang kita inginkan, dalam hal ini bisa teman-teman pelajari Cara Membuat Ukuran Foto Dengan Photoshop. Di sini saya ambil contoh dengan ukuran foto 4R. Setelah ukuran foto dirasa siap, silahkan klik "File" pada menu atas samping kiri kemudian arahkan kursor pada "Print" seperti contoh gambar di bawah.

3. Maka akan muncul kolom seperti gambar di bawah. Silahkan hilangkan centang pada tempat yang saya beri lingkaran berwarna merah dan rubah angka menjadi "0" pada tempat yang saya beri kotak biru dan klik "Print". Ini dilakukan supaya foto bisa berada di samping, tidak berada di tengah-tengah kertas. Dengan demikian kita bisa lebih menghemat kertas foto dan dapat kita pakai untuk mencetak foto lagi nantinya.

4. Dan akan muncul lagi kolom seperti gambar di bawah. Silahkan klik "Print" dan tunggu printer bekerja mencetak foto anda dan selesai sudah.

Demikian sedikit penjelasan tentang Cara Mencetak Foto Melalui Photoshop. Dan jangan lewatkan tutorial menarik lainnya tentang photoshop di : 

TIPS MUDAH BELAJAR PHOTOSHOP

Terima Kasih, Selamat Mencoba

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

18 comments:

  1. Waah mantap mas. jadi nambah ilmu nih// hehe

    ReplyDelete
  2. mudah mencetak menggunakan printer dari phptoshop.. boleh diedit dahulu foto sebelum iaya dicetak..

    ReplyDelete
  3. wah info menarik,,, maksih gan sharenya, o,y cara pasang photoshop di laptop window 7 gimana ya

    ReplyDelete
  4. Wah kebetulan saya ada printer butut, dan saya ingin mencetak buat
    Koleksi Pribadi saja Mas Budi, bisa belajar di artikel ini makasih Mas Budi :)

    ReplyDelete
  5. wew, keren sob, bisa dicoba tuh, saya baru maen photoshop soalnya,, hehe

    ReplyDelete
  6. izim mempelajari mas, soalnya saya baru2 ini mencoba mendalami dunia editing :D khusunya photoshop

    ReplyDelete
  7. belum punya printernya :D
    yg penting tau cara pakenya dulu deh ya ^^

    ReplyDelete
  8. Tutorial yang sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  9. ternyata bisa juga ya cetak foto secara langsung dengan photoshop ini. Bisa dicoba mas ;)
    Tq ;)

    ReplyDelete
  10. ini nih yang saya cari cari hehe.. ijin nyicip mas.. mau praktekin dullu hehe

    ReplyDelete
  11. enak ya klau punya prin sndiri buat gambar di photoshop nnti di cetak sndiri

    ReplyDelete
  12. tutornya mantap nih sob lebih memudahkan untuk cetak foto sendiri ya :)

    ReplyDelete
  13. ternyata bisa langsung cetak via photoshop ya mas,, baru tau sya...

    ReplyDelete
  14. sering banget dimintain untuk edit foto via photoshop, tapi tetep azh setelah selesai kudu kerental, ngga punya printernya seh...makasih ilmunya, blognya bisa jadi referensi memperdalam ilmu photoshop nih

    ReplyDelete
  15. sebelum dicetak mungkin ukuran foto nya di setting sesuai dengan kertas nya ya mas ;)

    ReplyDelete
  16. salam mulas mas :D
    tutorial nya sangat berguna mas terima kasih banyak mas,
    namun saya masih ada pertanyaan mas,
    saya kalau misalkan mencetak pada printer saya warna hasil cetakan dengan yang di monitor beda mas.
    bagaimana itu untuk mengaturnya supaya hasil cetakan dan yang di monitor sama.
    mohon pencerahannya.
    terima kasih sebelumnya.
    sukses selalu untuk bas studio ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. pertama ambil foto dari kamera yang bagus
      2. setting/samakan warna foto yang ada di monitor dengan warna foto yang ada pada kamera kemudian cetak
      3. setting printer dengan memperhatikan hasil cetaan tadi. misalnya, sesuaikan warnanya dengan warna monitor. begitu kira kira, terima kasih pertanyaannya..

      Delete