Membuat tulisan adalah salah satu bentuk kegiatan editing yang juga merupakan sebuah kreasi dalam bidang seni grafik.


Cara Membuat Tulisan

Salam pecinta editing.. Membuat tulisan adalah salah satu bentuk kegiatan editing yang juga merupakan sebuah kreasi dalam bidang seni grafik. Dan untuk membuatnya tentu dibutuhkan pengetahuan tersendiri dalam bidang ini, paling tidak tahu bagaimana cara dan apa alat yang digunakannya. Contoh kecil, kita akan memasak nasi goreng maka paling tidak kita harus tahu bagaimana cara memasak nasi goreng dan apa saja yang akan digunakannya, sehingga nasi goreng yang kita buat bener - bener bisa menjadi nasi goreng dan enak rasanya. hehe

Nah, Kita bisa membuat tulisan atau menyalurkan hoby dalam seni grafik sesuai kemampuan kita masing - masing, banyak software yang bisa kita gunakan dalam hal ini seperti photoshop, coreldraw dan lain sebagainya, kita bisa memilih software mana yang kita sukai. namun dalam blog ini saya fokuskan pada photoshop.

Di beberapa pertemuan yang lalu kita telah banyak belajar mengedit foto dengan photoshop, dan pada pertemuan kali ini kita akan belajar mengedit tulisan yang akan kita mulai dari Cara Membuat Tulisan Dengan Photoshop dan akan kita lanjutkan dengan cara - cara lain tentang tulisan pada pertemuan selanjutnya.

Cara Membuat Tulisan Dengan Photoshop ini merupakan langkah paling dasar dalam photoshop tentang membuat tulisan. Kita tidak akan bisa membuat yang lain kalau membuat tulisannya saja kita belum bisa, misalnya mengatur ukuran tulisan, mengatur warna, menghiasi atau memberikan efek - efek tertentu pada tulisan, dalam hal ini bisa teman - teman lihat contoh Cara Membuat Teks Gold dan Efek Kerlipan dengan Photoshop. 

Sebenarnya langkah ini sangatlah mudah, tentu banyak diantar teman - teman yang sudah mengetahuinya, meskipun begitu tidak menutup kemungkinan juga masih ada teman - teman kita yang belum mengetahuinya. Oleh karena itu bagi teman yang sudah mumpuni dalam hal ini anggap saja sebagai silaturrohim, ini khusus bagi yang belum bisa atau mungkin baru pertama kali mengenal photoshop dan ingin mulai belajar di sini. Berikut langkah - langkahnya :

1. Silahkan buka program photoshop yang teman - teman miliki. Untuk membuat tulisan, langkah awal yang harus kita persiapkan adalah membuat halaman kosong atau papan tulis yang dalam photoshop biasa disebut dengan "Canvas". Karena dalam hal ini sudah ada di tutorial saya, maka buat teman - teman yang belum tahu bisa dipelajari dulu di sini.

2. Anggap saja kita telah membuatnya, Gambar di bawah adalah contoh halaman kosong atau "Canvas" yang telah kita buat tadi. Silahkan klik "Horizontal Type Tool" pada menu samping kiri yang saya beri tanda anak panah berwarna biru, kemudian klik pada halaman kosong (canvas) seperti petunjuk pada anak panah berwarna merah di bawah dan silahkan menulis. Teman - teman bisa menulis apa saja sesuai keinganan masing - masing.

3. Dan langkah selanjutnya adalah sudah selesai, karena kita hanya akan membuat tulisan maka cukup sampai disini dulu. Kan tulisannya sudah jadi. hehe.. Gimana mudah sekali bukan??

Jangan lewatkan tutorial menarik lainnya tentang photoshop di :
TIPS MUDAH BELAJAR PHOTOSHOP

Terima Kasih, Selamat Mencoba

logo bas-studio

Bas-studio

Blog sederhana tempat berbagi sebuah karya, mulai dari karya tulis, desain grafis dan karya-karya inspiratif buat anda

Post A Comment:

7 comments:

  1. jadi tertarik pngen buat mas.. buat nama blog lebih keren dengan photoshop gak..

    ReplyDelete
  2. Iya bener Mau praktek lagi ah buat header atau banner
    HIhihihihi Terima kasih sudah share ya

    ReplyDelete
  3. keren nih bahas photoshop, saya pingin belajar photoshop tapi belum bisa-bisa..hehehe

    ReplyDelete
  4. Mas Budi selalu berbagi hal yang bermanfaat
    tentang photoshop, dan ini saya suka sekali
    makasih yah Mas :)

    ReplyDelete
  5. saya dulu mau nulis di photoshop gak bisa mas, krn gak tau caranya :D tapi skrg uda bisa dikit2 tapi blm bisa bagus, hehehe :D makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  6. yang di cari pasti yang unik ya mas...saya juga baru coba 2 belajar photoshop

    ReplyDelete